Pasti Bisa, Cara Belajar Mengemudi Mobil Manual Untuk Pemula

Sebenarnya mengemudikan mobil itu gampang banget, karena mengemudi mobil tidak membutuhkan keseimbangan seperti belajar sepeda motor.

Ketenangan saat mengendarai mobil menjadi kunci utama agar bisa cepat belajar. Saya sendiri hanya 2 jam belajar di lapangan dan 3 jam belajar mengemudi di jalan, setelah itu saya sudah berani bawa mobil sendiri di jalan raya .

Kalau sahabat Online punya mobil sendiri menurutku tidak usah kursus, cukup minta teman yang kita anggap mahir mengemudi untuk ngajarin aja. Tapi ingat ya, pertama kali belajar harus ada teman atau guru yang ngajarin disamping kita. Nah ini tulisan untuk pengetahuan dan teori saja, saat membaca bayangin kamu sekarang benar-benar praktek mengemudi.

Apa Saja yang Perlu di Ketahui ketika Belajar Mengemudi

Oke, kalau belum pernah mengemudi sama sekali bisa baca keterangan fungsi-fungsi terpenting dalam mengemudikan mobil, tapi saya yakin para sahabat Online pasti sudah mengetahui bagian apa saja yang terpenting alam mengemudi.

Lihat Juga Mengetahui Fungsi Tombol dan Tuas Pada Mobil

Partama adalah bagian bawah yang dikendalikan kaki. Ada tiga tuas penting yang harus benar-benar sahabat Online kuasai ketika mengemudi mobil yaitu gas, rem dan kopling.


1. Gas
Tidak usah saya jelaskan pengertian gas karena saya yakin sahabat Online sudah pada tahu fungsi gas pada mobil, cara kerjanya sama seperti gas yang terdapat pada motor kita.

Gas mobil manual semuanya berada si sisi kanan.

2. Rem
Rem juga sama persis cara kerjanya seperti pada motor, yaitu untuk menahan laju mobil atau motor.

Rem mobil manual semuanya berada di tengah.

3. Kopling
Kopling hanya terdapat pada motor-motor tertentu, bagi yang sudah pernah membawa motor kopling saya kira lebih gampang dalam belajar nyetir. Kopling berhubungan dengan transmisi, kita gunakan saat memindahkan gigi pada kendaraan.

Kopling mobil manual semuanya berada di sisi kiri.

Ketika kopling ditekan mesin tidak akan bisa menjalankan mobil walaupun gigi masuk. Kita juga bisa berhenti tanpa menetralkan (N) transmisi hanya dengan menekan kopling dan rem saja.

Selain memahami ketiga tuas yang berada di kaki, Sedulur juga harus tahu cara memasukkan gigi, 1,2,3,4,5 -(R) atau mundur serta menetralakan transmisi. Berikut penjelasannya:


Semua mobil manual memiliki tuas yang tidak jauh berbeda seperti pada gambar ada yang di samping kiri pengemudi, ada yang di dekat kemudi ada juga yang menempel pada kemudi. Tapi fungsi dan cara kerja tetap sama walaupun beda penempatannya.

Posisi netral (N) tuas transmisi umumnya berada di tengah-tengah. Untuk mengecek gigi sudah neral apa belum bisanya saya geser ke kiri dan ke kanan kalau bisa berarti neral (N) kalu tidak bisa berarti gigi masuk.

Pada tuas transmisi ada nomer 1-5 dan huruf R dengan kode posisi seperti pagar. Kalau kita amati sudah jelas letak gigi 1-5 dimana. Kode R itu untuk memundurkan mobil juga sudah jelas posisinya dimana, betul?

Penjelasannya kalau ke gigi satu ikuti arah kode, yaitu dorang ke kiri lalu kedepan mengikuti angaka 1 (sambil tekan kopling), kalau sudah kopling lepaskan. Begitu juga jika ingin ke gigi 2, tekan kopling lalu dorong tuas transmisi ke kiri kalau sudah mentok dorang ke bawah. Untuk gigi  dan 4 paling gampang tekan kopling lalu dorong tuas lurus ke depan untuk gigi 3 dorong ke belakang untuk gigi 4 begitu seterusnya.

Yang perlu diingat adalah setiap perpindahan transmisi harus menekan kopling.

Persiapan Sebelum Mengemudi

Setelah paham bagian dan fungsi dasar diatas, sekarang persiapan sebelum mengemudi yang juga sahabat Online harus perhatikan.

Setting Jok atau Kursi Mobil

Setiap orang memiliki tinggi dan besar badan yang berbeda maka sebelum memulai mengemudi sebaiknya setting dulu agar nantinya dalam mengemudi lebih nyaman.


Pada gambar angka 1, tuas berada di bawah jok dan pada gambar 2 tuas berada pada samping kanan jok (avanza), mobil yang agak mahal biasaya jok atau dudukannya juga bisa di tinggi atau direndahan. Letak tuas juga tak jauh dari area kursi.

Sambil duduk kita bisa menarik tuas nomer 1 dan menggeser jok maju atau mundur sampai kita berada pada posisi nyaman. Sesuaikan dengan badan kita, biasanya kalau baru pertama nyetir lebih nyaman jika jok lebih maju, apa lagi kalau kaki kita agak pendek.

Untuk tuas nomer 2 berfungsi mengatur kemiringan badan, juga bisa di sesuaikan sampai benar-benar nyaman. Oke lanjutt....

Setting Sepion

Setelah mendapat posisi yang pas, setting juga ketiga seipon menyesuaikan pandangan kita.


Untuk kita yang masih latihan, setting sepion kanan dan kiri agar telihat ujung bawah atau ban mobil seperti pada gambar, sehingga nanti bisa terlihat ban mobil mengenai marka dan batas kiri jalan, nanti kalau sudah agak mahir sepion bisa ditinggikan sedikit agar mobil di belakang jauh kelihatan.

Sepion atas sesuaikan agar bisa melihat ke bagian belakang mobil dengan jelas.

Melihat sepion kiri kanan adalah trik dimana agar mobil kita tetap berada pada jalurnya.

Cara Mengemudikan Mobil

Oke kalau settingan jok dan sepion sudah pas, kita bisa mulai praktek mengemudi tapi sebelum praktek mengemudi baca keterangan penting berikut:
  • Dalam memindahkan transmisi usahakan pandangan tatap lurus kedepan jangan melihat tuas transmisinya.
  • Setelah memutar kemudi balas lagi seperti semula agar mobil tidak belok terus. Jika belok ke kiri balas ke kanan. atau kalau mobil yang masih normal bisa dengan melepaskan setang kemudi nanti akan lurus sendiri.

Silahkan Pahami Langkah-Langkah Mengemudi:

  1. Pertama,cari lapangan yang datar dan sepi agar laju mobil stabil tidak terpengaruh dengan kemiringan jalan. Jangan langsung turun ke jalan selain membayankan diri kita dan orang lain juga banyak jalan yang naik turun dan belok.
  2. Sebelum menghidupkan mesin, usahakan handrem kondisi on, atau injiak rem dan pastikan tuas transmisi berada di tengah atau netral (N). Jangan lupa baca doa sebelum mulai. Matikan AC saat start agar aki tidak cepet rusak.
  3. Setelah mesin hidup dalam keadaan netral coba gas hati2 untuk melemaskan otot kaki, coba berulang-ulang.
  4. Setelah dirasa cukup, mobil tetap hidup kemudian latihlah tangan untuk memindahkan transmisi dengan mobil tetap keadaan berhenti (handrem jagan dilepas dulu).  Injak kopling lalu pindahkan ke gigi 1 dan 2 saja jangan lupa tetap menekan kopling agar mobil tidak jalan.
  5. Setelah bisa mengendalikan kaki dan tangan sekarang netralkan lagi dan mulai mencoba berjalan perlahan, masukkan ke gigi 1 dengan menekan kopling kemudian lepas handrem.
    Kemudian lepas kopling secara perlahan disertai menekan gas sedikit saja. Setelah jalan coba kendalikan kakimu, bisa berjalan mulus apa tersendat-sendat. Kalau masih tersendat-sendat jangan pindah gigi.
    Untuk pertama kali saya sarankan belajar 1 transmisi saja. Jalankan mobil pelan pelan, latih kemampuan kita dalam mengendalikan kemudi belok kanan dan kiri serta kesatabilan gas. setelah jalan bebrapa meter coba berhenti dengan menekan kopling pelan-pelan dan diikuti dengan menekan rem pelan. Oke.

    Penting: Karena mobil berada di transmisi 1 jadi pelan-pelan saja, jangan sampai mesin mobil bergetar karena akan merusak mesin.

    Minta taman atau guru kamu memegang tuas handrem untuk persiapan jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, agar lebih aman.
  6. Kalu sudah berhenti sekarang ulangi lagi step 5. Lakukan berulang-ulang sampai dulur benar-benar yakin sudah bisa jalan dan jalan mobil tidak tersendat-sendat.
  7. Klau sudah bisa gigi 1 sekarang tingal meneruskan ke gigi 2. Uangi tahap ke 5 tapi jangan berhenti, langsung saja pindahkan ke transmisi 2 dengan menekan kopling (tekan juga rem jika diperlukan).
  8. Kalu sudah lancar sekarang pindah gigi 2 ke gigi 1 jalan beberpa meter mindah ke gigi 2 pindah lagi ke gigi 1 dan ualangi lagi sampai mobil tidak tersendat sendat.


Lihat Juga Mobil dan Motor Sebagai Sumber Sinyal Wifi

Yakin Sudah Lancar? Lanjut Turun ke Jalan

Kali ini saya anggap sahabat Online sudah lancar menambah atau mengurangi transmisi, jadi silahkan praktek kejalan dengan tatap di dampingi teman atau guru mengemudi.

Sekarang lakukan penambahan gigi max gigi 3 saja agar lebih aman dan mesin juga tidak mudah mati.

Saya hanya akan memberikan tips-tipsnya aja karena teknisnya sudah saya jelaskan diatas. yuk simak

  • Hindari jalan yang terlalu ramai, apa lagi ramai emak-emak, tau sediri kan Sob emak-emak tidak pernah salah. Hindari juga jalan yang tanjakanya ekstrim.
  • Ketika dijalan usahakan mobil tetap berada di jalurnya dengan melihat sepion kanan, kiri dan tengah tadi, jangan sampai menginjak marka dan ban kiri jangan juga terlalu mepet ke batas jalan.
  • Hidupkan lampu hazard untuk memberi tahu pengendara lain kalau berbahaya atau kita sedang latihan, atau kalau perlu kasi tulisan BELAJAR yang ditempel pada mobil.
  • Jika bertemu kendaraan besar tetap santai dan rilex, jangan gugup dan jangan membelokkan mobil, tetap di area.
  • Jika ada mobil yang terlalu besar atau terlalu ke tengah silahkan berhenti saja yang penting masih di jalur kamu, saya yakin seyakin-yakinnya tidak bakalan di tabrak, jadi santai aja.
Penting Sob: Ketika mobil mau belok otomatis laju mobil dikurangi, nah disini kamu harus mengurangi transmisi agar mobil tidak mati atau jalanya berat.

Oke sampai di sini dulu semoga penjelasan di atas bisa dipahami. Intinya sering praktek dan tetap tenang kalau mau ingin cepat bisa.

Belum ada Komentar untuk "Pasti Bisa, Cara Belajar Mengemudi Mobil Manual Untuk Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel