Fungsi Location (Lokasi) di Entri Postingan Blogger

Blogspot adalah salah satu produk google yang menyediakan domain dan hosting secara gratis, siapapun bisa membuat blog ini dengan mudah dan cepat di blogspot ini. Baca Cara Membuat Blog Gratis Kurang dari 1 Menit Terbaru

fungsi lokasi di entri blogger

Meskipun gratis blogspot ini tidak kalah dengan blog berbayar (self hosting) baik dari segi tampilan, fitur maupun performa sehingga bayak sekali para mastah masih menggunakan blogspot ini sebagai hosting untuk blog mereka.

Ada satu fitur yang menarik dan sangat berguna yang jarang dihiraukan oleh penggunanya yaitu fitur lokasi pada entri blogspot. Fitur ini termasuk fitur baru yang disediakan blogger seiring pesatnya pengguna smarphone.

Blogger Memanfaatkan Fitur GPS pada Smartphone

Bayak data yang menunjukkan bahwa saat ini lebih dari 50 persen internet di akses melalui smartphone maka dari itu mungkin pengembang blogger memanfaatkan fitur yang tersedia di smartphone yaitu GPS.

Fitur GPS pada smartphone tidak hanya berguna sebagai petunjuk jalan namun bisa digunakan untuk kebutuhan lain seperti berjualan. Jika kita pernah berjualan di "market place Facebook" kita bisa menentukan target costumer berdasarkan lokasi yaitu dengan meletakkan tanda di suatu tempat maka pengguna smartphone yang berada di empat tersebut akan melihat postingan kita.

Nah, hal ini diterapkan di blogger. Jika kita menggunakan fitur lokasi pada entri blogger maka fitur GPS ikut berperan ketika seseorang melakukan pencarian.

Contohnya seperti ini, saya membuat postingan dengan judul "Tempat Service Laptop Semarang Terbaik dan Terpercaya" tentu yang saya bidik adalah orang-orang yang berada di wilayah semarang maka saya akan memasukkan lokasi pada entri di "kota semarang" agar artikel berpeluang mendapatkan rangking bagus di pencarian Google (page one). Dengan catatan diakses menggunakan smartphone yang berlokasi di sekitar semarang juga.

Jika diakses menggunakan laptop atau perangkat yang tidak ada fitur GPS maka artikel berada di urutan halaman sesuai penilaian google.

Contoh Kasus

pencarian laptop vs smartphone

Pada gambar diatas ketika saya mencari di laptop dengan kata kunci "service laptop semarang" dan tidak muncul artikel saya (artikel di halaman ke 2 baris terakhir).

Saat saya mencari dengan kata kunci yang sama menggunakan smartphone milik teman yang belum perah saya buat akses blog ini sebelumnya, ternyata artikel yang saya buat berada di halaman pertama baris ke 6.

Kesimpulannya, memang lokasi yang kita masukkan di entri postingan blog akan berdampak positif pada pencarian di Google ketika di akses menggunakan smartphone.

Keuntungan Menggunakan Fitur Lokasi di Entri Blogger

Fitur lokasi bisa kita gunakan untuk SEO namun yang paling berpengaruh adalah pencarian di gadget yamg memiliki fitur GPS. Sangat cocok untuk artikel pemasaran yang menargetkan pemasaran di suatu daerah atau lokasi tapi untuk artikel biasa saya raya tidak perlu menggunakan fitur "lokasi"  ini.

Selalu perhatikan dalam penulisan artikel karena konten adalah raja SEO jadi tulislah konten dengan bagus agar ranking yang kita dapatkan bisa dipertahankan.

Selamat mencoba

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Location (Lokasi) di Entri Postingan Blogger"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel