Cara Membuat Website Toko Online Profesional Biaya 100 Ribu Pertahun

"Bukan hoax" saya sudah membuat sendiri toko online dengan biaya minim tetapi tampilan profesional. Berikut caranya.


Untuk mempunyai toko online sekarang ini memang sangatlah mudah, bahkan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun, cukup dengan membuat akun market place, Instagram atau yang paling mudah saat ini adalah dengan menggunakan Facebook.

Sebenarnya untuk berjualan di internet membuat akun gratis seperti diatas sudah lebih dari cukup, akan tetapi jika hanya berjualan dengan menggunakan akun gratisan toko online kita tidak bisa berkembang.

Jika Sahabat Onlines memang benar-benar ingin mengembangkan usaha toko online maka yang perlu kamu punya adalah website. Ya, sebuah website. 

Apa itu website? di dunia nyata website bisa di ibaratkan sebuah ruko. Jika kita ingin mempunyai usaha pastilah yang kita butuhkan adalah ruko atau toko. Jika kita membangun toko dengan baik lama-kelamaan ruko kita pasti dikenal bayak orang, sehingga apapun yang kita jual pasti laku walaupun harga diatas rata-rata. 

Tidak mudah memang membangun toko yang dikenal bayak orang dan menjadi langganan banyak costumer, membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus sabar juga membutuhkan bayak biaya, kita harus mengeluarkan dana untuk desain, promosi membuat sistem dan lain sebgainya. Sama seperti membangun website membutuhkan waktu lama, desain harus profesional, rajin promosi dan sabar menghadapi costumer.

Akan tetapi jika website sudah dikenal bayak orang kita sangat mudah sekali menjual produk, walaupun hanya dengan gambar.

Berbeda jika kita hanya berjualan menggunakan akun gratisan seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Instagram, Facebook atau akun gratisan lain. Walaupun kita bisa menjual banyak akan tetapi costumer bisanya lebih ingat dengan harga ketimbang nama toko kita dan saya sendiripun seperti itu. Saya lebih ingat harga murah yang dijual daripada akun toko.

Kekurangan lain berjualan di market place yang menurut saya sangat parah adalah, pembeli ditampilkan produk serupa milik toko lain yang lebih murah dari produk yang ingin kita beli tepat dibawah produk kita. Jadi jika kita tetap bertahan di market place siapkan darah lebih bayak karena pasti akan perang harga dengan costumer lain.

Selain alasan diatas kita juga harus menaati peraturan daiman kita mempunyai akun, kalau tidak akun kita pasti kena banned atau dihapus dari tempat mereka.

Cara Membuat Website Toko Online Murah

Ada bayak sekali platform yang bisa kita gunakan untuk membuat website tetap yang saya faham yaitu membuat webiste menggunakan wordpress dan blogspot.

Untuk membuat toko online murah kita cukup memanfaatkan blogspot sebagai hosting website kita, karena selain gratis blogspot juga unlimited bandwith dan disk space. Jadi kita bisa menyimpan foto produk sebanyak mungkin tanpa khawatir penuh. 

1. Buat Blog Menggunakan Blogspot

Cara yang pertama yaitu kita harus mempunyai blog terlebih dahulu. Kita bisa gunakan blog gratisan dari blogspot dengan cara mendaftar di https://www.blogger.com/

Ikuti langkah langkah pendaftaran sampai jadi mendapatkan sbdomian yang kamu inginkan seperti contoh https://dapureldya.blogspot.com/. Jika masih bingung bagaimana cara membuat blog bisa lihat halaman Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogger atau Blogspot.

2. Beli domian atau nama website

Setelah membuat subdomian selesai, sekarang kita harus membeli domian atau nama toko online kita. Kita harus tentukan nama yang terbaik, karena kalau sudah dibeli  tidak bisa dirubah lagi namanya.

Harga domian mulai dari 10.000 sampai 150.000 (Harga Sekarang) tergantung penyedia domian.

Cara membeli nama toko atau domain bisa lihat di halaman Cara Membeli Domain .com Untuk Blog Pribadi atau Toko Online

3. Mengganti subdomian ke domian yang kita beli

Setelah mempunyai blog gratisan tentunya ada embel-embel blogsot.com di nama blog kita. Nah, sekarang kita hilangkan blogspot.com dengan cara meredirect ke domian yag kita beli tadi.

Caranya bisa baca Cara Membuat Blogspot Menjadi .com

Setelah selesai setting, sekarang kita tinggal mengunggu blog menjadi webiste dengan nama sendiri.

4. Install theme toko online blogspot

Tidak usah menunggu lama agar dominan menjadi.com, langsung saja install theme toko online di blog kamu.

Rekomendasi theme toko online blogger bisa lihat artikel Jangan Gunakan Template VioToko Untuk Toko Online Kamu

Setelah semua selesai kita tinggal upload produk kita sebanyak mungkin tanpa khawatir di disk penuh.

Dengan memanfaatkan hosting gratisan blogspot, kita hanya membayar sewa domian pertahunnya saja yaitu sekitar 100 ribuan dan enaknya lagi web bisa menampung gambar sebanyak-banyaknya tanpa ada batasan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Website Toko Online Profesional Biaya 100 Ribu Pertahun"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel