Keuntungan dan Kekurangan Memasang Iklan Adsense di Toko Online

Sebelumnya saya akan mewakili beberapa pertanyaan dari Sahabat Onlines yang dulu pernah bertanya kepada saya.

Mas apa boleh toko online saya di pasang iklan Adsense?
Siapa yang ngelarang? Google sendiri tidak melarang memasang iklan di web toko online, asalkan toko kamu mematuhi rules dari program Google Adsesnse. Baca Cara Menambahkan Blog Baru ke Akun Adsense

Apa di acc kalau daftar Adsense pakai toko online?
Bisa, caranya saat mendaftarkan web ke Googele Adsense jangan memakai template toko online, karena template toko online bayak script-script yang tidak disukai Google Adsense. Pakai template simpel serta beri konten-konten ori terus lengkapi kontak, privacy policy, disclimer sitemap dan lain sebagainya.  Sama seperti mendaftarkan blog biasa ke Adsense. Nah, setalah di acc baru kita bisa otak-atik atau mengganti theme sesuai selera.

Apa nanti tidak di banned?
Kalau melanggar rules adsense ya pasti dibanned, intinya hindari comot gambar atau artikel orang lain dan patuhi juga rules-rules lain Google Adsense.

Oke, selanjutnya saya akan memberikan gambaran keuntungan dan kerugian keritka toko online di pasang Google Adsesnse menurut pengalaman pribadi saya.

Keuntungan Memasang Google Adsense di Toko Online

Berikut ini keuntungan memasang iklan Adsense yang sudah saya rasakan sendiri. Bisa dijadikan referensi untuk sahabat yang ingin memasang iklan Adsense di toko online.

Potensi di klik Pengunjung Lebih Tinggi

Saya sudah buktikan sendiri kalau memasang iklan di toko online ternyata memiliki potensi klik dari pengunjung yang lebih besar dari pada blog biasa.

Kenapa?  Karena rata-rata orang yang berkunjung ke toko online adalah orang yang sudah mempunyai tujuan ingin membeli suatu barang. Nah Iklan adsense adalah suatu bentuk promosi digital yang otomatis menampilkan promosi sesuai niche blog atau website. Jika dipasang di toko online maka iklan akan akan mempromosikan barang yang hampir sama dengan barang yang kita jual jadi potensi klik lebih bayak.

Beda toko online beda hasil. Saya sendiri memiliki toko online jilbab jadi pengunjungnya kebanyakan perempuan dan bayak yang tidak tahu kalau link atau gambar yang terpasang itu cuman iklan.  Jadi bayak yang klik, contohnya seperti gambar berikut :



Nilai CPC atau BPK lebih gede

Ini yang paling blogger sukai, nilai CPC termasuk gede hehehe. Saya sendiri memasang iklan di toko online jilbab jadi semua konten saya tentang jilbab. Secara otomatis iklan yamg muncul sesuai niche yaitu promo fashion muslim seperti jilbab, gamis, sarung dan yang berhubungan dengan fashion lainnya. Jika iklan muncul sesuai niche atau tema dan di klik pengunjung maka CPC tentu nilai kliknya tinggi.


Page View Lebih Bayak dan Lebih Lama

Seperti yang saya bilang tadi, rata-rata orang yang datang ke toko online adalah orang yang 70% ingin membeli barang jadi jika sudah berada di toko onlie mereka akan melihat barang lain kemudian membaca, membandingkan harga serta melihat spesifikasi barang tersebut jadi kemungkinan pengunjung akan melihat banyak halaman dan nongkrong di halaman web lebih lama.

Hal ini juga mempengaruhi pendapatan Adsense

Gampang Dalam Pembuatan Konten

Kebanyakan blogger bingung mencari bahan untuk membuat konten. Nah di toko online kita bisa buat konten setiap hari sesuai barang yang kita jual, kita bisa menulis deskripsi, spesifikasi, keunggulan serta kenapa kita harus mempunyai barang tersebut sehingga menjadi sebuah artikel atau konten tanpa harus pusing memikirkan judul.

Hasil Adsense Bisa Buat Bayar Operasional Blog atau Website

Ini yang paling saya suka. Pepatah lama mengatakan "sambil menyelam minum air", ya ini yang saya lakukan sekarang, walaupun toko online saya menggunakan hosting dan domain yang sewanya lumayan mahal tapi hasil dari Adsense dalam satu tahun lebih dari cukup untuk membayar sewa.

Bahkan dulu setiap payout Adsense saya belikan smart phone untuk saya berikan ke admin jika penjualan bisa melampaui target. Baca Berapa Banyak Penghasilan Seorang Blogger?

Kekurangan Memasang Google Adsense pada Toko Online

Dari beberapa kelebihan diatas perlu juga kita pertimbangkan dampak negatif jika kita memasang adsense pada toko online kita. berikut kekurangan jika memasang iklan Adsense di toko online:

Loading Halaman Agak Berat

Template khusus toko online bisanya sudah berat karena memakai berbagi macam script otomatis, bisa dibayangkan jika kita menambahkan scrip ikan dari Google Adsense secara teknis halaman blog menjadi semakin berat. Baca Jangan Gunakan Template VioToko Untuk Toko Online Kamu

Ketika calon pembeli kita masuk dan ternyata mereka internetnya lambat bisa jadi calon pembeli langsung menutup toko online kita dan mencari toko online lain yang lebih ringan.

Mengganggu Calon Pembeli

Jika iklan yang kita pasang berlebihan, colon costumer akan malas membuka toko kita. Saran saya jangan gunakan terlalu bayak iklan. Dua slot iklan saja sudah cukup karena memang bukan murni blog AdSense jadi kita maksimalkan saja penjualan, iklannya buat sampingan saja.

Saingan Dengan Toko Online Lain

Memasang iklan di blog atau toko online berarti sama saja mempromosikan produk orang lain. Ketika kita memasang iklan Adsense di toko online maka iklan akan menampilkan produk atau toko orang lain.

Kalau produk yang muncul pada iklan ternyata lebih murah dan lebih bagus dari produk yang ada di toko kitakemungkinan besar calon costumer meninggalkan toko online kita dan malah membeli produk di toko online yang di iklankan Google.

Dari penjelsan di atas, sekarnag terserah Sahabat Onlines mau pasang iklan AdSense di toko online atau memaksimalkan toko online dan membuat blog khusus Adsense saja.

Belum ada Komentar untuk "Keuntungan dan Kekurangan Memasang Iklan Adsense di Toko Online"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel