Cara Tepat Mengajar Materi Direction

Mengajar adalah aktifitas yang membutuhkan ilmu dan kesabaran luar biasa, terutama mengajar dalam dunia pendidikan yang harus dilakukan oleh lulusan professional bidang tertentu. Selain itu juga membutuhkan ketelatenan dalam mengajar mata pelajaran yang sulit dipelajari siswa. Guru dituntut untuk kreatif dan aktif dalam menerangkan pelajaran terutama mata pelajaran yang sulit difahami. Beberapa mata pelajaran yang dianggap sulit yaitu mata pelajaran yang selalu diujikan pada ujian nasional, Matematika Dan Bahasa Inggris.

Mengajar Direction

Untuk mata pelajaran Bahasa Inggris dianggap sulit Karena siswa tidak memahami arti dan konteks kalimat, itu bisa disebabkan karena faktor rendahnya kosakata yang mereka kuasai. Materi dalam Bahasa Inggris juga begitu banyak, setiap detail kehidupan sehari Hari dan setiap benda di lingkungan sekitar menjadi pembahasan, salah satunya yaitu materi direction.

Semua guru Bahasa inggris menganggap bahwa materi direction sangatlah sederhana. Namun, materi yang dianggap cukup mudah ini ternyata justru membuat bingung banyak siswa. Kenapa tidak, pada materi ini Kita sebagai subject harus mengetahui "arah" terlebih dahulu yang terkadang masih membingungkan para pembelajar awal.

Selain itu kelemahan dalam mempelajari direction adalah ketika Kita dihadapkan pada text cerita. Dalam cerita, biasanya menyertakan arah, petunjuk, posisi dan lainnya yang membuat pembaca dituntut berimajinasi mengikuti alur cerita. Mungkin itu yang membuat guru agak kesulitan dalam mentransfer ilmu karena memang setiap guru pasti mempunyai kendalanya masing-masing dalam mengajarkan materi direction, entah itu dalam penerapan metode maupun tehnik.

Kemampuan Sisiwa Berbeda

Memang pada dasarnya, mengajar apapun juga butuh ilmu penguasaan kelas untuk mengetahui kebutuhan siswa yang Kita ajar Karena kemampuan siswa berbeda-beda. Kemampuan siswa biasanya dipengaruhi dari faktor geografi, lingkungan, dan latar belakang sekolahnya. Faktor lingkungan seperti keluarga dan teman bermain, serta faktor geografis seperti tempat yang cukup terisolasi sehingga jangkauan fasilitas pendidikan yang kurang bisa memadai dengan baik. Oleh Karena itu dibutuhkan metode atau cara yang tepat untuk memahami setiap materi.

Hampir semua guru bahasa inggris tidak mengerti bahwa ada cara tepat agar siswa memahami materi tersebut. Pada awal mengajar direction Saya juga mengalami kesulitan Karena ternyata rata rata mereka sulit memposisikan diri sebagai subject dalam sebuah gambar.

Contoh saja, Saya berikan gambar berikut ini. Arah jalan menuju pasar dari rumah siswa.



Murid masih sering kebingungan untuk menganalisa sebelah kanan dan Kiri objek. Mereka menganggap bahwa posisi mereka saat duduk sekarang ini dapat mewakili posisi mereka dalam gambar, sehingga anak sering Salah persepsi.

Tahap Membuat Anak Memahami Materi Direction

1. Memberikan kosakata yang sering muncul dalam materi.

Turnright : Belok kanan
Turnleft : Belok Kiri
Go straight/ Go a head : Lurus terus
Between : diantara (2 benda)
Among : diantara (banyak benda)
Beside : di samping
Behind : di belakang
Next to : disamping
Crossof : di depan

2. Memberikan materi berupa gambar sambil diterapkan kosakata diatas.

3. Roleplay model
Bermain peran dilakukan agar anak lebih cepat faham karena aktifitasnya menerapkan learningbydoing.
Mengapa penting? Karena anak akan lebih faham arah dan petunjuk jika dipraktekkan secara langsung, dan pastinya anak akan lebih tertarik untuk belajar.

Roleplay cukup kita fasilitasi lakban hitam sebagai jalan dan kursi sebagai bangunan sekitar jalan. Kita buatkan tulisan besar sebagai fasilitas umum seperti hospital, postoffice, station, dan lainnya. Biarkan anak berimajinasi dengan bermain peran mengikuti teks yang guru berikan, lalu perintahkan mereka mempraktekannya bersama teman-temannya.

4. Memberikan kritik dan saran di akhir pelajaran
Usahakan kita sebagai guru jangan memberikan kritik pada saat roleplay berjalan karena akan mengganggu konsentrasi dan mood siswa. Sebaliknya kita memberikan arahan bagi yang kurang faham jika siswa membutuhkan bantuan. Kritik dan saran dilakukan pada akhir kegiatan bertujuan mengevaluasi siswa agar mereka tahu kesalahan dan kelak mampu memperbaikinya. Saya yakin, mereka akan lebih bisa menerima dan mengingat kesalahannya jika kita berikan kritik dan saran di akhir kegiatan.

5. Mengulang kegiatan yang sama pada pertemuan berikutnya
Salah satu manfaat pengulangan adalah menciptakan kebiasaan dan kebiasaan akan menciptakan kemampuan. Pengulangan kegiatan akan berjalan lebih mudah, tujuannya agar ilmu yang sudah kita berikan tidak lupa begitu saja. Serta kritik saran yang sudah kita sampaikan kemarin bisa jadi bahan kemajuan saat praktekberikutnya. Coba saja kita terapkan, kita akan lihat hasil yang luar biasa pada anak. Karena pada dasarnya, mempelajari bahasa itu hanya butuh praktek, evaluasi, dan pengulangan. Jika itu sering diterapkan maka akan menjadi mungkin siswa mencintai bahasa asing tanpa tekanan, tanpa kesulitan.

Bagaimana jika kita menemukan materi direction berupa Text?

Cara yang tepat ketika kita menemukan materi berupa text yaitu dengan bermain game. Biasanya saya menggunakan game "wheream I now?". Game yang saya ciptakan sendiri dan sudah berhasil beberapa kali saya terapkan. Mengapa menggunakan game? Karena, sedikit apapuntext bahasa inggris anak akan merasa bosan untuk mempelajari tetapi selama apapun permainan anak akan tertarik untuk mengikuti.

Cara bermainnya seperti roleplay mode yang sudah saya jelaskan diatas, hanya saja guru membacakan text dan si anak berjalan mengikuti petunjuk sesuai dengan text yang dibacakan. Jika text sudah usai dibacakan dan anak sudah selesai melakukan game, kita tanyakan kepada mereka "wheream I now??" Jika posisi badan benar maka jawaban akan benar, sebaliknya jika posisi badan anak salah makan jawaban akan salah dan cukup lucu. Sangat mudah dan saya yakin anak akan lebih menikmati kegiatan sampai akhir.

Belum ada Komentar untuk "Cara Tepat Mengajar Materi Direction"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel