10 Penyebab Laptop Tiba-Tiba Macet (Lemot) Saat Bemain Game dan Cara Mengatasinya

Masih, laptop atau komputer lipat menjadi elektronik terjanggih di era milenial ini. Dari alat ini dan bantuan beberapa software berbagi ide gila manusia terwujud.

Berbagai aplikasi atau software besar yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan bisa diinstal di laptop ini dengan syarat laptop memenuhi kriteria atau spesifikasi yang dibutuhkan software.

Seperti software sketa, editing gambar dan video misalnya. Software-software tersebut bisa berjalan dengan baik jika menggunakan hardware yang mumpuni.

Jika harware tidak mumpuni sofware tidak bisa berjalan dengan baik speerti gambar patah-patah, atau lemot dan cepet panas.

Nah bagaimana jika software yang kita jalankan tiba-tiba lemot atau lamabat padahalan sudh menggunakan laptop sepk tinggi yang seblum nya tidak ada masalah.

Misanya pas main game ternyata ditengah perjalanan laptop tiba-tiba melambat, grafik patah-patah atau lemot banget.

Ada 10 kemungkinan yang biasanya membuat laptop tiba-tiba lemot.


1. Terlalu Panas

Laptop yang terlelu panas akan mengakibatkan kinerja tidak maksimal, bisa menyebabkan lag (mecet) patah-patah bahkan laptop mati sendiri.

Penyebab panas laptop bisa karena terlalu lama laptop digunakan menjalankan program besar, bisa juga lubang kipas kotor sehingga hawa panas tidak bisa dibuang dengan baik.

Tetap perlu mengistirahatkan laptop meski memiliki spek besar dan jika perlu gunakan kipasa atau blower tambahan pada laptop agar suhu lebih terjaga.

2. Terinveksi Virus

Virus atau malware juga bis amenyebabkan lag karena virus bisa berjalan tanpa dijalankan bahka saat kita menjalankan software atau bermain game.

Laptop terserang malware bisa lewat internet dan falshdisk, jadi selalu gunakan antivirus yang uptudate.

3. Antivirus Menyecan Otomatis

Ativirus bisa mennyecan secara otomatis jika ada program yang mencurigakan. Atau memang antivirus tersetting secan otomatis.

Antivirus yang menyecan juga bisa mengganggu software yamg kita jalankan. Jadi cek settinagan antivirus apakah sudh benar apa belum.

4. Terinstall Software Bajakan

Software bajakan biansya menggunakan crack, nah crack pada software tersebut biasnaya terdeteksi sebagai file yang mencurigakan karena tak jarang file crack terinfeksi virus.

5. Terlalu Banyak Software Berjalan

Cek software yang berjalan dengan cara masuk ke task managar, ctrl+delet. Lihat apakah ada software yang berjalan tanpa sepegetahuan kita.

6. Hardisk Kurang dari 100%

Hardisk adalah tempat terinstalnya software jika hrdisk tidak 100 normal akan menyebabkan lelet.

Untuk mengecek kesehatan hardisk bisa menggunakan software tamabhan sperti hardiks setinel.

7. VGA lemah

Ya, semua komponen elektronik bisa mengalami penurunan performa, termasuk vga laptop. Apalagi laptop yang memiliki spek tinggi dan dobel vga, hal ini sangat rentan denagn lemahnya vga.

8. Ram Bermasalah

Sama seperti vga, ram juga bisa bermaslah namun hal ini sangat jarang. Tapi ada kemungkinan.

Bila ram bermaslah biasanya tidak hanya lemat namun laptop menjadi blank putih atau hitam.

9. Baterai Bermasalah

Baterai yang sudah tidak terdeteksi di laotop juga bisa menyebabkan malsah ini, coba copot baterai dan jalankan laptop tanpa baterai.

10. Charger Bermasalah

Adaptor atau charger yang bermaslah juga bisa menyebabkan laptop bermasalah juga saat dijalankan.

Apalagi jika kamu menggunakan adaptor bajakan, hal ini snagat rentan terjadi.

Selalu gunakan adpator bawaan, kalu rusak pakialah adparot yang ori.

Belum ada Komentar untuk "10 Penyebab Laptop Tiba-Tiba Macet (Lemot) Saat Bemain Game dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel