13 Manfaat Berenang Untuk Anak, Orang Tua Harus Luangkan Waktu Membaca ini

Bagi anak-anak berenang merupakan suatu hal yang menyenangkan tapi lebih dari itu. Berenang adalah suatu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi perkembangan fisik dan mental di usia mereka.


Jadi sebagai orang tua sebaiknya kita bisa meluangkan waktu untuk mengajak mereka berenang minimal satu minggu sekali karena berenang sangat bagus untuk perkembangan fisik dan mental.

Baca 12 Tips Mengajari Anak Berenang Aman dan Cepat Bisa

Berikut ini 13 manfaat berenang bagi anak-anak:

1. Menguatkan Otot dan Tulang

Berbagi penelitian di dunia mengatakan kalau berenang dapat menguatkan kekuatan otot dan tulang. Bisa kita amati, perenang bisanya memiliki tubuh yang ideal dengan otot yang terlihat keras.

2. Cepat Tinggi (Bagus Untuk Pertumbuhan)

Di air anak akan selalu aktif menggerakkan semua anggota tubuh baik bagian kaki maupun tangan sehingga memicu hormon yang membantu proses pertumbuhan.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Efek berenang bisa menimbulkan nafsu makan, karena lelah dan banyak karbohidrat terbakar saat berenang. Jadi cocok untuk buah hati Anda yang memiliki masalah sudah makan.

4. Mencerdaskan Otak

Tepatnya membatu otak agar bisa bekerja lebih baik. Dengan berenang oksigen yang masuk dalam tubuh dan otak lebih banyak sehingga baik tubuh maupun otak dapat berfungsi secara maksimal.

5. Menyehatkan Jantung

Saat berenang tidak hanya anggota tubuh saja yang terlatih namun organ dalam seperti jantung akan terlatih. Dengan asupan oksigen yang cukup jantung akan berdetak sedikit lebih kencang sehingga memompa darah lebih kencang. Jadi selain menyehatkan jantung berenang juga bisa memperlancar peredaran darah.

6. Menyehatkan Paru-Paru

Saat berenang anak akan menggerakkan otot, menahan an mengeluarkan nafas tidak seperti biasanya. Hal ini kan membutuhkan oksigen yang lebih banyak. Oksigen banyak yang dihirup akan menyehatkan paru-paru apalagi berenang di pantai.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Secara Alami

Dengan menguatnya otot dan tulang pada anak serta peredaran darah yang lancar akan membuat sistem kekebalan tubuh secara alami.

8. Mengurangi Stres

Stres tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak juga bisa mengalami stres namun tidak seperti orang dewasa.

Stres pada anak akan biasanya akan mengakibatkan gangguan motorik otak, seperti tidak bisa berbicara lancar, tidak bisa berkonsentrasi, susah tidur dan lain sebagainya. Dengan berenang stres mereka akan hilang karena pada dasarnya anak kecil memang suka bermain air apalagi ditemani oleh orang tua mereka.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Usia anak harus mendapatkan istirahat yang cukup agar perkembangannya tidak terganggu. Dengan berenang anak akan mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.

10. Melatih Keseimbangan

Tidak hanya sehat berenang juga dapat melatih keseimbangan dan respon yang tinggi yang dapat bermanfaat di kehidupan.

11. Melatih Pernafasan (Bagus Untuk Penderita Asma)

Berenang memaksa orang untuk mengatur nafas, mengeluarkan nafas, menarik nafas da menahan nafas saat berada di air, Tanpa disadari hal ini akan melatih pernafasan pada anak.

12. Terapi Cidera

Berenang dapat digunakan untuk terapi cedera seperti terkilir atau cedera patah tulang. Kita dapat melatih anggota tubuh yang cedera agar cepat sembuh dengan berenang ini.

13. Bekal Keselamatan

Yang terakhir adalah dapat menjadi bekal keselamatan buah hati anda. Dengan memiliki skill berenang kita tidak terlalu khawatir kalau ada kegiatan berenang atau outbond yang di adakan oleh sekolahan mereka.

Selain itu anak akan memiliki kepercayaan diri karena di indonesia jarang sekali anak-anak bisa berenang.

Belum ada Komentar untuk "13 Manfaat Berenang Untuk Anak, Orang Tua Harus Luangkan Waktu Membaca ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel