Apa itu VPN? Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan VPN Gratis

Aplikasi VPN menjadi salah satu aplikasi yang sempat viral di jagat dunia maya negara +62 pasca pemblokiran yang dilakukan oleh negara terhadap sejumlah aplikasi media sosial seperti Whatsapp, Line, Facebook, telegram sehingga pengguna tidak bisa menggunakan menikmati aplikasi seperti sebelumnya seperti mengirim gambar dan video atau audio bahkan mengirim pesan teks juga susah.

Kerugian mengunakan VPN gratis

Tidak kehabisan akal, para penikmat medsos mencari solusi bagaimana cara agar bisa menggunakan aplikasi media sosial dengan normal lagi, akhirnya bayak sekali yang share caranya yaitu dengan menginstall aplikasi VPN ini menjadi aplikasi bayak di install secara bersamaan.

VPN sendiri sebenarnya sudah banyak penggunanya sebelum ada smartphone yaitu dengan menggunakan laptop. Lalu apa sih VPN itu?

VPN singkatan dari Virtual Private Network, yang berarti hubungan atau koneksi yang terjadi secara virtual pada jaringan tertentu tanpa adanya koneksi riil yang terenkripsi. Intinya jika kita memaki VPN aktivitas yang kita lakukan lebih aman dan bisa masuk ke semua situs yang dibatasi pemerintah.

Lalu bagaimana jika jika menggunakan VPN gratisan?

Berikut ini kerugian Menggunakan VPN gratisan di Android

1. Koneksi Lebih Lambat

Koneksi lambat karena tidak menggunakan VPN berkualitas. Untuk mendapatkan VPN berkecepatan tinggi harus membeli menggunakan versi premium atau berbayar.

2. Banyak Iklan

Penyedia VPN gratisan tentunya juga tidak mau rugi. Mereka memasang iklan di aplikasi agar mendapatkan income walaupun tanpa menjual VPN. Dan iklan ini cukup mengganggu pengguna karena kadang iklan yang muncul tidak bisa di "skip" harus ditunggu selesai terlebih dahulu baru bisa digunakan.

3. Malware Berbahaya

Ada beberapa penyedia aplikasi VPN gratisan yang disinyalir sengaja memasukkan malware berbahaya yang bisa mengancam keamanan data pengguna. Jadi jika memang ingin menggunakan aplikasi VPN pilihlah aplikasi yang ratingnya tinggi di apps store.

4. Terjadinya Kebocoran Data

Ini yang mungkin akan terjadi pada pengguna VPN, baik gratis maupun berbayar karena VPN melalui pihak ke tiga yang bisa mengambil data kebiasaan pengguna smartphone seperti sering belanja apa saja, situs apa yang sering dikunjungi dan data lain. Setelah data pengguna smartphone terkumpul penyedia bisa  menjual ke pengusaha toko online besar.

Sebenarnya ini tidak terjadi pada VPN saja, di aplikasi Facebook, Whatsapp, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Gojek dan Grab pasti dipasang script pixel untuk mengumpulkan data penggunanya.

Note: menggunakan aplikasi VPN premium berselancar di internet lebih aman dari serangan malware dan hacker. 

Keuntungan Menggunakan VPN Gratisan

Tentu yang namanya gratis tidak perlu membayar dan di sinilah keuntungannya. Pengguna bisa mengakses situs atau media sosial yang diblokir menggunakan aplikasi VPN tanpa mengeluarkan biaya.

Kesimpulan

Hati-hati menggunakan VPN gratisan karena resiko lebih banyak. Jika berhubungan dengan uang seperti membuka internet banking, transfer dan lain sebagainya sebaiknya jangan mengunakan VPN gratisan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Namun jika untuk keperluan lain seperti membuka situs atau media sosial yang diblokir pemerintah tidak ada malah walaupun menggunakan gratisan.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu VPN? Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan VPN Gratis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel