Bagaimana Cara Mudah Mengatasi Hasil Jahitan Kendor Bawah dan Atas?

Kita bisa menilai pakaian mahal dan branded tidak hanya dari kualitas kain dan modelnya saja, tapi dari kualitas produksi atau jahitan. Bisa kamu amati, pakaian mahal dan branded biasanya memiliki jahitan yang lebih bagus dan rapi dari pada pada pakaian biasa.

Jika saat ini kamu habis melihat jahitan pakaian yang ada di badanmu berarti otakmu memiliki respon yang sangat cepat. :D

Sebetulnya tidak semuanya pakaian murah memiliki kualitas produksi yang jelek karena dari pengalaman saya ada beberapa baju harga standar yang dulu saya beli dari toko online langganan istri. Baju harga standar tapi memiliki kualitas jahitan yang sangat bagus, jahitan sangat rapi dan tidak tidak ada yang kendor tentunya.

Saya bukan penjahit namun memiliki beberapa karyawan dan mesin jahit, jadi kalau soal hasil jahitan dan masalah kecil pada mesin jahit saya sedikit tahu. Ilmu ini saya dapatkan dari tukang servis jahit panggilan yang sering saya kepoin saat menangani masalah pada mesin jahit.

Salah satu ilmu yang saya dapatkan yaitu mengatasi hasil jahitan yang kendor. Dan saya akan membagikan untuk pembaca blog saya ini secara gratis dan bis langsung dipraktekkan.

Ada dua benang pada mesin jahit yaitu benang atas dan benang bawah. Keduanya sering mengalami masalah yaitu masalah kendor, sering putus, mengkerut macet dan lain sebagainya. Namun kali ini saya akan memberikan tips mengatasi hasil jahitan kendor benang atas dan benang bawah.

Mengatasi Jahitan Kendur Atas

Berikut ini cara mengatasi jahitan atas yang kendor:
  1. Periksa jalur benang, apakah sudah benar? Periksa mulai dari penempatan benang serta lubang-lubang yang dilalui benang.
  2. Kurangi sedikit tensi atas.
  3. Periksa benang gulungan pada spul, kalau terhambat gantilah sepul baru yang lebih rapi.
  4. Pastikan spul berputar berlawanan jarum jam.
  5. Ini bagian paling penting yaitu mengencangkan tensi benang sekoci dengan cara memutar baut sekoci ke arah jarum jam. Lakukan sedikit demi sedikit agar tidak berlebihan.

Tips: Untuk mengeceknya coba lakukan dengan cara memegang ujung benang dan menjatuhkan sekoci. Tensi sekoci yang bagus akan turun mulus secara perlahan. Tensi yang kurang bagus biasanya macet, atau turun terlalu cepat.

Mengatasi Jahitan Kendor Bawah

Untuk jahitan kendor bawah bisanya kesalahan terletak pada setelan benang atas.
  1. Sama. Periksa jalur benang, apakah sudah benar? Periksa mulai dari penempatan benang serta lubang-lubang yang dilalui benang.
  2. Kencangkan sedikit demi sedikit tensi benang atas.
  3. Kendorkan sedikit tensi benang sekoci dengan cara memutar baut tensi berlawanan arah dengan jarum jam.

Intinya jika benang jahit kendurnya di jahitan atas yang harus di kencangkan bagian bawah (sekoci) dan sebaliknya jika hasil jahitan kendur bawah yang harus di kencangkan benang bagian atas (tensi).

Faktor lain yang harus diperiksa

Faktor lain yang menyebabkan jahitan kendor yang bisa kamu periksa kalau cara di atas tidak berhasil.

  1. Jarum tidak sesuai ukuran.
  2. Jarum bengkok atau tumpul.
  3. Kualitas jarum tidak bagus.
  4. Penempatan jalur benang tidak benar, jadi periksa dengan teliti mulai dari gulungan benang, lubang yang dilalui dan jalur tensi benang. Hal ini juga kerap menimbulkan masalah pada benang jahit.
  5. Bersihkan juga bagian sekoci, rumah sekoci serta gigi mesin jahit agar tidak ada sisa benang yang menempel sehingga mengganggu kinerja.
  6. Periksa gigi mesin apakah sudah tumpul dengan cara membuka plat penutup.
  7. Atur interval (cak) jahitan dibagian badan mesin jahit putar ke ke nomer besar atau kecil.
  8. Atur tegangan sepatu yang terdapat pada ujung kepala jahit bagian atas, putar dan sesuaikan dengan kain yang dijahit.

Cara Mudah Mengatasi Hasil Jahitan Kendor Bawah dan Atas?

Jika masih tidak bisa mengatasi coba minta bantuan penjahit senior atau memanggil teknisi jahit.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Mudah Mengatasi Hasil Jahitan Kendor Bawah dan Atas?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel