Jadi Orang Sukses Itu Gampang, Pelajaran Hari ini dari Sang Guru

Seperti biasa jika ada masalah laptop yang tidak terselesaikan saya langsung lari ke guru saya untuk berdiskusi. Menceritakan masalah laptop, dan apa saja yang sudah saya lakukan dengan laptop tersebut, kenapa masih gagal.

Namanya guru pasti lebih pengalaman dan lebih ngerti dari murid. Sambil mengulir baut laptop, beliau memberikan penjelasan singkat tentang masalah laptop pada laptop.

Tak terasa beberapa menit sambil tanya jawab, ternyata masalah laptop sudah teratasi.

Sebagai murid yang haus akan ilmu saya bawel bertanya melulu ini itu, kadang beliau samapi bete karena mungkin menganggap pertanyaan saya terlalu dangkal. Hehe

Jadi sesekali saya mengalihkan pembicaraan lain, seperti cerita kekonyolan saya agar obrolan tidak membosankan.

Entah mulai dari mana akhirnya memulai pembicaraan yang agak serius tentang salah satu cara mudah bagai mana menjadi orang "sukses".

Sukses memang memiliki banyak arti namun kita artikan saja sukses itu mampu mencapai apa yang kita impikan seperti memiliki uasaha besar, memiliki rumah mobil serta  passive income.


Berteman Dengan Orang Sukses

Beliau bercerita pernah susah, pernah gak kuat jajan teman lainnya.

Aku terdiam, karena tak ingin melanjutkan pembicaraan ke arah situ, saya berfikir yang lalu biarlah berlalu dan saya jujur bosan jika harus mendengarkan cerita atau kisah hidup seseorang, soalnya kebanyakan penuh drama.


Entah bagaimana runtutanya saya lupa kenapa sampai beliau memberikan wejangan begini '"Kalau ingin sukses ya nimbrung sama orang sukses". Lanjut...

Pertama mungkin tidak nayaman banget karena kita harus beradaptasi, bahkan kadang tidak dianggap oleh mereka. Ya itu itu resiko

Nek awakmu ngumpul mbi teknisi laptop terus yo awakmu dadi teknisi laptop terus. Yang artinya jika kamu kumpul sama teknisi laptop ya kamu akan jadi teknisi laptop.

Cari kelas yang lebih tinggi, dengan cara mencari teman atau lingkungan orang memiliki kualitas di atasmu.

Sebenarnya wejangan yang diberikan pada saya sudah saya sering terdengar namun kali ini kata tersebut "mengiyakan" apa yang terjadi di kehidupan saya ini dan saya merasa harus memperbaikinya.

Dulu saya pernah punya usaha dan sangat cepat berkembang, omset rata-rata 20 sampai 50 jutaan perbulan. Namun sekarang bisnis tersebut tidak lagi berjalan "bangkrut".

Banyak faktor yang membuat usaha yang saya jalankan tidak berjalan, namun faktor terbesarnya adalah saya tidak berkumpul dengan orang yang sukses. Saya masih menghabiskan bayak waktu berkumpul degan teman-teman yang tidak sukses ketimbang dengan teman yang sukses.

Hal ini membuat ide saya stack, tidak bisa berkembang karena apa yang saya bicarakan dengan mereka hanya omong kosong tapi sangat mengasikkan.

Point dari pembicaraan saya dengan beliau yaitu:


1. Berkumpul dengan orang sukses dan berkualitas.
Nyaman atau tidak nyaman harus kita lakukan. Jika kita tidak terbiasa ini termasuk keluar dari zona nyaman. Hal positif yang kita dapat jika nimbrung dengan orang sukses yaitu mendapatkan motivasi, terbiasa dengan ide merek , terbiasa dengan pola hidup mereka. artinya secara tidak langsung akan mempengaruhi mindset dan pola hidup kita juga.

2. Belajar dari orang yang sudah sukses

Orang yang sukses di suatu bidang mereka sudah faham polanya, jadi bukan tidak mungkin kita bisa menjadi seperti mereka jika mengikuti polanya.

3. Mencari jaringan seluas luasnya

Cari teman sebanyak banyaknya yang berhubungan dengan bisnis yang kita kembangkan. Contohnya jika ingin menjadi blogger maka yang perlu kita lakukan adalah mencari teman yang sehobi sebanyak mungkin.

4. Jangan pernah benci dengan orang yang mengkhianati kita

Sulit memang tapi ini yang dilakukan kebanyakan orang sukses. Dalam perjalanan usaha semua orang pernah merasakan hal ini. Anggap saja sebagai pembelajaran.


5. Hidup itu berputar

Jika kita mau berusaha an berfikir, maka suatu saat putaran kita akan berada di atas. Namun jika kita pernah diatas dan saat ini sedang dibawah maka jangan bersedih, tetap bersabar dan berusaha, kita sedang berada di putaran bawah.

6. Bersyukur

Jangan "kemprugsung" artinya jangan serakah. Kita diwajibkan untuk berusaha namun ingat rizki tidak bisa dikejar.

7. Bekerja bukan soal uang

Tujuan bekerja tak lebih karena untuk mendapatkan uang, namun jika bekerja hanya berorientasi pada uang maka tidak akan menemukan keberkahan dalam pekerjaan. Selalu kurang dan kurang.

Sesekali beliau mengajarkan untuk meggratiskan apa yang saya jual "jasa" karena hal ini kan membuat kenikmatan dalam bekerja selain itu orang atau costumer yang kita gratisi akan menjadi media promosi secara gratis. Gratis satu bisa tumbuh dua, tiga bahkan lebih.

Kalau di dunia blogger seperti mastimon, mastimon ini selalu membagikan ilmu secara gratis dan imbasnya blog dan channel mastimon menjadi terkenal sehingga secara tidak langsung uang yang mendatanginya.

8. Tetap berkumpul dengan teman

Tetap menjaga hubungan degan semua teman.

9. Jangan pelit ilmu

Belia berkata apa yang aku ketahui tentang laptop itu tidak seberapa. Ibarat air laut aku hanya mengambil sepucuk kuku. Jadi jangan pelit ilmu kepada sesama, bisa jadi mereka yang kamu ajari suatu saat akan mengajarimu.

10. Migren adalah penyakit orang bayak hutang.

Nah ini, q cerita tenang sering migeren. Dengan entang menjawab migern itu penyakit orang banyak utang. Hahaha. benar juga.

Judulnya "jadi orang sukses itu gampang" tapi mana? ya semua perlu proses, orang sukses tidak ada yang instan tapi setidaknya kita sedikit tahu bagaimana cara menju sukses.

Tulisan ini hanya pengingat dan motivasi diri sendiri, syukur kalau berguna untuk teman-teman pembaca blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Jadi Orang Sukses Itu Gampang, Pelajaran Hari ini dari Sang Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel