8 Cara Mudah Membuat Artikel di Halaman Pertama Google (Trik Pemula)

Artikel berada di halaman pencarian pertama Google adalah hal yang diinginkan setiap blogger, termasuk saya sendiri karena dengan artikel tampil di halaman pertama google pasti banyak peluang orang mengunjungi blog kita.

cara membuat artikel di halaman pertama

Bayak sekali keuntungan ketika konten yang kita buat berada di halaman pencarian pertama Google, jika blog Adsense maka berpeluang bayak mendapatkan klik, jika berupa toko online kemungkinan akan bayak pembeli produk yang kita jual.

Kebanyakan orang yang mencari sesuatu di Google kalau sudah menemukan yang dicari pada halaman pertama, sedikit sekali kemungkinan akan membuka halaman ke 2 apa lagi halaman 3 ke atas.

Nah, Masalahnya bayak sekali konten yang sama dengan artikel kita buat. Artikel yang sama bisa sampai ratusan bahkan ribuan artikel dan semua ingin tampil di halaman pertama Google sedangkan Googel hanya menampilkan 9 blog di setiap halaman pencariannya.

Artikel yang berada di urutan pertama halaman Google bisanya dikelola oleh orang yang sudah ahli dan berpengalaman di dunia bloging. Pemilik juga sudah tidak asing dengan yang namanya SEO (Search Engine Optimization)

Terus bagaimana dengan kita yang baru di dunia bloging yang tidak tahu SEO? Jangan khawatir, Google terus mengupdate algoritma pencarian sehingga kita sebagai pemula bisa berkesempatan untuk nagkirng di halaman pertama Google.

Saya sendiri adalah blogger pemula yang tidak tahu SEO namun saya belajar bagaimana agar artikel bisa berada di halaman pencarian pertama Google tanpa menjadi master SEO.

6 Cara membuat Artikel di halaman Pertama Pencarian

Di bawah ini cara untuk blogger pemula untuk membuat artikel blog berada di halaman pertama Google tanpa menjadi master SEO menurut onlines-id.com.

1. Konten Yang Bagus

Dulu awal mula ngeblog saya tidak terlalu memperhatikan saran para mastah kalau konten yang bagus bisa membuat artikel tampil di halaman pertama google. Saya tidak terlalu menggubris hal itu dan hanya mengandalkan kuantitas backlink, yaitu dengan cara menebar link artikel di komentar blog orang lain, membuat blog bayak untuk dibuat backlink sampai membeli backlink.

Memang benar artikel bisa nongkrong di halaman pertama Google dengan cepat akan tetapi tidak bisa bertahan lama, setelah itu artikel semakin turun dan menghilang di pencarian google karena backlink dianggap spam.

Sekarang saya mencoba berusaha membuat artikel yang bagus dan enak dibaca serta bermanfaat tanpa mempedulikan backlink. Hasilnya ada beberapa artikel yang dianggap paling bagus oleh Google sehingga menjadi artikel trending yang muncul paling atas di halaman pertama.

Jadi intinya jika ingin membuat artikel kamu nagkring di halaman pertama Google adalah berusaha membuat artikel yang bagus. Menurut saya artikel yang bagus itu:
  • Artikel bermanfaat atau menghibur
  • Judul tertarget
  • Artikel enak dibaca.
  • Poin-pion jelas
  • Tulisan Rapi
  • Tidak Typo
  • dan ada beberapa gambar untuk pemanis. 

Mungkin artikel ini tidak masuk pada halaman pertama Google karena banyak sekali artikel tentang "cara membuat artikel di pencarian pertama Google" yang jauh lebih bagus.

2. Lama Kunjungan Halaman

Buatlah artikel yang membuat pembaca betah berlama-lama di blog kita dengan konten yang bagus seperti di point 1. Hal ini juga menjadi penilaian google apakah artikel pantas ditampilkan pada pencarian pertama. Semakin lama pengunjung yang membuka konten semakin besar pula kesempatan untuk menjadi page one.

Untuk mengecek lama kunjungan halaman bisa menggunakan Google Analytic. Tools dari Googel ini disediakan secara gratis untuk mengumpulkan data pengunjung blog kita mulai dari, lama kunjungan, halaman yang sering dikunjungi, lokasi pengunjung, jenis kelamin pengunjung, umur pengunjung dan lain sebagainya.

Data dari Google Analytic bisa kita pergunakan untuk terus memperbaiki blog yang kita kelola.

3. Artikel Sedikit Saingan

Membuat artikel yang mempunyai sedikit saingan adalah cara mudah untuk berada di halaman pertama Google.

Karena saya termasuk blogger pemula maka trik ini yang sering saya pakai, saya mencari bahan atau artikel yang tidak bayak dibahas di internet agar artikel bisa masuk halaman pertama Google dengan mudah.

Walaupun cara ini termasuk mudah tapi ada kekurangannya yaitu pengunjung tidak bayak karena kalau artikel saingannya sedikit pasti peminat atau pengunjungnya juga sedikit.


4. Gambar Original

Ternyata gambar asli bisa mendongkrak artikel untuk tampil di halaman google. Google ternyata lebih suka gambar yang kita ambil sendiri dari pada gambar yang kita download di internet walaupun gambar gratis.

Beberapa artikel saya yang menggunakan gambar asli cepretan kamera sendiri ternyata bisa muncul lebih dulu muncul di halaman pencarian Google dibandingkan artikelnya. Artinya Google dapat mendeteksi gambar-gambar baru yang ada di internet.

Google juga lebih suka informasi atau gambar baru dan original dibandingkan gambar bagus tapi hasil download.

Jadi jika kita ingin artikel berada di halaman pertama google maka selain membuat konten asli juga harus menyertakan gambar yang asli juga.

5. Backlink Berkualitas

Menurut saya backlink penting untuk website toko online saja, untuk blog artikel menurut saya tidak terlalu penting karena hanya dengan membuat artikel yang bagus kita akan mendapatkan backlik dari beberapa web besar. Bisanya artikel yang bagus dan menarik akan dibuat menjadi rujukan atau sumber referensi oleh blog-blog lain termasuk blog besar. Mereka juga menyertakan link sumber dan link yang disertakan ini akan menjadi backlik natural dan berkualits untuk blog kita.

Secara tidak langsung wesbsite yang mencantumkan link artikel blog kita akan memberitahukan ke Google bahwa artikel yang kita tulis itu bagus.

Kalau tidak bisa menulis dengan bagus kamu juga bisa beli backlink ke blog besar dengan cara mereka membuatkan artikel yang berdengungan dengan konten kita kemudian mencantumkan link artikel blog yang kita miliki.

Harga satu backlik biasanya dihargai mulai dari 50.000 sampai 500.000. Tergantung dari kunjungan dan kualitas blog.

6. Gunaan Template yang Disukai Google

Template yang kita gunakan juga berpengaruh di mesin pencari Google maka gunakan template yang bagus navigasinya, responsive, mobile friendly, ringan di akses serta gunakan template yang  selalu update agar bisa mengikuti algoritma Google yang juga terus di update.

Template yang bagus dan selalu up to date biasanya template premium atau template berbayar.

7. Penyedia Hosting

Jika kamu menggunakan wordpress.org gunakanlah hosting yang bagus, jarang down dan memiliki kecepatan tinggi karena website yang sering down selain tidak disukai oleh Google.

Jika website tidak mau down pakai saja hosting gratissan dari blogger seperti blog ini. Gratis dan tidak pernah down.

8. Beriklan di Google

Memang beriklan bukan termasuk SEO tapi ini yang paling mudah untuk tampil di halaman pertama Google tanpa menulis bagus, gambar original atau template yang bagus. Namun beriklan tetunya harus bayar kalau iklan sudah selesai, blog yang tidak memiliki konten berkualitas akan tetap tidak bisa tampil di halaman pertama Google.

Kesimpulan

Kita bisa ambil kesimpulan bahwa untuk membuat artikel berada di pencarian pertama Google adalah dengan menjadi blogger yang baik dengan membuat konten yang bagus, original dan bermanfaat.

Dengan begitu pembaca akan merasa terbantu dan blog selalu dikunjungi balik tanpa perlu membeli backlink, PBN dan belajar teknik-teknik SEO yang rumit.

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Mudah Membuat Artikel di Halaman Pertama Google (Trik Pemula)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel