10 Penyebab Laptop Tiba-Tiba Macet (Lemot) Saat Bemain Game dan Cara Mengatasinya

Masih, laptop atau komputer lipat menjadi elektronik tercanggih di era milenial ini. Dari alat ini dan bantuan beberapa software berbagi ide gila manusia terwujud.

Berbagai aplikasi atau software besar yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan bisa di install di laptop ini dengan syarat laptop memenuhi kriteria atau spesifikasi yang dibutuhkan software.

Seperti software sketsa, editing gambar dan video misalnya. Software-software tersebut bisa berjalan dengan baik jika menggunakan hardware yang mumpuni.

Jika hardware tidak mumpuni software tidak bisa berjalan dengan baik sperti gambar patah-patah, atau lemot dan cepat panas.

Nah bagaimana jika software yang kita jalankan tiba-tiba lemot atau lambat padahal sudah menggunakan laptop sepk tinggi yang sebelumnya tidak ada masalah.

Misalnya pas main game ternyata ditengah perjalanan laptop tiba-tiba melambat, grafik patah-patah atau lemot banget.



Ada 10 kemungkinan yang biasanya membuat laptop tiba-tiba lemot, yaitu:


1. Terlalu Panas

Laptop yang terlalu panas akan mengakibatkan kinerja tidak maksimal, bisa menyebabkan lag (macet) patah-patah bahkan laptop mati sendiri.

Penyebab panas laptop bisa karena terlalu lama laptop digunakan menjalankan program besar, bisa juga lubang kipas kotor sehingga hawa panas tidak bisa dibuang dengan baik.

Tetap perlu mengistirahatkan laptop meski memiliki spek besar dan jika perlu gunakan kipasa atau blower tambahan pada laptop agar suhu lebih terjaga.

2. Terinveksi Virus

Virus atau malware juga bisa menyebabkan lag karena virus bisa berjalan tanpa dijalankan bahkan saat kita menjalankan software atau bermain game.

Laptop terserang malware bisa lewat internet dan falshdisk, jadi selalu gunakan antivirus yang update.

3. Antivirus Menyecan Otomatis

Ativirus bisa mennyecan secara otomatis jika ada program yang mencurigakan. Atau memang antivirus tersetting secan otomatis.

Antivirus yang menyecan juga bisa mengganggu software yamg kita jalankan. Jadi cek settingan antivirus apakah sudah benar apa belum.

4. Terinstall Software Bajakan

Software bajakan biasanya menggunakan crack, nah crack pada software tersebut biasanya terdeteksi sebagai file yang mencurigakan karena tak jarang file crack terinfeksi virus.

5. Terlalu Banyak Software Berjalan

Cek software yang berjalan dengan cara masuk ke task managar, ctrl+delet. Lihat apakah ada software yang berjalan tanpa sepegetahuan kita.

6. Hardisk Kurang dari 100%

Hardisk adalah tempat terinstallnya software jika hrdisk tidak 100 normal akan menyebabkan lelet.

Untuk mengecek kesehatan hardisk bisa menggunakan software tambahan seperti hardiks setinel.

7. VGA lemah

Ya, semua komponen elektronik bisa mengalami penurunan performa, termasuk vga laptop. Apalagi laptop yang memiliki spek tinggi dan dobel vga, hal ini sangat rentan dengan lemahnya vga.

8. Ram Bermasalah

Sama seperti vga, ram juga bisa bermasalah namun hal ini sangat jarang. Tapi ada kemungkinan.

Bila ram bermasalah biasanya tidak hanya lemot namun laptop menjadi blank putih atau hitam.

9. Baterai Bermasalah

Baterai yang sudah tidak terdeteksi di latop juga bisa menyebabkan masalah ini, coba copot baterai dan jalankan laptop tanpa baterai.

10. Charger Bermasalah

Adaptor atau charger yang bermasalah juga bisa menyebabkan laptop bermasalah juga saat dijalankan.

Apalagi jika kamu menggunakan adaptor bajakan, hal ini sangat rentan terjadi.

Selalu gunakan adapator bawaan, kalau rusak gantilah dengan adaptor original, cukup mahal memang namun arus yang di keluarkan sangat halus sehingga tidak merusak komponen laptop.

Belum ada Komentar untuk "10 Penyebab Laptop Tiba-Tiba Macet (Lemot) Saat Bemain Game dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel