Laptop Kamu Lelet (Lemot)? Begini 11 Cara untuk Mengatasinya

Bekerja dengan laptop yang lelet memang sangat menjengkelkan dan juga sangat membuang waktu. Apalagi saat ingin menyimpan hasil pekerjaan dan ternyata di layar ada notifikasi "not responding". Huh menjengkelkan sekali, rasanya mau lempar tuh laptop...


Boleh saja lempar laptop kalau kamu orang kaya, tapi kalau kismin jangan coba-coba ya karena servis laptop itu mahal. Apalagi kalau sampai layar LED nya pecah.

Saya mempunyai 11 solusi untuk mengatasi masalah laptop kamu yang lelet, yaitu dengan memaksimalkan bagian software dan upgrade hardware. Silahkan disimak, berikut ini caranya

1. Install aplikasi Celaner

Sebenarnya tanpa menginstall aplikasi tambahan sudah ada aplikasi bawaan laptop, namun untuk mudahnya lebih baik install aplikasi cleaner tambahan seperti CCleaner.

Fungsi aplikasi ini yaitu untuk membersihkan file-file yang tidak berguna pada hardik laptop seperti, file history, file cache dan lain sebagainya. Karena jika dibiarkan file-file tersebut akan mengganggu kinerja laptop.

2. Perbesar space di drive C

Jika mempunyai hardik 500 GB yang 200 GB pakilah untuk system atau drive C. Tujuannya agar drive system lebih banyak mempunyai ruang untuk memproses program yang dijalankan laptop sehingga laptop tidak lelet.

3. Jangan terlalu menambahkan banyak font

Font termasuk file yang barat dijalankan, maka install font secukupnya saja. Atau gunakan font bawaan dari laptop.

4. Bersihkan file download dan sampah

File download dan sampah berada di dirve C sehingga jika terlalu banyak file sampah atau file download akan membuat sistem laptop menjadi berat dan akan mengakibatkan laptop menjadi lemot.

5. Gunakan antivirus yang ringan

Gunakan antivirus yang ringan, Smadav misalnya. Jangan menggunakan antivirus bajakan, karena antivirus bajakan tidak bisa di update dan akan kadaluwarsa sehingga tidak bisa mengenali virus terbaru. Jadi lebih baik menggunakan versi gratis namun sering update ari pada versi bajakan.

6. Defrag hardisk berkala

Gunanya untuk menstabilakan kinerja hardisk laptop agar tidak terjadi boot sector. Karena jika terjadi boot sector maka kinerja hardisk menjadi lambat dan tentunya memperlambat laptop pula.

7. Uninstall aplikasi yang tidak perlu

Menggunakan aplikasi yang berguna saja adalah langkah paling tepat untuk mengurangi laptop lemot.

6. Hindari software bajakan

Selain kita tidak bisa mendapatkan versi update software tersebut, untuk menjalankan software bajakan ini harus menggunakan krack. Nah hindari software yang menggunakan krack atau generator karena biasanya dalam file tersebut terdapat virus yang bisa menyebabkan laptop menjadi lemot.

8. Gunakan visual laptop paling sederhana

Jangan menempatkan widget atau indikator pada layar monitor karena ini akan memperberat kinerja processor.

Untuk mengikatkan kinerja gunakan saja grafik paling rendah dan, pengaturannya seperti ini;

Klik kanan pada halaman desktop → Personalize → Windows Classic.

Tampilan akan sangat sederhana namun hal ini sangat membantu mempercepat proses loading pada laptop.

Upgrade Hardware

Jika cara mengatasi laptop lelet di atas tidak bekerja secara signifikan tandanya laptop kamu butuh kekuatan yang lebih besar dengan cara upgrade hardware.

Tidak seperti pc komponen pada laptop yang bisa di upgrade hanya beberpa saja. Nah berikut ini hardware laptop yang bisa kamu upgrade atau ganti agar performa laptop lebih bagus.

9. Upgrade memory ram

Memori ram berfungsi untuk memproses data yang berjalan, dengan menambahkan ram yang lebih besar kinerja laptop kamu akan jauh lebih bagus.

Untuk menggantinya kamu bisa datang ke tempat penjual aksesoris laptop seperti sevis laptop semarang ELDYACOM. atau kamu bisa pasang sendiri.

10. Ganti hardik ke SSD

Solid State Drive atau yang dikenal dengan SSD adalah alat yang persis gunanya seperti hardisk. Bisa dikatakan SSD adalah teknologi pengganti hardik untuk laptop atau komputer.

Kenapa SSD? karena SSD tidak mengunakan piringan atau disk jadi data yang diproses lebih ringan dan lebih cepat dibandingkan hardiks dan ini akan membuat laptop kamu semakin kencang.

11. Gunakan kipas atau blower tambahan

Yang satu ini tidak termasuk bagian dari laptop tapi hanya aksesoris atau alat pendukung saja.

Laptop yang sering digunakan panas yang dihasilkan lebih besar dan tentunya membutuhkan pendingin yang lebih pula.  Nah dengan menambahkan blower tambahan pada laptop prosesor dan vga lebih stabil dan awet karena blower tambahan akan mempercepat pergantian udara panas ke dingin.

Itulah tips untuk meningkatkan kinerja laptop yang lelet. Sesuai pengalaman saya sendiri untuk meningkatkan kecepatan laptop yang paling efektif adalah dengan cara mengupgrade Hardware.

Belum ada Komentar untuk "Laptop Kamu Lelet (Lemot)? Begini 11 Cara untuk Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel