7 Cara Mudah Mengatasi Tidak bisa Screenshot

Tangkap layar atau screenshot adalah fitur android yang sangat membantu penggunanya ketika ingin menyimpan gambar seperti bukti pengiriman, bukti transaksi, bukti transfer dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Tidak bisa Screenshot

Smartphone saat ini mampu menangkap gambar dengan hasil yang sangat bagus dan ber resolusi tinggi. Maka dari itu beberapa orang menggunakan fitur screenshot ini untuk mengambil foto atau produk dari website, Instagram, Printerest, Facebook dan dari gambar internet lain untuk di simpan, diedit atau manfaatkan kembali gambarnya.

Mengambil gambar menggunakan fitur screenshot memang sangat mudah, akan tetapi kadang ada masalah ketika kita ingin menggunakan fitur tersebut. Seperti muncul pesan:

"Couldn't capture screenshot. Storage may be in use"
Atau
"Tidak dapat mengambil tangkap layar. Penyimpanan mungkin sedang di gunakan"

Nah jika muncul error seperti pesan di atas kamu tidak usah khawatir karena hal ini lumrah terjadi pada smartphone android. Di artikel ini admin akan membantu mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Lakukan 7 cara dibawah ini:

1. Hapus Foto atau Video

Pindah atau hapus file seperti foto dan video yang ada di handphone kamu. Smartphone tidak bisa di screenshot kemungkinan karena memori penyimpanan terlalu penuh jadi tidak ada ruang untuk menyimpan hasil screenshot.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Uninstall aplikasi yang tidak digunakan lagi karena kebanyakan aplikasi pada ponsel akan memperberat kinerja smartphone yang akan menimbulkan salah satu error tidak bisa screenshot.

3. Hapus Chache

Terlalu bayak cache yang tersimpan juga akan mempengaruhi performa smartphone kamu, termasuk tidak bisa mengambil mengambil gambar melalui layar.

Untuk menghapus cache bisa menggunakan aplikasi penghapus cache atau masuk ke menu Setelan → Penyimpanan → Pembersih, Tunggu proses sampai selesai kemudian bersihkan.

4. Hapus History Browsing

History atau riwayat browsing jika tidak pernah dibersihkan juga akan memakan memory yang cukup besar. Untuk membersihkan riwayat atau history browsing cukup mudah dengan cara buka browser yang biasa kamu gunakan untuk browsing seperti Google Chrome atau UC browser kemudian masuk ke MenuPilih History → Hapus data Browsing.

5. Restart Hp

Setelah melakukan langkah di atas coba restart Smartphone kamu kemudian coba untuk screenshot atau menangkap gambar dari layar. Kalau masih belum bisa screenshot silahkan ke langkah berikutnya yaitu "upgrade room ke versi terbaru".

7. Upgrade Room Smartphone

Setiap produsen smartphone biasanya terus mengupdate room ke versi terbaru, tujuannya untuk memperbaiki error, bug atau kekurangan pada software mereka. Jadi untuk mengatasi masalah tidak bisa screenshot lakukan pembaruan room ke versi terbaru.

Masuk ke SetelanPembaruan sistem 

6. Menggunakan Aplikasi dari App Store

Jika masih belum bisa juga, kamu bisa menggunakan aplikasi dari pengembang yang bisa di download dari app store atau google play. Cari kata kunci "screenshot" pada halaman app store kemudian install salah satu.

Trik diatas sudah saya praktekkan sendiri dan berhasil 100%. Jika kamu sudah melakukan cara diatas dan belum berhasil juga silahkan tinggalkan komentar dibawah ini agar admin bisa membantu mencarikan solusinya.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Mudah Mengatasi Tidak bisa Screenshot"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel