9 Cara Mengatasi Layar Monitor Laptop yang Berkedip

Masalah pada LCD laptop yang berkedip sebenarnya bayak dialami oleh bayak pengguna laptop. Ada laptop yang monitornya berkedip cepat, berkedip lambat atau kadang layar pada monitor blank atau juga hitam akan tetapi motherboard atau mesin masih hidup.

mengatasi layar monitor yang berkedip


Masalah tersebut sebenarnya lumrah terjadi mengingat laptop termasuk elektronik yang ringkih. Hal ini bisa terjadi pada laptop model terbaru atau model lama tapi yang sering terjadi adalah laptop lama karena faktor usia.

Selain faktor usia beberapa kasus ditemui adalah faktor penggunanya sendiri, karena tidak begitu daham dengan laptop jadi kadang bayak kesalahan yang dilakukan pada laptop mereka sehingga terjadi masalah pada layar monitor yang berkedip terus menerus.

Jika kamu termasuk orang yang memiliki masalah dengan layar monitor laptop berikut ini faktor umum yang perlu kamu ketahui:

  1. Faktor usia laptop
  2. Terjatuh atau terbentur
  3. Konslet pada fleksibel lcd atau keyboard
  4. Tegangan tidak stabil
  5. Konslet di usb
  6. Chipset VGA rusak
  7.  Driver terlalu jadul

Sebelum membawa laptop ke tempat servis kamu bisa mencoba beberapa cara agar monitor yang berkedip bisa normal kembali.


1. Atur Brightness ( Kecerahan Layar )

Jika layar laptop yang kamu miliki berkedip tapi masih bisa melihat dan menjalankan laptop coba atur terlebih dahulu kecerahan laptop. Coba cek mulai dari yang paling redup sampai yang paling terang.

Jika layar monitor berhenti berkedip ketika laptop terang bisa jadi LCD laptop sudah lemah. LCD membutuhkan lebih bayak asupan daya agar tetap bisa stabil sehingga jika layar redup akan kembali berkedip.

Namun LCD jangan buru buru diganti terlebih dahulu coba cara berikutnya.

2. Atur Resolusi Laptop

Jika laptop perah di install ulang, resolusi laptop juga bisa jadi masalah. Karena kebanyakan orang indonesia menggunakan dari windows yang sudah di modifikasi atau windows bajakan.

Coba ganti resolusi monitor satu persatu dengan cara klik kanan pada desktop laptopGraphic PropertiesKemudian coba resolusi satu persatu.

3. Update Driver Ke Versi Terbaru

Driver laptop yang sudah usang juga mempengaruhi kinerja laptop, Update driver Graphic laptop ke versi terbaru ke versi terbaru.

4. Install Ulang Windows

Ini yang sangat penting, menurut pengalaman saya layar monitor yang berkedip sangat cepat ketika redup bukan hanya karena LCD lemah tetapi laptop terlalu berat menjalankan program.

Laptop berat menjalankan program bisa jadi karena kebanyakan aplikasi yang terinstall, system ada yang rusak, terinfeksi virus dan lain sebagainya.

Nah jika memang laptop kamu terasa berat dan sudah lama tidak di install ulang, coba install ulang windows yang seusai bawaan laptop.

5. Cek Fleksibel LCD

Mengecek kabel LCD diperlukan kalau memang laptop berkedip karena terjatuh atau terbentur.  Biasanya fleksibel LCD akan sedikit tidak pas jika laptop pernah terbentur agak keras.

Letak fleksibel monitor laptop teat berada di belakang monitor. Kita harus membuka casing monitor untuk mengeceknya. Lakukan secara hati hati karena fleksibel ini sangat sensitif.

Kabel fleksibel yang sudah rusak juga bisa menyebabkan hal ini terjadi, untuk mengeceknya bisa dengan mengganti fleksibel atau mengecek monitor dengan laptop normal.

6. Cek Konektor LCD

Selain fleksibel monitor laptop, yang perlu kamu cek selanjutnya adalah korektor monitor, pastikan kolektor yang membawa arus listrik ke monitor terpasang dengan baik.

kabel konektor LCD

Letak konektor LCD biasanya terdapat ada casing motherboard, jadi kita harus membuka casing Motherboard untuk mengecek konektornya.

7. Copot Keyboard

Keyboard juga mempengaruhi kinerja semua komponen laptop, jika keyboard pernah terkena percikan air bisa jadi air terbut membuat keyboard konslet. Ketika keyboard konslet maka berbapa komponen laptop akan terganggu kinerjanya termasuk LCD. Maka dari itu coba matikan laptop dan copot keyboard kemudian hidupkan laptop.

8. Pakai Adaptor (Charger) Asli

Saya pernah menemukan kasus layar monitor berkedip terus menerus karena laptop tersebut sering menggunakan adaptor dari laptop lain yang ampere dan voltasenya berbeda.

Setelah saya ganti menggunakan adaptor atau charger laptop asli bawaannya ternyata masalah layar monitor yang berkedip bisa langsung teratasi.

9. Ganti LCD

Jika semua trik sudah dilakukan dan ternyata belum bisa teratasi langkah terakhir adalah mengganti monitor laptop. Pengecekannya cukup mudah yaitu cari kabel VGA, lalu ambungkan kabel dari laptop ke monitor TV LED atau komputer, jika berjalan normal berarti LCD kamu yang harus diganti.

Kabel VGA laptop


Melakukan pengecekan di atas adalah hal dasar sebelum dibawa ke tempat reparasi laptop. Jika tidak pernah membuka laptop dan tidak berani mengambil resiko lebih baik datang ke tempat servis laptop terpercaya saja agar masalah bisa cepat teratasi.


Belum ada Komentar untuk "9 Cara Mengatasi Layar Monitor Laptop yang Berkedip "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel