Usaha Service dan Jual Beli Laptop Bekas


Jika kita amati sekarang ini pengguna laptop semakin bayak. Dulu laptop hanya dimiliki oleh orang-orang yang bekerja di kantor, guru, dosen dan mahasiswa namun sekarang seusia anak SMA bahkan anak SMP sudah bayak yang memiliki laptop sendiri.

Maka dari itu kesempatan usaha yang berhubungan dengan laptop semakin lebar dan sangat menjanjikan, seperti service dan jual beli laptop bekas.

Ya, usaha service dan jual beli laptop bekas merupakan peluang usaha yang memiliki prospek yang sangat bagus kedepannya selain itu usaha jasa yang di kombinasikan dengan jual beli memiliki keuntungan yang sangat besar.


Usaha Jasa Service dan Jual Beli Laptop Sangat Menjanjikan

Selain jasa service dan jual beli laptop bekas kita juga bisa sekalian membeli laptop mati karena laptop mati harganya sangat murah dan jika kita bisa memperbaiki laptop mati maka keuntungan yang kita dapat akan lebih besar.

Keuntungan lain jika mempunyai konter servis laptop, kita juga bisa menjual aksesoris yang berhubungan dengan laptop contohnya flashdisk, mouse, charger laptop dan aksesoris-aksesoris lainnya.

Jika kita mempunyai model lebih, menjual spare part bekas hasil mutilasi laptop rusak seperti keybord, moitor, casing, hardisk, ram dan komponen lain juga keuntungannya sangat menggiurkan karena harga baru spare part laptop lumayan mahal. Jadi bayak user yang memilih spare part bekas ketimbang baru dengan alasan harga lebih murah dan barang masih bisa dipakai dengan normal. Type mahasiswa banget. :D

Komputer atau laptop memiliki dua bagian yang tidak mungkin terpisahkan yaitu hardware dan software. Selain kerusakan hardware, laptop juga rawan dengan kerusakan pada softwarenya.

Sebagian besar user laptop tidak mempunyai pengetahuan untuk memperbaiki kerusakan software apalagi seorang perempuan. Nah, kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan karena jasa install ulang Opration Syistem (OS) windows dan install software-software lain juga lumayan mahal, jasa seperti ini biasanya dipatok dengan harga mulai dari 50.000 sampai 150.000.

Dengan hanya modal software yang bisa di download gratis dari internet kita bisa mendapatkan untung yang lumayan besar. Jika ada costumer install ulang per hari 1 orang saja selama 1 bulan kita bisa mendapatkan uang jajan yang lumayan bayak, belum lagi dari jasa service hardware, penjualan laptop, aksesoris dan penjualan spare part.

Meskipun usaha jasa service dan jual beli laptop second memiliki keuntungan yang sangat menggiurkan namun perlu kita pertimbangkan beberapa hal berikut sebelum memulai usaha.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhitungkan sebelum kita terjun kedunia jasa service dan jual beli laptop second.

1. Kempunan

Jika seseorang membuka usaha dibidang jasa mau tidak mau orang tersebut harus mempunyai kemampuan di bidang usaha tersebut. Kita harus mengetahui type-type dan harga pasaran laptop dan bisa memperbaiki kerusakan pada laptop baik software maupun hardware.

Opsi lain Jika kita tidak bisa memperbaiki kerusakan pada laptop kita bisa bekerja sama dengan teknisi laptop asli, tetapi biasanya kita harus menunggu lebih lama dan keuntungan juga tidak maksimal karena kita masih menggunakan jasa orang lain

Resiko lain yang bisa terjadi adalah jika teknisi tersebut mengganti hardware laptop pelanggan kita, mau tidak mau kita yang harus bertanggung jawab.

2. Lokasi

Usaha jasa service dan jual beli laptop second tidak bisa kita buka di sembarang tempat, kalau tempat kita di pedesaan yang tidak terlalu bayak pengguna laptop maka usaha tidak bisa berjalan.

Kita harus memilih tempat yang lebih ramai dan bayak pengguna laptop. Lokasi yang cocok untuk usaha ini yaitu di perkotaan dan dekat dengan kampus karena sebagian besar pengguna laptop adalah Mahasiswa. Mahasiswa bisa menjadi target empuk usaha jualan spare part dan laptop bekas.

Kalau tidak memiliki lokasi di perkotaan atau dekat kampus kita harus menyewa ruko degan harga sewa yang sangat mahal, harga sewa tempat strategis seperti ini sekarang bisa mencapai 20 sampai 100 juta pertahunnya.

Memang ada opsi lain yaitu menawarkan jasa dengan sistem online lewat media sosial dan website. Kita bisa menjalankan usaha tersebut dari manapun.

Kekurangannya kita harus bekerja extra keras karena harus posting terus menerus. Belum lagi jika kita terlalu jauh dengan lokasi costumer, kita harus rela datang ketempat costumer untuk memperbaiki kerusakan pada laptop. Memang dengan mendatangi customer bisa menjadi nilai plus jasa service kita, tapi hanya laptop kerusakan ringan yang bisa diservis di tempat dan lebih memakan waktu.

3. Kompetitor

Jika kita ingin membuka usaha service dan jual beli laptop bekas sebaiknya survey harga pasaran laptop baru dan bekas terlebih dahulu, agar kita bisa menyamakan harga pasaran.

Jika bayak usaha service dan jual beli laptop ditempat tersebut kita bisa bekerjasama dengan mereka. Rata-rata orang yang mempunyai usaha ini sudah memiliki model yang besar, sulit untuk menyaingi bahkan menyamai meraka. Maka strategi yang paling jitu adalah ajak merak kerja sama seperti menawarkan komponen dan laptop bekas yang kita beli. Memang untung kita sedikit banget tapi bisa jalan terus. Pepatah mengatakan sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, nanti bukit ini bisa kita jual untuk model usaha. :D

4. Komplain

Usaha yang berhubungan degan jasa rawan sekali dengan adanya komplain dari customer apalagi usaha jasa service dan jual laptop second. Kemungkinan komplain jauh lebih besar karena laptop termasuk kategori barang yang rawan rusak.

Jika kita berniat membuak usaha ini siap-siap kita menerima komplain dari costumer. Untuk meminimalisir komplain dari user kita buat ketentuan yang jelas terlebih duhu seperti garasi dan berapa lama yang dibutuhkan untuk memperbaiki laptop user tersebut.

Kekurangan dan masalah lain bisanya dijumpai ketika usaha sudah berjalan, maka sebelum usaha dijalankan selain mencari modal yang wajib kita persiapkan adalah mental. Karena walaupun bayak jalan menuju Roma tapi kita tau bahwa Roma sangat jauh, perlu perjuangan dan perjalanan yang tidak instan. Terlalu,,

Oke, sampai di sini mudah-mudahan tulisan "peluang usaha service dan jual beli laptop bekas ini bermanfaat" sebagai referensi sebelum kita memutuskan untuk usaha. Tulisan ini berdasarkan pengalaman sahabat yang memiliki usaha tersebut yang sering ngobrol sama saya jadi saya sedikit tahu tentang usaha tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Usaha Service dan Jual Beli Laptop Bekas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel