Cara Mengatasi Laptop "System Resuming" Tidak Mau Booting

System Resuming pada laptop bisa terjadi di semua type laptop baik tipe baru maupun tipe lama.

Ketika terjadi System Resuming pada saat pertama kali laptop di hidupkan biasanya laptop tidak bisa di apa-apakan lagi, semua tombol keyboard tidak berfungsi sehingga laptop tidak bisa masuk pada bios. Tak jarang hal seperti ini membuat laptop bisa mati secara tiba-tiba.

Cara Mengatasi Laptop "System Resuming" Tidak Mau Booting

Jika sudah tidak bisa melanjutkan ke bios maka kamu tidak perlu berusaha menginstall ulang laptop karena kasus seperti ini bukan karena system laptop tapi karena ada kerusakan hardware.

Sebelum ke tips mengatasinya berikut beberapa faktor yang mengakibatkan System Resuming dan tidak mau booting.
  • Laptop terjatuh atau terbentur
  • Hardik rusak atau tidak mau berputar
  • Keyboard konslet
  • Charge terlalu lama
  • Charger laptop tidak asli yang mengakibatkan arus tidak stabil

Coba diingat sebelum terjadi kerusakan apakah sama dengan salah satu faktor diatas?

Untuk mengatasinya kamu bisa mengikuti tips berikut, namun lakukan secara hati-hati jangan sampai memperparah kondisi laptop.

1. Cek Harddisk.

Masalah ini bisa disebabkan karena hardik pada laptop rusak jadi yang pertama adalah cek harddisk menggunakan slot hdd external dan mengecek menggunakan komputer lain.

Jika harddisk masih berfungsi dengan baik maka lanjut ke step berikutnya. Jangan lupa bersihkan slot hardik.


Tips: Hidupkan laptop tanpa hardisk, jika ada perubahan pada layar memungkinkan besar hardisknya yang rusak.

2. Cek Ram Laptop

Cek area ram, apakah memori ram sudah sesuai di tempatnya apa belum. Kalau System Resuming karena terjatuh bisa jadi ram tergeser dan ini salah satu penyebabnya.

Bersihkan pin ram dari kotoran, jika perlu cek ram ke laptop lain atau gunakan ram lain yang berfungsi ke laptop kamu yang bermasalah.

3. Copot Baterai

Jika baterai external, kamu langsung copot baterai. Uji coba hidupkan laptop hanya menggunakan arus adaptor saja (tanpa baterai).

4. Copot Fleksibel Keyboard dan CD room

Kalau kamu sedikit mengerti tenteng laptop bisa copot fleksibel keyboard dan copot CD room yang berada pada laptop. (Kalau tidak mengerti sebaiknya jangan lakukan hal ini)

Jika tips di atas masih belum menyelesaikan masalah berarti komponen pada motherboard ada yang bermasalah. Seperti konslet, IC mati, bios bermasalah, vga bermasalah, chip pendingin bermasalah dan lain sebagainya.

Tips Tambahan: Jika mempunyai pengetahuan lebih bisa mereset bios laptop, namun jika tidak jangan melakukan hal ini karena harus membongkar semua laptop dan membutuhkan alat khusus yang hanya dimiliki oleh teknisi laptop.

Tahap pengecekan pada motherboard harus di tangani oleh ahlinya agar tidak memperparah kerusakan pada laptop. Jadi datang ke teknisi yang benar-benar berpengalaman di kota kamu. Untuk kamu yang berada di area semarang bisa datang langsung ke servis laptop semarang ELDYACOM.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop "System Resuming" Tidak Mau Booting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel