14 Bahaya Penyakit Akibat Kecanduan Sosmed

Penyakit disini yang sering ditimbulkan adalah penyakit menyimpang dan penyakit psikologi. Itu disebabkan karena kurang bijaknya seseorang dalam memanfaatkan smartphone. Perlu adanya penanganan khusus bagi para pecandu salah satunya dimulai dari me-nonaktifkan medsos sementara waktu.


Jika kita berlarut dalam dunia sosmed dan tidak segera mengontrol diri maka banyak sekali dampak negatif yang akan ditimbulkan.

Baca juga Cara Mengetahui Lokasi Pacar Melalui Hp Xiaomi 100% Berhasil

Berikut 14 Bahaya Jika orang Susah Kecanduan Sosmed (Sosial Media)


1. Gila selfie
Hampir setiap membuka beranda sosmed, kita sering mendapati sosok penggila selfie yang umumnya adalah para wanita. Penggila selfie yang sering kita jumpai orangnya pasti itu itu saja dan gayanya juga sama sampai kita sendiri merasa bosan. Betul tidak?
Penyakit selfie merupakan salah satu penyakit psikologi yang menjadikan pelakunya selalu ingin diakui. Entah itu pengakuan status sosialnya, derajat, kecantikan/ ketampanan, serta gaya hidupnya. Berbeda dengan mereka para selebgram, selfie yang mereka lakukan karena memang tuntutan pekerjaan. Disini yang kita waspadai adalah para penggila Selfi yang tidak wajar. Hehe..

2. Pamer
Setiap orang punya perasaan pamer untuk menunjukan kelebihannya kepada orang lain. Hal itu wajar dan lumrah. Namun, jika pamer yang berlebihan hingga semua hal pribadi di share di medsos itu sudah masuk dalam penyakit psikologi. Pamer makanan, pamer beli barang baru, bahkan pamer istri baru.
Semua dilakukan karena mereka butuh pengakuan bahwa hidup merekalah yang paling sempurna.

3. Tidak peduli dengan lingkungan sekitar
Kalau sudah main hp, ibarat kata ada maling kita gak akan tau dan gak peduli. Begitulah faktanya, banyak kejadian yang sering kita hiraukan ketika bermain sosmed. Anak yang butuh perhatian dihiraukan, anak butuh ajak bermain dibiarkan, seolah itu hal yang sangat lumrah dan biasa. Kenyataannya, pemandangan seperti itu merupakan satu contoh keluarga yang tidak sehat. Tidak hanya di lingkungan keluarga, dalam lingkungan masyarakatpun bisa jadi hal yang merugikan. Diajak bicara orang lain malah main hp sendiri, giliran ditanya malah bengong gak tau apa apa. Hal itu akan membuat orang lain kadang jadi sedikit sakit hati karena tidak dihargai saat bicara. Pernah kita melihat pemandangan, ayah ibu dan anak sedang asik sendiri bermain hp? Itulah salah satu penyakitnya..

4. Sulit bersosialisasi
ini cukup berbahaya bagi kehidupan sosial dan pertemanan terutama anak remaja. Waktu yang harusnya dihabiskan bersama teman sebaya dan keluarga justru hanyut oleh smartphone. Tidak heran jika jaman sekarang banyak orang lebih nyaman berteman di medsos daripada di dunia nyata. Hiha hihi bercanda, tapi pas ketemu kayak orang gak kenal. Foto mesra dengan sahabat, pake quote yang luar biasa mesra padahal faktanya mereka cuek satu sama lain.

5. Membahayakan diri dan keluarga
Sering kita melihat video kejadian seperti kecelakaan yang memakan korban akibat asik bermain hp. Mengendarai mobil dan sepeda sambil main hp. Berjalan sambil main hp. Bahkan ada kejadian Seorang ibu yang asik bermain hp ketika anaknya sedang berenang. Sang ibu tidak fokus menjaga buah hatinya dengan baik. Saking asiknya bermain, ketika anak tenggelam dan menjeritpun tidak dihiraukan sama sekali sampai akhirnya meninggal dunia. Miris sekali bukan?

6. Susah fokus melakukan pekerjaan lain
Sering sekali orang yang jenuh bekerja mencari hiburan dengan bermain sosmed. Mereka membuktikan sendiri bahwa sosmed adalah satu satunya pelampiasan yang sangat mudah untuk di akses. Namun, hal itu justru dapat mengalihkan fokus kita terhadap pekerjaan karena sekali bermain sosmed kita akan hanyut didalamnya dan malas untuk memikirkan pekerjaan. Sedikit sedikit buka hp, baru 10 menit sudah gelisah pengen buka hp, seperti itu seterusnya. Untuk itu perlu adanya motivasi diri agar tetap fokus bekerja dan bijak dalam memanfaatkan medsos.

7. Gila like

Banyak remaja dan para alay alay sosmed yang rela melakukan apapun demi banyak like meski nyawa dan kehormatan diri jadi taruhannya. Jaman sekarang semua serba di share biar keren, biar banyak like dan terkenal. Itulah bentuk tipu daya sosmed, terlihat wah..tapi ternyata zonk.

8. Sakit leher dan punggung
Yang sudah merasa punya keluhan sakit leher dan punggung, sebaiknya hentikan terus terusan bermain hp. Itu akan membahayakan kesehatan yang mengakibatkan kelelahan yang berlebihan. Daripada terlalu sering bermain sosmed lebih baik bersosialisasi dengan orang lain, cobalah ajak keluarga atau teman ngobrol santai. Bisa juga pergi hangout dan bersenang senang atau berolahraga agar badan menjadi lebih bugar.

9. Insomnia
Cahaya pada layar hp membuat mata kita terjaga. Sehingga selelah apapun mata kita, akan tetap terus bekerja untuk bermain sesmod meski otak sudah tidak lagi sejalan. Ketika kita terjaga pada malam hari, otak kita dipaksa untuk tetap bekerja meski sudah sangat.

10. Sakit mata
Tanda tanda mata kurang sehat biasanya dimulai dari mata yang sering berair, mata perih dan gatal saat bermain hp. Ketika muncul beberapa tanda diatas sebaiknya hentikan bermain sosmed, biarkan mata beristirahat sejenak karena jika berlanjut bermain hp maka sinar layar hp akan membuat mata menjadi semakin kurang sehat dan bisa berakibat minus.

11. Kepo dengan kehidupan orang lain

Kepo dengan kehidupan orang lain justru membuat hidup kita kurang bahagia. Sering kali kita membanding bandingkan kehidupan kita sendiri dengan orang lain yang justru akan menimbulkan perasaan kurang percaya diri atau bahkan iri hati. Melihat orang lain bahagia kita iri, melihat orang lain susah kita senang. Bahaya sekali ya, bisa menimbulkan penyakit hati yang harusnya tidak ada dalam diri kita.

12. Sering melupakan sesuatu yang penting
Mungkin karena fokus dengan sosmed, otak sulit bekerja untuk mengingat sesuatu yang lain bahkan hal penting sekalipun, karena gemerlap dunia sosmed mampu membuat kita amnesia dalam sesaat. Bos mengatakan hal penting ini itu, kita lupa untuk mengerjakannya karena terlalu asik bermain sosmed. Orang lain meminta bantuan, kita lupa. Ada janji dengan teman, kita lupa. Bahkan ini hari apa, kita lupa dan sulit untuk mengingat

13. Sulit beribadah dengan khusyu'
Saya sendiri merasakan bagaimana sulitnya beribadah tanpa memikirkan hp. Setiap habis berwudhu yang dilihat hp, setelah sholat langsung pengen cepet-cepet buka hp, ikut pengajian fokusnya di hp. Semua terlihat, manusia begitu lebih mementingkan hp dan dunia di dalamnya yang tidak menguntungkan daripada mendekatkan diri kepada Tuhan dan mendapatkan obat ketenangan rohani yang justru membawa kebaikan untuk diri.

14. Pura-Pura Bahagia
Orang yang memamerkan kebahagian di media sosial biasanya malah kebalikannya di dunia nyata, orang-orang yang kecanduan sosmed akan melakukan segala cara agar terlihat bahagia, dengan susah payah mengambil gambar dan berulag-ulang. Penyakit ini bisa dibilang penyakit menyiksa diri.

Luar biasa, begitu mudahnya smartphone mengalihkan dunia. Mampu membuat setiap insan hanyut dalam segala yang ada, hingga kebahagiaan di dunia nyatapun rela dikorbankannya.

Bangun tidur yang dicari hp, seharian tidak bisa lepas hp, bahkan sebelum tidur yang dipegang hp. Ingat, kehidupan medsos sangatlah berbeda dengan kehidupan nyata. Baca "tipu daya dunia Maya"

Jadilah pengguna smartphone yang bijak, jangan sampai kita menjadi salah satu pecandu sosmed yang nantinya akan merugikan diri dan orang lain.

Belum ada Komentar untuk "14 Bahaya Penyakit Akibat Kecanduan Sosmed"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel