3 Kesulitan dan Tantangan Menjadi Blogger

Melihat orang-orang yang sukses di dunia blogging membuat hasrat ingin menirunya karena dulu saya beranggapan bahwa menjadi blogger itu mudah cukup membuat blog atau web kemudian menulis. Baca 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Blog

Sebelum membuat blog ini sebenarnya saya sudah mempunyai beberapa website toko online yang menggunakan self hosting makanya saya anggap menjadi seorang blogger itu mudah karena pada dasarnya teknis antara toko online dan blog sama saja jadi untuk memulai menjadi blogger tidak usah belajar dari nol.

Akhirnya saya memutuskan membeli domain ini dan mulai menulis artikel namun pada kenyataannya saya menemukan kesulitan di tengah perjalanan yang tidak terfikirkan sebelumnya.

kesulitan menjadi blogger

Berikut ini kesulitan yang saya temui ketika mengelola blog:

1. Menulis dengan bagus

Seperti yang saya katakan di atas, sebelum membuat blog ini saya sudah mempunyai toko online yang secara teknis tidak ada perbedaan dalam mengelolanya, yang membedakan hanya pada konten.

Ketika menulis blog, kita dituntut untuk membuat tulisan yang jelas mudah dipahami serta menyenangkan agar pembaca betah berlama lama di blog. Kadang juga harus menyertakan sumber agar argumen yang kita buat semakin kuat.

Nah, ini yang saya belum bisa, karena pada dasarnya saya memang bukan orang yang suka membaca dan menulis jadi butuh kerja keras untuk membuat konten blog yang berkualitas. Sampai sekarangpun saya merasa tulisan masih kaku bahkan masih banyak yang ambigu sehingga tulisan tidak begitu enak dibaca.

2. Mendapatkan Gambar yang Sesuai

Tidak hanya menulis, seorang  blogger juga dituntut untuk mendapatkan gambar original agar tidak terkena copyright yang menyebabkan program adsense dihapus oleh Google.

Banyak sekali situs penyedia gambar gratis seperti Pixabay, namun ada kalanya kita membahas topik lain yang gambarnya tidak bisa ditemukan di pixabay.  Jadi mau tidak mau harus mengambil gambar sendiri melalui kamera atau smartphone.

Ternyata mengambil gambar original tidak mudah, banyak sekali kendala mulai dari kualitas gambar,  posisi pengambilan gambar dan lain sebagainya. Kadang sudah selesai memfoto ternyata hasil masih kurang bagus atau ada gambar yang kurang jadi melakukan pemotretan ulang. Hal ini sangat melelahkan.

3. Tidak Bisa Konsisten

Apapun pekerjaannya kalau ingin berhasil harus konsisten dan ini berlaku jika ingin sukses di dunia bloging.

Ada banyak sekali hal yang menyebabkan seorang blogger tidak bisa menulis artikel secara konsisten, Seperti:

Penyakit malas menyerang. Setiap orang mempunyai rasa malas dan jika ras malas ini tidak dihilangkan maka tidak akan bisa konsisten

Merasa tidak punya ide. Padahal bayak sekali bahasan yang bisa ditulis namun merasa tidak cocok sehingga akan menunda penulisan dan akhirnya tidak menulis sama sekali

Tidak punya pengetahuan. Kalaupun sudah punya ide dan ingin menulis tapi bingung membuat tulisan karena keterbatasan pengetahuan tentang ide yang muncul sehingga tidak jadi menulis artikel.

Terganggu karena dimintai tolong keluarga, teman, istri atau anak. Jika seorang blogger belum menghasilkan biasanya orang lain menganggap hal yang dilakukan tidak ada gunanya sehingga mereka sering meminta tolong pada walaupun saat sedang menulis karena dianggap tidak tidak melakukan hal apapun. akhirnya semua ide hilang dan timbul rasa malas menulis.

Kesimpulan

Jangan menggampangkan suatu pekerjaan jika belum benar-benar terjun didalamnya, karena apa yang kita lihat adalah sebagian kecilnya saja. Jangan berhenti belajar dan terus konsisten.

Saya ingat salah satu mastah bilang bahwa faktor kesuksesan terbesar seorang blogger bukanlah skill namun keuletan yang bisa mengalahkan rasa malah dan bisa tatap konsisten menulis.

Belum ada Komentar untuk "3 Kesulitan dan Tantangan Menjadi Blogger "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel