Cara Memperkecil Ukuran Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas

Memperkecil yang saya maksud bukan memperkecil sekala foto melainkan memperkecil kapasitas foto atau bahasa lainnya "megkompres foto". Trik ini biasanya digunakan oleh blogger atau webmaster agar foto yang digunakan pada blog mereka berkapasitas kecil sehingga blog menjadi ringan dan cepat ketika di akses.

Masalahnya ada beberapa orang yang belum mengetahui bagaimana mengkompres foto dengan mudah cepat dan hasilnya tidak pecah atau buram. Nah, kali ini saya akan berbagi bagaimana megkompres foto yang berkapasitas besar menjadi kecil tanpa mengurangi kualitas dari gambar tersebut.

Sebetulnya sudah bayak sekali para mastah yang share bagaimana cara memperkecil ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas dari foto tersebut. Mulai dari menggunakan photoshop, aplikasi ponsel atau menggunakan aplikasi PC tertentu baik bayar maupun gratis.

Meskipun sudah bayak yang share saya rasa tidak masalah, mungkin Sahabat Onlines tertarik mengikuti cara mudah dan cepat serta tidak mengurangi kualitas dari gambar tersebut. Cara ini juga yang saya gunakan selama ini.

Berikut Cara Memperkecil Foto dengan Mudah dan Cepat

Caranya sangat simpel dan mudah, kita bisa menggunakan laptop atau PC tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun namun harus ada koneksi internet.

Pertama, buka website https://tinypng.com/ kemudian masukkan foto ke halaman tersebut dengan cara klik halaman atau seret foto ke halaman tersebut sampai foto terkompress 100%


Gambar di atas bisa kita lihat selisih ukurannya dimana file asli berukuran 182 KB dan setelah di kompres menjadi 128 KB. Besarnya ukuran yang di konfert sudah otomatis menyesuaikan kualitas gambar jadi kita tinggal terima beres saja. Enak kan?

Setelah selesai proses kompress tinggal kita download saja hasilnya dan coba kita bandingkan gambar sebelum dan sesudah di kompres

Sebelum di kompres (182 kb)


Setelah di kompres (128 kb)

Dengan kualitas gambar yang sama tetapi ukuran berbeda. Gambar diatas memiliki dimensi 1280 x 853, Bisa dicoba dengan gambar berukuran lain.

Dengan menggunakan convert secara online melalui website tinyPNG hasil lebih bagus dan tentunya lebih cepat sehingga lebih efisien.

Tentang tinyPNG

Pada web tersebut kita juga bisa menganalisa gambar pada website kita di menu analizer. Masukan saja url webiste dan jalankan nanti kita akan melihat hasilnya.

tinyPNG juga menyediakan versi berbayar, dengan versi pro atau berbayar tetunya kita bisa mendapatkan layanan lebih seperti mendapatkan plugin photoshop, mengintegrasikan ke webiste, bisa upload bayak foto sekaligus dan sebagainya.

Saya sendiri menggunakan versi gratisan dan saya rasa untuk blogging versi gratisan sudah lebih dari cukup. Berikut fasilitas jika kita menggunakan versi gratis:
  • Maksimal ukuran yang bisa kita upload 5 Mb perperfoto
  • Maksimal upload 20 foto sekaligus
Saya ras cukup sekian, kalau yang ingin menambahkan informasi lain silahkan tambahkan di komentar. Semoga bermanfaat.....

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperkecil Ukuran Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel