Tahapan dan Cara Membongkar Laptop yang Benar Agar Tidak Merusak Komponen Lain

Untuk membuka casing laptop sebenarnya tidak membutuhkan banyak alat. Cukup menggunakan obeng plus dan kartu perdana saja sudah bisa membongkar laptop tipe apapun yang penting caranya harus benar agar tidak merusak casing laptop dan komponen lain.

Berikut ini cara membuka laptop degan benar

Proses ini hanya gambaran saja karena setiap laptop memiliki penempatan baut dan casing yang berbeda. Namun secara umum kamu bisa meniru cara ini.

1. Copot Sumber Arus Terlebih Dahulu.

cara bongkar laptop

Mencopot semua sumber arus seperti adaptor, baterai dan baterai cmos. Hal ini untuk menghindari konslet pada laptop karena komponen laptop sangat sensitif dan rawan konslet.

Konslet akan menyebabkan laptop rusak, maka dari itu netral kan arus terlebih dahulu dengan cara  melepas adaptor dan baterai, jika laptop masih menggunakan baterai external lebih mudah karena bisa langsung di copot.

Mencopot baterai terlebih dahulu hanya pada laptop tipe lama, untuk laptop tipe terbaru kita harus membongkar kasing laptop terlebih dahulu.

2. Tandai baut


Laptop memiliki beberapa baut yang berbeda panjangnya, setiap lokasi memiliki baut yang berbeda. Agar tidak lupa penempatan baut, sebaiknya gunakan sepidol untuk menandai baut agar tidak salah.

Jika tidak menggunakan tanda biasanya kita akan lupa dimana baut berada dan baut menjadi lebih. Tips ini bisa kamu abaikan jika sudah terbiasa membongkar laptop.

3. Buka Hardisk dan Memory RAM


Pertama kali membongkar laptop yang dibuka harus bagian penutup hardisk terlebih dahulu jika memang bisa dibuka karena ada beberapa laptop yang harus membuka kasing secara keseluruhan baru bisa mencopot hardisk.


Agar tidak mengganggu proses pembongkaran copot hardisk dan ram. Lakukan secara hari-hati agar slot tidak patah.

3. Buka CDRW laptop.

Baut CDRW berada di area tengah laptop, beberapa tipe laptop baut ada yang diluar casing dan ada juga yang bisa dibuka setelah casing hardik dibuka terlebih dahulu.


Pada CDRW biasanya ada tanda khusus yaitu gambar cdrw atau tulisan ODD yang berada di samping baut.

4. Lepas Kartu Wifi

Jika saat membuka casing hardik terdapat wifi card langsung saja copot kabel dan buat untuk membuka wifi card karena slot wifi card terhubung ke motherboard, kalau tidak dicopot dulu biasanya kita akan menarik motherboard secara langsung yang mengakibatkan kerusakan pada slot wifi.

5. Lepas Casing Utama

Setelah melepas hardik, ram sekarang lepas casing utama.

Laptop yang tidak pernah dibuka biasanya lebih sulit dan lebih keras, jadi harus extra hari-hati.

Buka dari bagian yang paling mudah kemudian pakai kartu perdana atau pencongkel untuk meneruskannya.

Pastikan semua baut sudah dilepas, berikut posisi baut yang ada pada laptop silahkan dicek:
  • Sisi laptop
  • Tengah laptop
  • Bawah baterai
  • Bawah hardisk eksternal
  • Bawah keyboard. Beberapa tipe laptop harus membuka keyboard untuk membuka baut casing.

7. Lepas Keyboard

Jika keyboard laptop tidak menyatu dengan casing, kita bisa melepasnya terlebih dahulu karena biasanya terdapat baut di bawah keyboard ini.

8. Lepas Motherboard

Jika casing laptop kamu sudah terlepas sekarang buka buat motherboard dan jangan lupa ditandai.

Melepas motherboard lebih gampang ketimbang melepas casing laptop.

Tips Penting

  • Jangan memaksa membuka casing jika terlalu keras, cari apakah masih ada baut yang terpasang atau tidak. Memaksa casing terbuka akan mengakibatkan pengait casing rusak patah sehingga jika dipasang casing tidak akan kuat seperti semula.
  • Pakailah pencongkel berbahan plastik agar tidak merusak casing laptop.
  • Jika baterai CMOS masih terpasang letakkan motherboard keyboard di alas plastik dan hidari meletakkan di tanah atau lantai karena bisa ground yang menimbulkan konslet.

Membongkar laptop memiliki resiko pecah, konslet dan masalah lain yang menyebabkan kerusakan pada laptop. Jadi pakai laptop kamu sendiri untuk praktek jika tidak yakin jangan lakukan serahkan saja ke ahlinya di servis laptop semarang.

Belum ada Komentar untuk "Tahapan dan Cara Membongkar Laptop yang Benar Agar Tidak Merusak Komponen Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel