Mengetahui Fungsi Tombol dan Tuas Pada Mobil

Saya yakin sebagian besar sahabat Online sudah mengetahui fungsi-fungsi dari tombol dan tuas yang berada pada mobil tapi untuk sahabat Online yang belum mengetahui fungsi tombol, tuas serta indikator pada mobil. Silahkan simak gambar serta penjelasan di bawah.

Lihat Juga Pasti Bisa, Cara Belajar Mengemudi Mobil Manual Untuk Pemula

Berikut fungsi tombol penting yang terdapat pada mobil All New Avanza. Untuk type atau mobil lain yang sekelas biasanya hampir sama fungsi maupun letaknya.

1. Lubang Kunci Starter


Untuk mobil All New Avanza penempakanya seperti pada gambar diatas, di dekatlubang kunci ada tulisan Lock yang berarti posisi mesin mobil keadaan mati, Acc berarti menghidupkan kelistrikan mobil seperti AC dan radio atau monitor. Untuk posisi ON kunci harus di putar ke START terlebih dahulu untuk menghidupkan mesin mobil yang hanya dilakukan 1 kali ketika mau menghidupkan mesin saja, setelah itu posisi kunci kembali ke ON.

Jika mesin tidak nyala jangan posisikan kunci pada ON karena semua listrik akan dibebankan ke baterai atau aki saja, jadi aki bisa tekor.


2. Monitor kontrol utama mobil All New Avanza


Semua mobil memiliki layar kontrol utama seperti yang terdapat pada mobil Avanza ini

A. RPM. Fungsi RPM yaitu untuk mengetahui kecepatan putaran mesin.

B. Speed Meter atau Sepidometer. Fungsinya seperti spedometer yang terdapat pada motor, yaitu untuk mengukur kecepatan pada kendaraan. Dengan melihat kecepatan kita bisa memprediksikan kapan sampai pada tempat tujuan.

C. Gamabar seperti topi ini indikator WARING bahwa pengemudi belum mengenakan sabuk pengaman. Indikator akan mati jika pengemudi mengenakan sabuk pengaman. Ada beberapa mobil ada yang memiliki indikator suara.

D. Indikator WARNIG bahwa mobil tidak boleh jalan, indikator akan hidup jika hand rem belum dilepaskan akan tetapi kalau hand rem sudah dilepas tapi indikator masih menyala berarti ada kerusakan pada mesin mobil.

E. Monitor yang yang mengukur seberapa jauh perjalanan mobil, indikator bahan bakar, jam dan lain sebagainya.

F. Tobol reset. Tombol ini berfungsi untuk mereset jarak yang di tempuh, berfungsi untuk mengetahui jarang dari satu tempat ke tempat yang lain. Pada tombol ini juga kita bisa mencocokkan jam pada mobil.

3. Tuas Lampu Sein

tuas lampu sein avanza

Tuas lampu sein tidak hanya berfungsi menghidupkan lampu sein kiri dan kanan saja tapi dalam tuas tersebut terdapat beberapa sakelar lampu penting sebagai berikut:

A. Geser ke atas jika ingin menghidupkan lampu sein kiri dan sebaliknya geser ke bawah jika ingin menghidupkan lampu sein kanan

B. Sakelar FOG LAMP. Yaitu lampu bantu utama, Foglam bisanya hanya da pada mobil tipe menegah ke atas.

C. Sakelar lampu kota dan lampu utama. Putar sakelar ke titik untuk menghidupkan lampu kota, putar lagi sakelar ke simbol lampu untuk menghidupkan lampu utama.

D. Tarik tuas ke atas untuk lampu dim (jika tuas dilepas maka lampu dim mati). Tuas ditarik keatas biasanya untuk memberi kode mobil di depannya tanpa menggunakan sakelar lampu utama. Untuk menghidupkan lampu dim lama, kita harus menghidupkan lampu utama terlebih dahulu tekan tuas ke bawah maka tuas tidak akan kembali jika tidak ditarik ke atas.

4. Tuas Wiper atau Lap Kaca Otomatis

Letak tuas wipper mobil avanza

Jika tuas lampu berada pada sisi kanan, tuas wiper ini berada pada sisi kiri dengan model  yang hampir sama bentuknya seperti tuas lampu

A. Jika tuas diputar ke bawah maka air wipper kaca belakang akan keluar. Putar ke titik on untuk menghidupkan Wiper belakang, jika diputar ke atas lagi air wiper belakang akan keluar.

B. Sakelar wiper utama. Sperti yang tertera pada kode wiper akan bergerak sesuai level

INT: Jika saklar berada di int maka pergerakan wiper  kurang lebih 5 detik sekali

LO : Wiper bergerak agak cepat (standar)

HI: Wipper akan bergerak lebih cepat, biasaya dihidupkan saat hujan lebat.

Tips: Untuk membersihkan kaca dari debu atau kotoran lain cukup tarik tuas wippernya saja maka air wipper kaca depan akan keluar dan wipper secara otomatis akan mengelap kaca.

Menarik tuas juga digunakan untuk mengeluarkan air wipper depan saat wipper keadaan on.

5. Tombol Untuk Mengatur Sepion

tombol untuk mengatur sepion mobil

Hanya mobil yang memiliki sepion elektrik yang ada tombol  seperti ini

A. Ini bukan tombol tapi indikator, saya juga tidak tau fungsinya untuk apa. hehe

B. Tombol B berhubungan dengan tombol C, tekan tombol L untuk mengatur sepion kiri dan tekan tombol R untuk mengatur sepion kanan

C. Setelah pilih tombol L atau R untuk mengontrol gunakan tombol C (miror). Tekan tombol atas bawah kanan dan kiri untuk mendapatkan sudut yang diinginkan.

6. Tombol ini Terdapat Pada Pintu Mobil Samping Pengemudi

tombol pintu mobil avanza

A: Tombol ini untuk mengunci semua pintu mobil agar lebih aman, terdapat di semua pintu penumpang. Tombol ini akan mengunci otomatis saat mobil berjalan dengan kecepatan tertentu atau saat mobil diinjak kopling nya.

B: Tuas untuk membuka pintu, tuas ini juga ada di semua pintu penumpang mobil.

7. Tombol AC

tombol ac mobil avanza

Avanza masih menggunakan tombol analog untuk menghidupkan AC mobil, untuk mobil-mobil terbaru bisanya menggunakan tombol digital.

A: Terdapat kode 0-4 yang berarti kita bisa mengontrol level AC sesuai kebutuhan, 1 paling pelan dan 4 paling kencang.

C: Tombol freon untuk mendiginkan AC. Walaupun AC dihidupkan sampai ke angka 4 tapi tombol freon dalam posisi of maka AC tidak akan dingin walaupun angin keluar. Analog Freon bisa diputar sesuai kebutuhan.

B: Tombol lampu Hazard. Yaitu lampu sein yang berkedip bersamaan, biasanya dihidupkan kalau mobil dalam keadaan bahaya seperti, mogok atau saat orang belajar pengemudi.

Lihat Juga Mobil dan Motor Sebagai Sumber Sinyal Wifi

8. Fungsi Tambahan

Mengetahui Fungsi Tombol dan Tuas Pada Mobil

A: All New Avansa G mempunyai lubang USB bawaan yang bisa digunakan untuk charger HP, memutar musik lewat flahsdisk dan lain sebagainya. Serta terdapat lubang aux yang pada dekat USB tersebut

B: Lubang DC, yaitu lubang untuk mendapatkan konektor dari aki tanpa membuka kap mesin mobil tau merusak kabel kelistrikan. Biasanya lubang ini juga digunakan untuk charger dan elektrik dan lain sebagainya.

Ada dua tombol lagi yang penting yaitu:

1. Tuas pembuka tutup bensin pada mobil Avanza. Tuas ini berada tepat di bawah tempat duduk kita sebelah kanan. Silahkan di cek saja.

2. Tuas kap mesin. Untuk membuka kap mesin depan kita bisa tarik tuas yang berada di dasbor bagian kanan. Tepatnya di kanan setang kemudi.

Sampai disini jika ada bagian yang belum saya terangkan sahabat Online bisa tanya melalui komentar dibawah, Insyaallah berikan penjelasan kalau saya tahu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel