21 Cara agar Bisa Cepat Tidur Malam, Cocok Untuk Penderita Insomnia

Insomnia atau sulit tidur di waktu malam hari adalah salah satu gangguan yang bayak dialami oleh masyarakat Indonesia. Memang insomnia tidak berbahaya bagi penderitanya namun penyakit ini sangat mengganggu dalam beraktivitas sehari-hari. Badan terasa lelah tidak fokus dan sering mengantuk di saat melakukan aktivitas pada siang hari.

mengatasi insomnia

Jika Insomnia terus berlanjut maka akan sangat mengganggu kesehatan jiwa dan raga dan badan sangat mudah terserang berbagai macam penyakit karena memang sistem imun tubuh melemah ketika seseorang tidak beristirahat yang cukup.

Untuk mengatasi penyakit sulit tidur atau insomnia sebenarnya kita tidak usah melakukan tindakan medis seperti mengkonsumsi obat atau operasi namun bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

21 Cara Mengatasi Insomnia

Berikut ini cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi gangguan tidur atau insomnia

1. Niat Atau Sugesti Diri Sendiri

Untuk "mengobati" Insomnia pertama yang wajib dilakukan adalah niat bersungguh-sungguh ingin tidur lebih awal, bayak penderita insomnia yang tidak bisa sembuh karena mereka tidak ingin sembuh. Maka yang harus dilakukan adalah mensugesti diri sendiri dengan cara berbicara serta membuat komitmen harus bisa tidur lebih awal.

2. Mandi dengan Air Hangat

Sebelum tidur bersihkan badan kita menggunakan air hangat. Dengan mani menggunakan air hangat badan terasa ringan serta lebih relax sehingga membuat keadaan lebih nyaman.

Setelah mandi juga jangan lupa untuk menggosok gigi agar mulut sehat dan tidak bau.

3. Memakai Pakaian yang Longgar dan Bersih

Mengenakan pakaian longgar saat tidur akan memudahkan kita dalam bergerak dan tidak mengganggu pernafasan. Jadi gunakanlah pakaian yang longgar dan bersih.

4. Membersihkan Kamar Tidur dari Serangga dan Nyamuk

Hal kecil ini yang sering dilupakan oleh pada jomblo yaitu jarang membersihkan kamar tidur , tempat tidur yang kurang bersih juga akan mengganggu ketika akan tidur. Selain itu tujuan membersihkan kamar tidur agar tidak ada serangga atau hewan kecil yang akan membuat khawatir kita.

Nyamuk juga salah satu pengganggu utama orang tidur jadi usahakan basmi nyamuk lebih dulu.

5. Pakai Aroma Wewangian

Mencium aroma wangi yang kita suka akan membuat otak menjadi lebih releks, maka gunakan waewngian di kamar tidur agar otak tidak tegang.

6. Pipis sebelum kebelet

Keluarkan urin sebelum kamu mulai tidur, karena rasa kebelet pipis juga biasa mengganggu saat akan tidur.

7. Makan 4 Jam Sebelum Jam Tidur

Agar kita tidak terbangun kelaparan sebaiknya kita makan dulu sebelum tidur. Makanlah 4 jam sebelum tidur agar tidak menimbulkan penyakit.

Kebanyakan penderita insomnia selalu nyemil bahkan makan makanan berkarbohidrat tinggi pada malam hari. Ini salah satu penyebab insomnia.

8. Hindari Tidur Siang dan Selesaikan Pekerjaan Maksimal Jam 16.00

Orang yang mempunyai penyakit insomnia bisanya merasa lebih nyaman jika tidur pada siang hari, maka dari itu paksa tubuh agar tidak tidur sebelum waktunya.

Tidak Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu yaitu sebelum jam 16.00 juga berpengaruh pada kondisi tidur. Otak akan terbebani sehingga otak terus bekerja dan menyebabkan tidak bisa tidur. Biasakan memulai pekerjaan lebih awal dari pada menyelesaikan pekerjaan lebih akhir.

9. Jangan Tidur Sore

Jika berhasil tidak tidur siang maka jangan tidur sore, yaitu mulai 15.00. Dalam agama Islam juga sangat dilarang tidur pada sore hari karena akan membuat otak menjadi bingung dan menimbulkan kegilaan. Usahakan mulai tidur mulai jam 20.00 dan maksimal 22.000.

10. Matikan TV dan Gadget

Ini yang harus dilakukan. Sekarang ini orang tidak pernah bisa lepas dari gadget, jika kamu ingin benar-benar terlepas dari insomnia harus bisa leas dari gadget saat sebelum waktu tidur. Selain gadget juga matikan TV.

11. Matikan Lampu

Membiarkan kamar dalam keadaan gelap ketika menjelang tidur sangat membantu untuk mengantarkan tidur, jika ingin menghidupkan lampu pakai saja lampu kecil yang tidak mengganggu mata.

12. Jangan Memaki lampu Biru

Menurut penelitian di Jepang lampu biru membatu orang agar tidak tertidur, makanya di setiap stasiun kereta dipasang lampu biru agar orang tidak tertidur di stasiun keta.

Jadi jangan pasang lampu biru di tempat tidur walaupun kecil karena akan mengganggu tidur kita.

13. Hindari Ruangan yang Berisik

Jangan tidur di tempat yang terlalu banyak orang atau tempat yang terlalu berisik, mungkin kalau orang yang tidak mempunyai gangguan tidur, mereka bisa terlelap dimanapun merek berada bahkan di kursi pun bisa tidur namun untuk penderita insomnia usahakan cari tempat yang hening atau tidak terlalu rame.

14. Mengedarkan Musik

Mendengarkan musik dengan pelan dan irama halus juga bisa menjadi pengantar tidur, jangan menggunakan headphone jika mendengarkan musik pengantar tidur, pakai smartphone atau radio saja agar alat tidak mengganggu.

15. Mendengarkan Ceramah

Ingat saat sekolah dulu jika diterangkan oleh guru mata terasa ngantuk sekali, nah ternyata trik ini bayak digunakan orang yang susah tidur yaitu mendengarkan ceramah rohani, motivasi atau ilmu pengetahuan. Says sendiri sering mendengarkan pengajian sebelum tidur dan terbukti mata bisa cepat mengantuk jika mendengarkan pengajian.

16. Bercinta Sebelum Tidur (Khusus yang Sudah Menikah)

Bercinta sebelum tidur sangat mujarab untuk mengundang rasa kantuk karena setelah pria mengeluarkan sperma semua otot dan syaraf otak terasa lebih relks dan ini sangat wajar jika pria cepat tidur setalah bercinta.

17. Jangan Konsumsi Minuman Bercafein

Mengkonsumsi minuman bercafein seperti kopi akan memberikan suplemen otak jadi jika mengkonsumsi kopi orang akan sulit tidur karena otak belum bisa istirahat.

18. Biasakan Bangun di Pagi Hari

Jika tidak tidur lebih awal maka akan sulit sekali untuk bangun pagi, kalaupun bisa bangun pagi badan terasa lemas dan tidak segar.

Bangun pagi bayak sekali manfaatnya, selain sehat kita juga bisa menyelesaikan pekerjaan lebih awal sehingga otak tidak terbebani dengan kerajaan yang belum selesai. Seperti yang saya katakan tadi bahwa otak yang terbabani sangat berpengaruh dengan sulit tidur.

Baca Cara Agar Bisa Bangun Pagi (100% Berhasil)

19. Terapi Relaksasi

Kita bisa datang ke tempat terapi, ada beberapa jasa yang menawarkan terapi untuk membuat otak lebih releks sehingga tidak ada kesulitan untuk tidur.

20. Jadikan Kebiasaan

Melakukan apa pun jika tidak dijadikan kebiasaan maka akan sia-sia, jika sudah berhasil bisa tidur lebih awal maka lakukan hal yang sama terus menerus sehingga akan menjadi kebiasaan. Dengan kebiasaan kita bisa merubah hidup tanpa tertekan.

21. Berdoa dan Pahami Makna Doa

Berdoa sebelum tidur juga cara yang bagus, Selain bisa terhindar dari gangguan mahluk halus berdoa juga cara untuk melepaskan beban sebelum tidur. Kalau kamu muslim pakai doa berikut ini:

باسمِكَ اللَّهُمَ أَحْيا وأمُوتُ

Aritnya: Dengan nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati

Serahkan semua urusan dunia kepada Allah karena kita manusia tidak akan bisa dan tidak akan sanggup mengurus urusan dunia tanpa Allah. Ikhlas kan semua yang kita punya termasuk nyawa kita karena memang tidur adalah fase mendekati mati. Dengan begitu kita akan lebih tenang. Bagi kaum muslimin jangan melewatkan solat Isya' sebelum tidur karena kita tidak tahu besok akan bisa bangun apa tidak.

Jangan sekali kali menggunakan obat-obatan, baik dari dokter maupun dari apotek karena efeknya sangat tidak bagus. Selain kecanduan obat obatan yang dikonsumsi secara terus-menerus akan merusak ginjal dan penyakit akan mudah tumbuh di badan kita.

Belum ada Komentar untuk "21 Cara agar Bisa Cepat Tidur Malam, Cocok Untuk Penderita Insomnia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel