Cara Mengatasi Sering Salah Tulis Kata (Typo)

Kabar gembira, ternyata tidak hanya kamu saja yang sering mengalami salah ketik atau typo namun banyak sekali orang diluar yang juga mengalami masalah typo ini. Bahkan saya sendiri memiliki masalah typo, mungkin kalau diteliti banyak salah tulis kata di blog ini.

cara mengatasi sering typo


Tidak hanya saat menulis blog, setiap kali menulis pesan WA ke orang lain pasti ada salah satu kata yang salah penulisan lebih parahnya saya pernah desain banner pengajian dan setelah di cetak ternyata ada kata yang salah, untungnya tidak ada yang tahu. hehehe.

Aneh memang saya sendiri kadang tidak merasa bahwa tulisan yang saya buat ternyata bayak yang typo bahkan sudah di cek berkali-kali namun setelah di cek teman ternyata masih ada saja penulisan kata yang salah.

Penyebab Typo Atau Salah Tulis

Ada yang mengatakan penyebab typo itu karena menulis terlalu cepat, karena kalau tidak cepat ide yang muncul di otak keburu hilang. Nah, ini mengakibatkan orang typo tidak memperdulikan kata-kata yang salah setelah diketik.

Orang yang mengalami hal tersebut akan kehilangan ide jika memperhatikan kata yang sudah ditulis sebelumnya apalagi membenarkan tulisan yang typo. Jadi menurut saya typo atau salah ketik menurut saya adalah hal yang lumrah dan wajar sekali.

Kalau tulisan komunikasi atau dikonsumsi sendiri typo memang tidak menjadi masalah akan tetapi kalau kita menulis surat resmi, blog surat pernyataan, menulis blog dan tulisan yang di konsumsi publik lainnya maka typo akan menjadi masalah besar.

Berikut Penyebab Sering Salah Tulis (Typo) dan cara mengatasinya


1. Tidak fokus

Ketika kondisi tidak fokus menyebabkan tulisan menjadi typo. Tidak fokus ini bisa dikarenakan terlalu lelah, ngantuk, terburu-buru, tempat terlalu berisik atau diajak ngomong orang lain.

Cara mengatasi typo karena tidak fokus yaitu dengan menulis dalam keadaan tenang serta di tempat yang tidak terlalu rame. Istirahat yang cukup agar kondisi badan fit sehingga otak bisa bekerja dan fokus.

2.  Tidak Teliti

Sifat tidak teliti bisa menyebabkan tulisan typo. Orang yang memiliki sifat tidak teliti cenderung memiliki kebiasaan yang tidak rapi dalam mengerjakan sesuatu termasuk menulis. Orang yang ceroboh memiliki tingkat kesalahan yang lebih bayak dibandingkan orang yang teliti.

Jika memang kamu mempunyai sifat yang tidak teliti maka setelah selesai cek berulang kali setelah itu minta teman atau saudara untuk mengecek lagi tulisan kita.

3. Tidak Terbiasa Menulis

Nasib seseorang tergantung kebiasaan, orang yang tidak mempunyai kebiasaan menulis blog, buku, surat atau tulisan resmi jika menulis cenderung membuat memiliki salah kata lebih banyak dibandingkan dengan orang yang pekerjaannya menulis seperti blogger atau jurnalis.

Jadi biasakan membuat tulisan yang bisa dibaca orang, seperti membuat blog, buku atau karya tulis lain agar tidak sering typo.

4. Pengaruh Alat yang Digunakan

Alat yang kamu gunakan untuk menulis juga dapat menyebabkan typo. Jika menggunakan smartphone gunakan smartphone yang bagus karena smartphone merk biasa memiliki kualitas touchscreen kurang bagus juga.  Jika menggunakan laptop cek keyboard apakah ada tombol yang susah ditekan atau tidak.

Cara Mengatasi Typo dengan Batuan typoonlie

Untuk mengatasi tulisan typo saya biasanya mengecek tulisan di typoonline.com. Tools ini diciptakan untuk megoreksi tulisan bahasa indonesia yang tidak sesuai dengan KBBI (kamus besar bahasa Indonesia).

Tools online ini bisa digunakan untuk mencari arti kata, mengkoreksi tulisan secara langsung, mengkoreksi tulisan berupa file, dan mengkoreksi tulisan di sebuah halaman blog atau website.

Tinggal masukkan tulisan, dokumen atau link yang di sediakan pada typoonline dan secara otomatis tulisan akan dikoreksi, jika salah maka ada garis bawah merah.

Silahkan langsung mengunjungi websitenya di https://typoonline.com/kbbi-online/web

Meskipun mudah penggunanya tapi kita juga harus mengecek tulisan secara manual karena kadang ada kata lain yang benar tapi penempatannya salah dan ini tidak bisa terdeteksi oleh typoonlio.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Sering Salah Tulis Kata (Typo)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel