Cara Menggunakan BJS (KIS) di Luar Kota dan Langkah Pengurusan Berkasnya

BPJS atau KIS ternyata bisa digunakan untuk berobat diluar kota tanpa ribet. Pengalaman ini saya alami sendiri saat ibu menderita penyakit katarak dan untuk menyembuhkannya harus melalui operasi.

Cara Menggunakan BJS (KIS) di Luar Kota dan Langkah Pengurusan Berkasnya


Saya sendiri berasal dari kota kecil dan di kota saya hanya memiliki dua rumah sakit besar yang terdaftar di program KIS atau BPJS.

Sudah hal yang lumrah kalau RS daerah sering merujuk pasien ke RS provinsi dengan alasan penyakit yang diderita terlalu parah sehingga RS daerah tidak berani mengambil resiko penanganan karena kurangnya alat yang diperlukan.

Alat lengkap ini hanya dimiliki oleh rumah sakit besar yang bisanya terletak di kota besar pula kalau di Jawa Tengah biasanya terletak di Semarang.

Perbedaan Obat dan pelayanan BPJS dengan Biaya Sendiri

Sayapun membawa ibu ke rumah sakit provinsi yang berada di semarang untuk operasi katarak yaitu rumah sakit Sultan Agung Semarang dengan alasan alat yang digunakan untuk operasi lebih canggih dan lengkap.

Dan ternyata benar, di RS Sultan Agung operasi katarak sudah menggunakan teknologi laser yang modern dan terbaru sedangkan di RS di kota saya masih menggunakan alat lama dan manual.

Berfikir kalau pelayanan serta obat dari askes BPJS tidak sama, saya memutuskan operasi katarak dengan biaya sendiri meskipun cukup lumayan yaitu 10 jutaan per mata. Tapi tak apa yang penting ibu saya mendapatkan pelayanan dan obat bagus karena mata adalah salah satu organ vital yang paling penting. "Pikir saya"

Setiba sampai ruah sakit ternyata banyak sekali yang mengalami penyakit katarak ini dan sudah melakukan operasi tapi menggunakan askes BPJS, di hari itu hanya saya yang menggunakan biaya sendiri.

Penasaran, saya langsung bertanya ke beberapa pasien. Dari penjelasan beberapa pasien yang saya tanya antara menggunakan Askes KIS/BPJS dan biaya sendiri tidak ada perbedaan penanganan maupun obat yang diberikan. Tak puas dengan penjelasan pasien saya langsung bertanya ke bagian informasi di sini saya jelaskan dengan ramah dan biak olah petugas yang intinya baik pasien BPJS atau umum akan mendapatkan perlakuan yang sama dalam pelayanan maupun obat. Perbedaannya hanya di bagian pendaftaran. Jalur umum bisa mendapatkan antrian lebih cepat dari pada jalur askes KIS/BPJS karena jalus BPJS bayak yang memakai jadi harus antri terlebih dahulu.

Akhirnya saya memutuskan untuk menunda operasi dengan alasan ingin menggunakan BPJS saja karena sebelumnya memang ibu sudah mendaftar program askes dari pemerintah ini.

Proses Pengurusan Berkas  KIS Untuk Operasi di Luar Daerah

Menggunakan BPJS untuk operasi atau berobat diluar daerahmu yaitu rumah sakit provinsi yang memiliki alat lebih lengkap ternyata sangat mudah. Seperti yang di jelaskan dari petugas cantik berjilbab seperti ini:

Meminta rujukan dari Faskaes pertama untuk di rujuk ke rumah sakit kota setempat, setelah itu minta rujukan dari rumah sakit kota untuk operasi atau berobat di luar daerah atau provinsi.

Untuk mendapatkan serta rujukan dari mulai tingkat pertama sampai rumah sakit hanya memerlukan waktu 1 hari saja dan akhirnya diberikan rujukan oleh dokter mata di RS daerah.

Rumor yang Beredar

Pada saat saya minta rujukan di fakes pertama yaitu puskesmas terdekat, entah dokter umum atau mantri mengatakan tidak bisa berobat diluar darah jika di rumah sakit daerah masih bisa menangani. Dan katarak adalah salah satu penyakit yang masih bisa ditangani di RS daerah.

Sayapun bertanya " mbak itu aturan dari BPJS atau aturan rumah sakit? Setahu saya BPJS bisa digunakan secara nasional. Dan mbaknya bilang "bisanya seperti itu pak" sambil memberikan surat rujukan ke rs kota. Setelah mendapatkan rujukan sayapun langsung menuju RS yang dirujuk.

Sesampainya di RS kota ternyata dokter mata di RS tersebut tidak banyak tanya dan memang disarankan operasi. Sayapun minta rujukan operasi di Semarang dan dokter langsung memberikan surat rujukan tanpa ada kendala apapun. Setelah mendapat pengesahan dari RS setempat surat bisa langsung digunakan.

Alhamdulillah, saya bisa menggunakan uang 10 juta untuk hal lain, karena operasi katarak menggunakan BPJS benar-banar gratis. Terimakasih pemerintah yang sudah membuat program ini serta terimakasih juga kepada saudara sebangsa yang sudah ikut iuran BPJS.

Itulah pengalaman menggunakan KIS/BPJS untuk operasi katarak diluar daerah. Jika kamu mempunyai pengalaman tentang BPJS bisa ikut komentar di sini agar bermanfaat bagi pembaca lain.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan BJS (KIS) di Luar Kota dan Langkah Pengurusan Berkasnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel