7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Blog

Pelajaran mengelola dan membangun blog yang baik tidak diajarkan di sekolah-sekolah formal di Indonesia, jadi banyak orang yang membuat dan membangun blog secara autodidak sehingga dalam perjalanannya konten atau isi blog tidak terarah dan blog tidak bisa berkembang dengan cepat.


Saya sendiri mempelajari blog mulai dari awal pembuatan sampai mendaftarkan blog ke Adsense hingga sekarang ini bayak menemui kusulitan. Mulai dari mendesain template, install hosting, edit gambar, HTML dan hal teknis lainnya. Memerlukan waktu yang sangat lama apalagi saya tergolong orang pemalas dan mudah bosan jadi memang memerlukan waktu lebih dari orang-orang ulet dan rajin lainnya.

Pengalaman belajar membuat blog tanpa guru tentunya tidak hanya saya alami sendiri. 90% blogger Indonesia baik yang sukses dan yang belum sukses mungkin meraka belajar blog tanpa guru yang membimning dari awal. Terbukti bayak sekali blogger sukses yang artikelnya mencertakan bahwa meraka belajar secara autodidak.

Saya yakin blogger pemula yang belajar secara mandiri lebih berkosentrasi pada hal-hal teknis seperti belajar edit warna, mengganti tulisan dan lain sebagainya.

Perlu memang mempelajari hal-hal teknis tapi jika ingin blong cepet berkembang dan teraarah maka kita harus memperhatikan 7 hal dibawah ini.

1. Tujuan Membuat Blog

Apakah tujuan kamu ngeblog agar bisa cepat dapat uang? Kalau iya, saya sarankan berhenti  ngeblog sekarang juga.

Faktanya banyak blogger yang yang hanya menghabiskan waktu dan fikiran tanpa menghasilkan apapun karena mendapatkan penghasilan melalui blog tidak mudah. Sama seperti kerja di dunia nyata, kita harus terus belajar dan konsisten dalam membuat konten bermanfaat agar blog bisa menghasilkan.

Buang mindset "ngeblog akan cepat kaya". Ya karena tidak ada orang kaya atau sukses tanpa bekerja keras termasuk di dunia blogging.

Buat ngeblog menjadi hobi dan sarana untuk berbagi maka perjalanan mengelola blog akan terasa sangat menyenangkan. Yang perlu kita fikirkan adalah bagaimana orang bisa datang ke blog dan betah berlama-lama di blog kita.

2. Platform

Bayak sekali situs yang menyediakan blog gratisan dan berbayar seperti worpres.org, namun untuk kamu yang belum pernah membuat blog pakailah platform blogger saja, selain gratis blogger sangat mudah digunakan, kalau sudah banyak pengunjung tinggal upgrade domain menjadi .com. Baca Cara Membuat Blog Gratis Kurang dari 1 Menit Terbaru

Kita fokus pada satu platform saja, jagan terlalu bayak mempelajari platform-platfrom lain agar waktu tidak terbuang sia-sia karena meguasai satu platform saja dalam membuat blog sudah sangat cukup.

3. Niche

Niche adalah bahasan atau isi artikel pada blog. Pilih niche atau bahasan yang spesifik sesuai keahlian kamu. Jangan memilih niche yang diluar kemampuan kita agar tidak kesulitan dalam pembuatan konten.

Jika kita suka memasak maka buatlah blog memasak, lengkap dengan tips dan trik, atau kita ahli dalam makeup maka buatlah blog yang membahas tentang make up.

Blog yang sesuai dengan minat dan kemampuan kita akan lebih cepat berkembang asalkan kita konsisten membuat konten atau artikel yang berkualitas.

Lah kalu blog campuran seperti blog onlines-id gimana mas? Boleh saja, jika baru belajar ngeblong biasanya perlu bayak latihan menulis dan blog gado-gado cocokuntuk latihan menulis. Tapi saya sarankan tetap membuat blog dengan satu bahasan saja karana blog akan lebih bagus dan terarah.

4. Domain

Domain adalah akses masuk ke blog kita seperti www.onlines-id.com. Kalau di laptop atau komputer domain ibarat nama folder, jika kita ingin mencari file di laptop cukup cari nama domainya saja sudah bisa ketemu.

Sama dengan domain, orang bisa menemukan informasi apapun yang kita tulis hanya dengan mengetikkan kata kunci di mesin pencari Google.

Pilih domain sesuai niche atau tema blog dan jangan pernah mengganti domain karena akan mempengaruhi pencarian di google.

5. Nama Blog

Berbeda dengan domain, nama blog adalah nama nama blog kita, kita bisa mengganti sesuai keinginan.

Contohnya blog ini memiliki domain www.onlines-id.com dengan nama ONLINES-ID. Saya bisa merubah namanya menjadi onlinesid atau idonline tanpa merubah domain. Tapi bisanya blog yang bagus memiliki kesamaan antara nama dan domain blog.

6.Template

Template berfungsi untuk mempercantik tampilan blog, template juga mempengaruhi peforma loading blog maka kita harus memakai template yang sesuai standar SEO.

Kalau masih awal-awal gunakan saja template standar dari blogger, kalau sudah bayak pengunjung baru mengganti template premium atau template berbayar.

Kenapa harus menggunakan template berbayar atau premium? Karena dengan menggunakan template berbayar kita bis mengendapkan update terus menerus dari pembuatnya, selain itu jika ada masalah pada template tersebut kita bisa menanyakan langsung ke pembuatnya.

Jangan terlalu sering gonta-ganti template karena mengganti template akan berpengaruh pada pencarian google.

7. Artikel (konten)

Jika kita ingin membangun sebuah blog yang ramai maka yang paling yang penting adalah konten yang menarik dan berkualitas. Bisanya blogger pemula lebih sibuk dengan tampilan blog sehingga kualitas konten tidak terlalu diperhatikan.

Hindari Copas artikel orang lain karena akan merusak blog yang kita buat dan yang lebih parah lagi jika menggunakan artikel copas blog kita tidak akan bertahan lama.

Setelah kita mempunyai blog, fokus saja membuat konten atau tulisan original yang berkualitas agar pembaca betah berlama-lama di blog sehingga mbah Google akan menaikkan rating blog kita untuk di taruh pada halaman awal pencarian.

Belum ada Komentar untuk "7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Blog"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel