Kenapa Laptop Langsung Mati Jika dilepas Chargernya? Ini Cara Mengatasinya

Jika kamu pengguna laptop mungkin sudah bisa dengan masalah yang ada pada komputer mini ini, mulai dari masalah software maupun hardware.

Untuk permasalahan pada software kebanyakan pemilik laptop bisa mengatasinya sendiri tanpa perlu datang ke tempat servis laptop, yaitu cukup dengan menginstall ulang OS atau update driver yang sudah usang, dan biasanya masalah sudah teratasi.

Nah bagaimana jika timbul permasalahan seperti laptop mati ketika adaptor atau charge dicabut? padahal baterai tidak dicoopt dan masih bagus.

Dalam kasus seperti ini, biasanya terjadi bukan karena software laptop namun karena ada masalah pada hardware yang dan mempunyai dua macam kemungkinan.

Kemungkinan pertama karena laptop sudah baterai rusak dan kemungkinan ke dua karena motherboard laptop rusak.

Lalu Bagai Mana Cara Mengetahuinya?

Laptop yang mengalami masalah seperti di atas biasanya pada indikator baterai ada tanda silang merah atau ada tulisan No Batttery is detaected  yang artinya baterai laptop tidak terdeteksi, jadi baterai laptop tidak akan terisi walaupun di charge lama.

Jangan terburu-buru membelikan baterai laptop dulu kalau kamu mengalami "laptop langsung mati saat charger di cabut" karena baterai laptop cukup mahal dan belum pati baterainya yang "soak". Bisa jadi yang rusak komponen lain sehingga memang harus dipastikan terlebih dahulu kerusakannya agar tepat sasaran.

Berikut cara ini untuk mengetahui masalah laptop langsung mati saat adaptor di cabut.

Menukar Baterai

Cara ini sangat mudah tapi kamu harus punya laptop lain dengan merk dan tipe yang sama.

Caranya, lepas baterai di laptop yang bermasalah dan pasang ke laptop lain yang sesuai type dan merk. Jika baterai bisa di charge berarti motherboard laptop kamu kemungkinan yang rusak namun sebaliknya jika baterai tetap tidak bisa di charge berarti baterainya yang harus diganti dengan baterai baru.

Menggunakan Multitester

Jika tidak punya laptop lain atau ternyata laptop baterai tanam gunakan cara lain yaitu dengan menggunakan multi tester. Alat ini bisa kamu pinjam ke teman atau tetangga yang punya usaha servis elektronik.


Langkah Pengecekan Multitester

1. Lepas baterai dari laptop

2. Putar di V 20 dan hubungkan kabel multitester ke pin baterai yang berada di laptop. Ada banyak pin di slot laptop namun cukup pilih pin yang berada di pinggir saja yaitu pin paling kanan dan pin paling kiri.

Kerusakan Baterai laptop

Jika muncul tegangan +- 2 v berarti motherboard normal dan tidak ada masalah, berarti baterai laptop kamu yang rusak dan kamu harus mengganti baterai yang baru jika ingin laptop normal.

Kerusakan Motherboard

Jika angka di multitester adalah +- 19 v berarti yang bermasalah adalah komponen yang ada di motherboard laptop. Dan kerusakan ini biasanya terjadi pada chip pengatur tegangan antara adaptor laptop dan baterai (Mosfet). Pengecekan lebih lanjut harus dibawa ke ahlinya langsung yaitu Tempat Service Laptop Semarang Terbaik dan Terpercaya

Kalau sudah melalui pengetesan tentunya sudah tau tindakan yang harus dilakukan. Jika baterainya yang rusak maka kita tinggal beli baterai sesuai seri laptop. Usahakan membeli baterai yang paling bagus agar baterai dan laptop sendiri tidak cepat rusak. Karena baterai yang bagus bisanya voltage lebih halus dan real kapasitas sehingga baterai tidak cepat habis dan juga tidak merusak komponen laptop.

Kalau yang rusak bagian motherboardnya kamu harus datang ke tempat servis laptop terdekat dan terpercaya seperti servis laptop semarang ELDYACOM. Kenapa? Karena jika kerusakan pada motherboard, motherboard harus diperiksa terlebih dahulu dengan detail untuk mengetahui komponen mana yang tidak berfungsi setelah itu baru komponen yang rusak harus diganti.

Proses pengecekan ini tidak mudah karena selain sangat banyak, komponen yang tertanam pada motherboard laptop berupa chip yang sangat kecil dan teknisi harus mengecek satu demi satu sampai ketemu baru menggantinya menggunakan alat khusus.

Agar baterai awet dan tidak mengalami masalah pengisian silahkan baca Bagaimana Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Rusak? Ini Caranya

Belum ada Komentar untuk "Kenapa Laptop Langsung Mati Jika dilepas Chargernya? Ini Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel