Kain Wolfis Seperti apa? Berikut Ciri-Ciri dan Penjelasannya

Kain wolfis terbuat dari serat benang sintetis, katun dan campuran sutera. Nama asli kain ini adalah Woolpeach, karena orang Indonesia melafalkan Inggris agak susah jadi Woolpeach menjadi wolpis dan wolfis. Baca 8 Contoh Model Lengan Gamis Simpel, Cantik dan Terbaru

kain wolfis seperti apa

Sebenarnya kain wolfis bukan produk baru yang beredar di pasaran namun baru-baru ini bahan wolifs menjadi bahan favorit untuk membuat busana muslim seperti jilbab dan gamis sehingga bayak yang baru mengenal dan mencari bahan ini.

Kalau dulu bahan wolfis ini dikenal dengan nama kain shampo karena bahan ini memiliki karakter lembut seperti sahmpo.

Wolfis Jetblack

Pernah mendengar kain Jetblack atau Wolfis Jetblack? Wolfis Jetblack adalah kain wolfis yang memiliki kualitas dan ketebalan diatas wolfis biasa dan hanya tersedia warna hitam saja.

Kain jetblack

Wolfis jenis Jetblack biasanya dibuat busana syari baik jilbab maupun gamis. Selain untuk menutupi aurat ketebalan kain ini berfungsi melindungi kulit dari teriknya matahari sehingga jenis kain wolfis Jetblack bayak diminati oleh negara-negara yang memiliki cuaca panas seperti negara Arab dan Afrika.

Ciri-Ciri Bahan Wolfis

Kain wolfis termasuk kain yang mudah ditemukan di toko kain, mungkin di semua toko kan menyediakan kain ini karena kain ini termasuk kain yang laris dan bayak dicari orang.

Berikut ini ciri-ciri bahan wolfis yang harus kamu tahu,
  1. Serat lebih rapat dan halus karena ada campuran sutranya
  2. Kain cukup tebal tapi tidak setebal bahan katun
  3. Kain agak licin namun tidak selicin kain satin
  4. Kain tidak berat seperti kain katun
  5. Memiliki karakter jatuh (tidak melayang)
  6. Kain tidak mudah kusut
  7. Kain tidak nerawang
  8. Jika dipakai tidak panas
  9. Kain tidak melar seperti kain jersy
  10. Memiliki lebar 150 cm (congok dobel)

Selain bisa mengenali dengan ciri-ciri diatas kita juga bisa langsung menanyakan ke penjualnya atau bisa melihat hologram yang menempel pada kain.

Dulu kain wolfis hanya di import dari luar negeri seperti, arab, turki dan cina namun sekarang bahan ini bayak diproduksi di Indonesia sendiri. Ada yang memiliki kualitas bagus dan ada juga yang jelek. Tingkatan kualitas biasa disebut grade A , B dan C. Baca Kain Diamond Seperti Apa? Berikut Penjelasan dan Ciri-Cirinya

Grade A dan B memiliki ciri-ciri diatas tadi sedangkan bahan wolfis grade C memiliki kualitas yang berbeda seperti:
  • Kain agak kasar
  • Agak tipis dan sedikit nerawang
  • Lebar tidak sampai 150 kadang dikurangi beberapa CM
  • Kadang ada kain terpotong di tengah tengah gulungan
  • Serat kain tidak lurus sehingga belok kalau disobek
  • Agak susah dijahit
  • Harga kain lebih murah

Jadi untuk membeli kain atau bahan yang menggunakan wolfis kamu harus hat hati karena memang bahan wolfis tidak semua sama. Beli di toko yang sudah terpercaya kualitasnya seperti toko hijab dan gamis "eldya hijab". Sudah dipastikan kalau di eldya menggunakan bahan wolfis yang paling bagus atau grade A.

Kelebihan Bahan Wolfis

Berikut ini kelebihan bahan wolfis sebagai bahan busana seperti jilbab atau gamis

1. Banyak Pilihan Warna

Jika kamu pecinta warna dan ingin mencari warna pastel bisa memakai bahan ini sebagai busana karena bahan wolfis terkenal memiliki bayak warna dibandingkan bahan lain. Selain warna warna primer tersedia juga warna sekunder atau warna-warna langka, seperti abu muda, pink, lemon, biru elektrik, hijau muda, hijau botol, kuning kunyit, mustard dan lain sebagainya.

bahan wolfis premium

Selain tersedia banyak warna polos, sekarang kain wolfis ada yang memiliki motif tapi motif kain wolfis ini tidak sebayak kain katun.

2. Mudah Ditemukan di Toko Kain

Bahan wolfis sangat mudah ditemukan di toko kain bahkan toko kain kecil sekalipun biasanya sudah menjual jenis kain ini. Kain ini termasuk kain pasaran dan bayak dicari orang.

5. Harga Relatif Murah

Selain mudah dicari, kain wolfis bukan termasuk kain mahal. Harga kain wolfis relatif murah dan menjangkau semua kalangan mulai dari harga 25.000 sampai 35.000 pr meter. Harga tergantung kualitas bahan serta daerah penjualan.

3. Memiliki Lebar 150 CM

Jika biasanya kain memiliki lebar 110 CM bahan wolfis ini memiliki lebar 150 CM. Dengan lebar bahan 150 CM kita bisa membuat busana dengan ukuran besar, bisa membuat rok mekar payung atau membuat baju dan jilbab Syari.

6. Nyaman Dipakai

Bahan wolfis termasuk bahan yang nyaman dipakai, tidak terlalu berat juga tidak terlalu ringan. Cocok dipakai di segala kondisi seperti jalan-jalan, kuliah atau untuk dipakai sehari-hari bahkan cocok untuk dipakai ke acara resmi seperti resepsinan atau perkumpulan organisasi.

Gamis eldya

Gamis bahan wolfis


Kekurangan Kain Wolfis

Ada satu kekurangan kain wolfis ini yaitu "bayak sekali barang KW", meskipun lebih murah kain susah dijahit dan tidak terlihat bagus jika dikenakan. Terlihat kusut, tipis dan warnanya pudar. Jadi hati-hati saja jika embeli kain wolfis ini. Jangan asal beli murah saja, teliti terlebih dahulu agar tidak kecewa setelah dipakai nantinya.

Belum ada Komentar untuk "Kain Wolfis Seperti apa? Berikut Ciri-Ciri dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel