Tips Penting Bisnis Usaha Jilbab dan Gamis Online Produksi Sendiri

Tips Penting Bisnis Usaha Jilbab dan Gamis Online Produksi Sendiri

Bisnis jilbab dan gamis di Indonesia termasuk bisnis yang sangat menjanjikan, karena Indonesia merupakan penduduk muslim terbesar di dunia.

Jika kamu melirik dunia bisnis jilbab dan gamis maka harus mempunyai perhitungan yang matang dan gambaran jelas, karena walaupun bisnis ini sangat menjanjikan tapi bisnis ini termasuk bisnis red zone atau bisnis berdarah.

Bisa kita lihat di media sosial ataupun merketplace, banyak sekali penjual jilbab dan gamis yang memamerkan produknya dengan harga di bawah pasaran sehingga membuat persaingan harga antar pedagang tidak bisa dihindari. Hal ini sangat merugikan pedagang yang pada ahirnya yang berani tekor adalah pemenangnya. Apakah kamu berani memasuki pasar yang berdarah-darah?

Terdengar mengerikan memang, namun kabar gembiranya kita bisa membuat produk dan pemasaran yang berbeda. Contohnya, jilbab atau baju muslim khusus warna dominan hitam, khusus untuk orang yang gendut, khusus menjual bahan berkualitas an sebagainya.

Intinya buat kategori spesifik hijab kamu agar tidak masuk ke ranah perang harga, agak sulit memang namun jika berhasil produk kamu akan dicari orang tanpa perlu perang harga.

Modal Utama Bisnis

Tentunya jika ingin memulai bisnis harus mempunyai modal. Modal bisnis tidak hanya berupa uang namun bisa berupa keyakinan dan pengetahuan yang cukup agar meminimalisir kerugian.

Sebelum melangkah lebih jauh tentunya harus ada gambaran jelas tentang bisnis yang akan kamu jalani. Berikut ini hal penting yang perlu kamu ketahui saat memulai bisnis.

Disini ada dua pon penting yaitu Cara Penjualan dan Produksi yang harus kamu perhitungkan dengan matang agar modal yang kamu keluarkan tidak sia-sia.

1. Cara Penjualan

Sekarang penjualan secara online lebih bayak diminati oleh pengusaha karena selain prosesnya mudah dan bisa di jangkau seluruh wilayah modalnya juga tidak terlalu bayak karena tidak membutuhkan kios atau toko untuk display produk.

Toko atau kios tidak dibutuhkan jika kamu sebagai penjual online namun jika ada tempat atau toko fisik akan lebih bagus karena akan mendongkrak kepercayaan pelanggan.

Target Pasar

Masih berkaitan dengan penjualan, target pasar sangat penting. Seperti yang saya tulis di atas, jilbab yang kamu produksi ini untuk siapa, dan dari kalangan mana harus jelas agar kamu bisa menentukan harga dan promosi yang pas.

Fokuslah pada target pasar, karena di sinilah yang membedakan antara produk yang kamu jual dengan produk lain. Dan ini akan menjadi kekuatan kamu.

Pomosi

Kalau target sudah jelas maka promosi juga akan jelas dan terarah. Promosi adalah salah satu bentuk untuk memperkenalkan produk kita ke kostumer dan jika kamu ingin produk laku keras harus melakukan promosi.

Penting: Promosi yang tepat akan membuat produk kita laku keras, promosi yang salah akan membuang waktu dan uang.

Cara Promosi

Langkah selanjutnya yaitu menentukan cara promosi. Sekarang ini kita bisa melakukan promosi dengan beriklan di google, radio atau media sosial seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya. Bisa juga degan endorse ke orang yang memiliki bayak folower.

Pilih iklan atau media promosi yang tepat sebagai alat promosi kamu, jika target kamu pengguna Instagram maka lebih baik pilih artis atau orang yang memiliki folower banyak yang berhubungan degan produk kamu.

Halaman atau Toko Online

Untuk membuat toko online hal penting yang kamu miliki adalah halaman. Halaman ini nantinya sebagai toko virtual yang mendisplay semua produk kamu. Ini juga akan memudahkan orang jika suatu saat toko kamu terkenal maka orang akan menemukannya dengan mudah.

Halaman toko bisa dibuat dengan mudah dan gratis, untuk pemula yang modalnya sedikit gunakan yang gratisan saja seperti Instagram, Facebook (Fan page) dan Youtube.

Isi dan desain halaman kamu sebagus mungkin agar terlihat menarik, jika tidak bisa minta bantuan atau jasa desain karena ini adalah toko kamu jadi harus terlihat profesional dan bagus.

Jika punya modal lebih bisa langsung membeli website toko online, karena suatu saat pasti membutuhkannya.

Penting: Jualan online harus mempunyai gambar produk atau model yang bagus jika tidak jangan harap bisa laku karena toko online yang dijual adalah gambar dan kata-kata (copy writing).

Setelah mempunyai gambar tentang pemasaran tentunya harus ada produk yang dijual. Kalau memproduksi hijab atau gamis sendiri tentunya harus mempunyai alat produksi kecuali kalau sudah mempunyai alat sebelumnya kamu tinggal memperbaikinya sedikit dan fokus di ponin pemasaran saja.

2. Produksi 

Bisnis gamis dan hijab produksi sendiri tentunya harus menentukan desain yang sesuai degan target pasar, maka dari itu carilah referensi model sebanyak-banyaknya.

Tips Penting Bisnis Usaha Jilbab dan Gamis Online Produksi Sendiri

Alat Yang Diperlukan

Jika kamu saat ini masih pemula yang tidak tahu degan dunia konveksi maka ini adalah alat yang perlu kamu beli:

  • Jahit Industrial atau bisa mengunakn jahit servo 
  • Mesin Neci (wolsum)
  • Mesin Obras

Untuk mesin tambahan lain bisa dibeli jika sudah berjalan karena harganya lumayan mahal seperti mesin pet, mesin kancing, mesin lubang kancing, bordir mesin kolor dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk menganggarkan benang jahit, oobras dan neci, jarum gunting meteran, gunting ckeris, jarum pentul, jarum jahit alat pendedel kain penggaris jahit serta kapur. Baik alat produksi maupun benang belilah yang paling bagus karena akan memengaruhi hasil dan proses produksi.

Pembelian Bahan

Untuk toko online bahan bisa dibeli secukupnya saja yaitu untuk pemotretan model saja. tidak usah langsung membeli banyak kain.

Karyawan

Sebagai pengusaha sebaiknya kamu hindari ranah produksi yang terlalu jauh karena akan membuang waktu, cukup pahami teorinya saja. Serahkan bagian produksi ke orang yang berkompeten agar produk yang dihasilkan tidak mengecewakan.

Jika saat ini kamu orang yang bisa menjahit mulailah mencari teman atau orang untuk mengantikkan dalam bidang produksi kedepannya.

Belajar dengan Ahli

Cari ahli atau teman orang yang sudah sukses untuk menuntun atau memberi masukan kamu agar percobaan dan gagal (trial error) tidak terlalu banyak.

Note: Sebisa mungkin mencari orang yang sukses di bidang yang sama karena masalah yang kamu hadapi nantinya tidak jauh berbeda jadi lebih gampang mengatasinya

Sekarang ini bayak sekali komunitas atau pelatihan-pelatihan bisnis yang bisa kamu ikuti. Selain menambah ilmu kamu jua bisa menambah relasi atau teman.

Sistem

Buatlah sistem, mulai dari menentukan harga, sistem kerja, sistem penjualan. Terus perbaiki sistem yang menurut kita kurang bagus.

Kesimpulan

Membuka bisnis dengan perencanaan  yang matang akan meminimalisir kerugian walaupun dalam bisnis kerugian dan kebangkrutan itu sangat mungkin terjadi.

Merintis bisnis sekarang ini tidak sesulit dulu karena ada bantuan media sosial yang bisa kita pergunakan untuk promosi secara gratis namun orang yang merintis sebuah usaha pasti tetap melewati masalah dan ujian yang sangat sulit.

Belum ada Komentar untuk "Tips Penting Bisnis Usaha Jilbab dan Gamis Online Produksi Sendiri "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel