Review Kamera Mirrorless Canon EOS M3 (Pengalaman Pribadi)

Ingin Beli Kamera Mirrorless Canon EOS M3? Jangan dulu,,,,

Kali ini saya mau review kamera Mirroroless EOS M3 yang saya beli pada agustus 2017 lalu, warna hitam dan garansi remsi Datascrip.


Waktu itu saya beli di Bukalapak dengan harga 7 jutaan kalau sekarang nggak tau mungkin lebih murah, bisa cek harganya sendiri. Waktu itu saya buka di dalamnya sudah terdapat 1 paket kamera yang terdiri dari body camera, lensa baterai dan cahrger.

Salain itu juga ada tambahan bonus dari sellernya yaitu pembersih lensa, pelindung lensa tripod gorila dan bonus memory 16 GB.

Saya memang suka membeli baranag resmi dan original (garansi resmi) kalau memang untuk kebutuhan, karena sesuai pengalaman, baranag original tidak pernah mengecewakan.

Kenapa Garansi Resmi?

Kenapa saya pilih garansi resmi? Kasus yang sudah-sudah ketika saya beli elektronik seperti smart phone, power bank, laptop dan elektronik lain ternyata beda kualitas antara garansi resmi garansi distributor dan ini berlaku untuk barang apapun termasuk kamera.

Harga barang garansi resmi dengan garansi toko juga tidak selisih terlalu jauh selain itu garansi resmi biasanya lebih gampang klaim jika ada kerusakan produk.

Sekilas memang tidak ada bedanya tapi kali kita beli dua-duanya (garansi resmi dan garansi toko) lalu bandingkan secara detail mulai dari casing, baterai charger serta software atau operation systemnya pasti berbeda.

Membeli Kamera Canon EOS M3

Tujuan saya membeli kamera ini yaitu untuk foto produk dan model hijab sendiri tanpa harus pakai jasa foto produk dan model, karena jasa foto produk dan model lumayan mahal.

Setalah punya kamera bagus ternyata tidak sesuaai harapan, keterbatasan pengalaman dalam dunia fotografi membuat hasil foto tidak sesuai saya bayangkan alias jelek. Akhirnya kamera tersebut saya pakai sehari haru untuk foto pribadi kadang juga buat foto untuk blog Adsesnse.

Jadi kesimpulanya foto model kelihatan bagus karena faktor fotrografer dan modelnya yang sudah profesional, bukan karena kameranya mahal.

Untuk mengambil gambar yang bagus ternyata tidak perlu kamera yang mahal cukup ilmu dan alat seadanya juga bisa. Seperti contoh gambar berikut yang hanya saya foto menggunakan Hp xiaoumi Redmi 3 prime tapi mendapatkan cahaya dans. Bisa dinilai sendiri hasilnya:


Sebagus apapun kamera kalau tidak punya ilmunya ya tetep aja hasilnya biasa, begitu kira-kira Sob. Karena Mulai dari makeup, ekspresi model, cahaya dan posisi pengambilan foto sangat mempengaruhi hasil.

Akhirnya saya balik lagi pakai jasa foto produk walaupun agak mahal tapi hasilnya pasti bagus kalau tidak bagus tinggal komplain aja.

Bayar mahal sedikit tapi tidak harus ribet belajar dunia fotografi yang membutuhkan waktu lumayan lama.

Pengalaman Memakai Canon EOS M3 

Jujur kalau saya tidak ngerti sama sekali tentang kamera akan tetapi saya bisa menceritakan pengalaman ketika menggunakan kamera ini.

Tampilan

Dari segi tampilan, saya sangat suka dengan kamera ini. Memang ukurannya kecil dan ringan dan ini yang menjadi keunggulan kamera mirrorless. walupun kecil dan ringan hasil cukup bagus, tidak mau kalah dengan DSLR.

Kualitas

Kamera ini menggunakan body yang terbuat dari metal jadi menurut saya cukup kuat dari pada kamera yang terbuat dari plastik.

Spedifikasi 

Berikut spesifikasi EOS M3 :
  • 24.2MP APS-C CMOS Sensor
  • DIGIC 6 Image Processor
  • 3.0″ 1,040k-Dot Touchscreen Tilting LCD
  • Full HD 1080p Video at 24/25/30 fps
  • Built-In Wi-Fi Connectivity with NFC
  • Hybrid CMOS AF System with 49 AF Points
  • ISO 100-12800, Expandable to 25600
  • Hot Shoe and Built-In Flash
  • 3.5mm Stereo Mic Input
  • EF-M 18-55mm f/3.5-5.6 IS STM Lens


Kelebihan dan Kekurangan 

Berikut kelebihan dan kekurangan kamera Canon EOS M3 versi Online-id.

Kelebihan Canon EOS M3

  • Modelnya keren, bisa buat gaya-gayaan cocok untuk anak muda
  • Layar sudah touch screen jadi lebih mudah mengenali menu menuanya
  • Layarnya bisa di flip kebawah dan keatas bahkan bisa buat selfi, enaknya kalau kita mau mengambil foto dari bawah cukup flip layar ke atas,
  • Auto fokus lumayan cepet untuk kebutuhan foto-foto biasa.
  • Cocok dibawa piknik atau traveling karena ringan dan ukurannya kecil
  • Gambar jernih dan tenang jika dibuat untuk mode video. Lebih dari cukup untuk seorang Vlogger atau Youtuber.
  • Bisa metasfenter hasil cepertan ke smart phone dengan mudah, tanpa perlu kabel.

Kekurangan Canon EOS M3

  • Baterai cepat habis karena kamera ini full menggunakan LCD, jangan lupa jika bepergian lebih 1 hari bawa chargernya
  • Tidak bisa di charger pakai power bank, harus copot batari ketika mau charge
  • Kurang bagus untuk foto model
  • Lensa mahal banget, tapi sekarang ada adaptor sehingga bisa memaakai lensa DSLR tapi menurutku kurang efektif juga.
  • Kalau buat foto gerak kurang bagus (Mode Auto)
  • Kamera tidak bisa dikendalikan pakai menggunakan laptop
Intinya kalau saya kurang puas itu pada batrainya, sama kecepatan mengambil gambar saat gerak hasilnya bayak yang blur (mode auto) kalau lainnya sih menurutku sangat cukup.

Camera ini kurang cocok untuk fotografi atau foto model, tapi untuk video saya rasa bagus baget, gamabar stabil banget.

Jadi kalau sahabat Online mau beli kamera mirrorles Canon EOS M3 sesuaikan kebutuhan buat apa dulu?

Kalau buat traveling, youtuber atau mengabadikan momen dan video pribadi pake mirrorless sudah lebih ari cukup. Tapi kalau buat kerja atau foto-foto ala model mending ambil yang DSLR sja, selain bagus buat foto juga jenis lensanya banyak banget.

Ohya, saya selalu menggunakan mode auto, jarang sekali memotret manual seperti mengatur ISO, aperture dan shutter speed.

Berikut contoh jepretan atau hasil yang saya ambil dari kamera mirrorles Canon EOS M3 tanpa edit (mode Auto):




Belum ada Komentar untuk "Review Kamera Mirrorless Canon EOS M3 (Pengalaman Pribadi)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel