Bagaimana Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Rusak? Ini Caranya

Laptop yang memiliki baterai soak sama saja laptop rusak, karena tanpa baterai laptop tidak bisa digunakan secara maksimal. Jika baterai laptop rusak kita harus selalu membawa charger laptop agar laptop bisa tetap digunakan. Sebetulnya cara ini kurang efektif karena laptop di desain untuk mobilitas tinggi, kemanapun dan dimanapun bisa digunakan.



Mengganti baterai laptop adalah jalan satu satunya agar laptop bisa digunakan kembali secara maksimal namun baterai laptop yang "asli" lumayan mahal. Memang ada baterai laptop yang murah tapi kemungkinan baterai tersebut tidak tahan lama bahkan arus yang dihasilkan kadang tidak stabil sehingga dapat merusak komponen lain pada laptop. Baca Servis Keyboard Laptop Semarang

Oleh karena itu, sangat penting kita sebagai pengguna laptop mengetahui kenapa baterai laptop cepat soak atau rusak dan bagaimana cara agar baterai  laptop bisa berumur panjang atau tidak cepat rusak.

Berikut ini cara agar baterai laptop berumur tidak cepat rusak

Hindari Menggunakan Laptop Sambil di Charge

Ada yang bilang laptop sekarang dilengkapi teknologi yang bisa mengatur arus listrik saat digunakan jadi tidak apa apa digunakan sambil di charge.

Betul, tapi jika kita menggunakan laptop sambil di charge secara terus menerus tentunya juga bisa merusak komponen yang berada pada baterai laptop sehingga membuat baterai  cepat rusak dan tidak tahan lama.

Solusinya, jangan terlalu sering menggunakan laptop sambil dicharge apalagi jika laptop tersebut buat main game lebih baik baterai dilepas saja tapi listrik harus pakai stavolt agar listrik stabil.

Charge laptop dalam keadaan mati, cara ini agar arus tidak terganggu sehingga masuk kedalam baterai secara maksimal dan tidak menyebabkan kerusakan pada komponen.

Lepas Charger saat Baterai Full 100%

Saat ini bayak laptop yang dilengkapi teknologi yang mampu memutuskan arus ketika baterai penuh, jadi tetap aman walaupun sudah full 100% charger tetap nyalok.

Meskipun begitu kita antisipasi saja, karena kita tidak tahu apakan teknologi terbut masih berfungsi pada laptop kita apa tidak, jangan-jangan malah laptop kita belum dilengkapi teknologi tersebut.

Jadi lebih amannya kita harus segara mencabut charger ketika baterai laptop sudah full 100%  agar arus tidak merusak komponen baterai laptop.

Hidari Charge 0%

Saat asik menggunakan laptop kadang kita tidak sadar kalau baterai hampir habis, akhirnya kita baru charge laptop ketika keadaan baterai 0% yaitu setelah laptop mati total.

Hal ini akan membahayakan baterai laptop kita, kebanyakan kasus malah baterai sampai tidak bisa dicharge setelah laptop mati total, pengalaman laptop saya sendiri.

Baterai tidak bisa dicharge, seaakan laptop tersebut tidak ada baterainya, jadi mau tidak mau harus ganti baterai laptop baru.

Jadi kalau kita ingin baterai laptop berumur panjang hindari charge 0%, isi daya baterai minimal 10% atau 20 % kemudian matikan laptop.

Gunakan Charger Original

Usahakan memakai charger asli bawaan laptop, kalau pinjam teman bisa pinjam yang sama voltase dan kalau bisa satu tipe laptop.

Nah kalau charger rusak atau hilang gimana kak? beli yang charger asli, memang harganya lumayan mahal kala tidak salah bisa sampai 500.000an.

Kenapa sih harus pakai charger asli? karena arus yang keluar dari charger original sudah disesuaikan dengan laptop bawaan, komponennya juga lengkap dan berkualitas, berbeda dengan charger bajakan, biasanya charger bajakan menggunakan komponen dan rangkaian abal-abal, kadang malah bisa nyetrum juga karena memang rangkaian tidak lengkap.

Charger murahan menghasilkan arus yang kasar bisa jadi bukan baterai saja yang rusak tapi komponen lain laptop kita yang kena.

Charge Full 100% jika Tiak Digunakan

Tidak hanya laptop, apapun elektronik yang menggunakan baterai harus di charge full jika lama tidak digunakan, karena walaupun tidak digunakan listrik yang berada didalam baterai bisa berkurang jadi kalau sampai 0% biasanya baterai langsung tidak bisa di charge alias rusak.

Nah jika kamu mengalami kerusakan baterai atau komponen laptop jangan diotak-atik sendiri ya, konsultasi saja langsung ke pakarnya. Untuk konsultasi bisa datang atau WA ke pakar laptop yaitu ELDYACOM. bisa langsung searh di google.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Rusak? Ini Caranya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel