5 Kebiasaan Pemicu Penyakit Stroke yang Harus Dihindari

Penyakit Stroke bisa menyerang siapa saja baik tua maupun muda, bahkan usia remaja dan anak-anak juga bisa penyakit yang susah di sembuhkan ini.

kebiasaan yang menimbulkan stroke

Beberapa orang yang terserang penyakit mematikan ini karena gen atau keturunan dari orang tua yang dulunya mempunyai penyakit stroke, namun kasus terbanyak penyakit stroke ternyata karena kebiasaan hidup tidak sehat yang dilakukan terus menerus oleh penderitanya.

Stroke memang bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa ada penyakit lain terlebih dahulu namun ada beberapa penyakit yang bisa menimbulkan stroke.

5 Penyakit yang Bisa Menyebabkan Stroke

Berikut penyakit yang memiliki resiko tinggi terkena serangan stroke yang harus segera di atasi.

1. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi biasa juga disebut hipertensi. Penderita darah tinggi memiliki resiko terkena serangan stroke lebih tinggi karena penyakit ini berhubungan erat dengan tekanan darah. Stroke terjadi bisa karena tekanan darah yang terlalu tinggi dan ada sumbatan pada pembuluh darah otak sehingga pembuluh darah pecah karena tidak kuat menahan tekanan darah yang tinggi. Kodisi inilah yang menyebabkan penyakit stroke.

2. Obesitas

Obesitas secara tidak langsung juga memicu terjadinya penyakit stroke. Orang yang memiliki kelebihan berat badan dapat mengikatkan kadar kolesterol total dan mengikatkan tekanan darah. Orang yang obesitas gampang sekali terkena penyakit hipertensi yang menyebabkan terjadinya penyakit stroke.

Resiko terjadinya diabetes dan ambien juga karena obesitas ini jadi obesitas termasuk masalah kesehatan yang serius karena bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

3. Diabetes

Orang yang mempunyai penyakit gula atau diabetes juga mempunyai resiko penyakit stroke karena tubuh penderita diabetes tidak bisa produksi "Insulin" dengan baik.

Sedangkan insulin adalah hormon yang sangat diperlukan tubuh untuk mengubah gula menjadi energi. Jika tubuh tidak bisa memproduksi insulin dengan baik maka gula yang diproduksi tubuh akan menumpuk pada pembuluh darah termasuk darah yang mengalir pad otak. Jika hal ini dibiarkan lama kelamaan darah yang mengalir menjadi tersumbat yang mengakibatkan penyakit stroke.

4. Penyakit Jantung

Penyakit jantung berbeda dengan penyakit Stroke, akan tetapi jantung merupakan salah satu penyakit yang bisa memicu timbulnya penyakit stroke karena jantung merupakan alat utama pompa sirkulasi darah. Jadi jika jantung bermasalah tentunya asupan sel darah yang menuju ke otak juga terganggu dan hal ini yang bisa mengakibatkan stroke

5. Kolesterol Tinggi

Kolesterol yang berlebih juga bisa menyebabkan stroke. Kolesterol ini sangat dekat kaitannya degan sirkulasi darah.

Kolesterol tinggi akan mempersempit pembuluh darah sehingga dapat mengganggu asupan darah, oksigen dan nutrisi yang menuju otak. Hal ini yang akan menimbulkan penyakit stroke.

Penyakit yang menyerang manusia timbul bukan secara kebetulan atau lotre. Penyakit timbul karena adanya sebab. Nah inilah 5 gaya hidup seseorang yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit stoke.

5 Kebiasaan yang Pemicu Penyakit Stroke

Baik penyakit stroke maupun pemicu stroke timbul rata-rata karena faktor gaya hidup. Jika kamu masih membiasakan gaya hidup tidak sehat maka segera perbaiki sekarang juga.

1. Makanan Tidak Sehat

Mengkonsumsi makanan tidak sehat terus menerus akan menimbulkan masalah pada tubuh, karena makanan adalah termasuk salah satu sumber dari penyakit.

2. Tidak Pernah Olah Raga

Oleh raga merupakan aktivitas penting untuk kehidupan manusia, dengan berolahraga tubuh akan membakar lemak dan menggunakan kalori yang di konsumsi oleh tubuh.

2. Kurang Gerak

Tidak pernah olah raga dan jarang melakukan aktivitas fisik akan menerima resiko lebih tinggi terkena penyakit stroke karena makanan yang masuk tidak berguna sehingga zat-zat yang harusnya diperlukan tubuh untuk beraktivitas akan menumpuk dan menjadi penyakit.

3. Merokok


4. Sering Minum Alkohol


5. Stress


Penelitian mengatakan sumber dari berbagai macam penyakit adalah dari otak atau fikiran. Orang yang memiliki tingkat stress lebih tinggi akan memiliki resiko penyakit lebih bayak termasuk stroke.

Belum ada Komentar untuk "5 Kebiasaan Pemicu Penyakit Stroke yang Harus Dihindari"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel