16 Tips Penting Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Kecewa

Tak selamanya membeli laptop second itu mengecewakan, nyatanya saya sendiri berkali-kali membeli laptop second tapi sangat memuaskan karena dengan budget minimalis kita bisa mendapatkan spesifikasi maksimal.

16 Tips Penting Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Kecewa

Namun jika kamu ingin membeli laptop second jangan asal beli, baca tips di bawah ini agar nantinya tidak kecewa:


1. Cek Harga Laptop Baru

Sebelum membeli laptop second yang harus kita lakukan adalah mengetahui harga laptop terbaru, Kalaupun tidak sama dengan laptop yang ingin kita beli minimal kita mengetahui harga laptop dengan spesifikasi yang sama.

Untuk mengetahui harga laptop kamu bisa cek di toko terdekat, atau yang paling mudah langsung mencari di internet.

2. Bawa Teman Yang Ngerti Laptop

Jika kamu punya teman yang faham tentang laptop bisa diajak untuk mengecek laptop yang bakal kamu beli karena orang yang ngerti laptop bisanya mengetahui harga pasaran  dan mengetahui apakah laptop yang kita beli itu bagus apa tidak.

3. Hindari Pembelian Online 

Jangan membeli laptop second secara online yang kita tidak tahu lokasi konternya karena dikhawatirkan jika ada masalah pada laptop nanti akan kesusahan menemui sellernya.

Kecuali memang konternya sudah terpercaya dan sering menjual online, bisa kamu cek di review tokonya.

4. Cek Segel

Laptop yang masih ada segel dari toko berarti laptop tersebut belum pernah di servis dan kemungkinan keadaan normal dan bagus namun kamu juga harus lanjut ke step berikutnya untuk pengecekan:


5. Harga Realistis

Ini fungsi mengecek harga terlebih dahulu selain agar tidak terlalu mahal kamu juga bisa mengetahui harga pasaran.

Jangan tergiur dengan harga murah di bawah pasaran. Karena tidak mungkin laptop dijual di bawah harga pasar jika laptop tidak bermasalah. 

Yang paling sering orang menjual laptop di bawah harga pasar yaitu karena "laptop curian". membeli laptop curian kamu bisa berurusan dengan polisi karena dianggap penadah barang curian walaupun kita tidak tahu.

6. Hidupkan Laptop

Sebenarnya dari pertama kali laptop dihidupkan kita bisa mengetahui apakah laptop bagus apa tidak, laptop yang bagus saat dihidupkan lebih cepat booting tanpa ada masalah.

7. Cek Fisik Laptop

Cek keseluruhan kondisi fisik laptop, apakah masih bagus apa bayak yang lecet. Dari sini kamu bisa menentukan harga

8. Cek Ketahanan Baterai

Kebanyakan laptop bekas memiliki kelemahan pada baterai jadi cek berapa lama ketahanan baterai laptop karena baterai laptop lumayan mahal.

Baca Bagaimana Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Rusak? Ini Caranya

9. Cek Keyboard

Jangan lupa mengecek keyboad, apakah masih berfungsi degan baik atau tidak karena mengganti keyboard juga lumayan mahal. 

Untuk mengecek keyboard kita bisa menggunakan aplikasi bantuan seperti keyboard test software atau tes keyboard secara online di  https://www.keyboardtester.com/. 

10. Cek Wifi

Mengecek wifi juga sangat penting, laptop yang bermasalah biasanya wifi juga bermasalah. Jadi pastikan wifi benar benar hidup dan bisa connect ke internet.

11. Cek Touchpad

Raba tuchpad apakah kursor bisa mengikuti tangan kita dengan baik apa macet-macet. Kalau ternyata touchpad macet-macet pertimbangkan lebih dulu jika ingin membelinya.

12. Cek USB

Laptop dilengkapi slot USB lebih dari satu, jadi pastikan semua slot USB bisa digunakan. 

Servis USB laptop tidak murah, bisa jadi malah ada IC yang rusak sehingga umur laptop tidak bertahan lama.

13. Cek Adptor Laptop

Tidak terlalu penting sih tapi jika laptop yang kamu beli ternyata tidak ori chargernya akan menimbulkan masalah pada laptop. Dan kamu harus membeli charger original baru.

14. Cek Hardisk Menggunakan Software

Untuk mengecek hardisk tidak perlu membongkar komponen. Kamu bisa mengecek menggunakan hardisk sentinel atau software serupa. 

Hardik laptop yang bagus akan memiliki performa 100% dan ini akan diketahui jika menggunakan aplikasi batuan.

15. Garansi 

Beli di toko atau orang yang memberi garansi, minimal 1 bulan karena laptop bekas rawan masalah, seperti bekas servisan jadi penting sekali memastikan garansi yang diberikan penjual. Garansi ganti baru apa garansi servis juga harus minta penjelasan.

16. Tanda Bukti

Mint tanda bukti seperti nota atau struk. Jika memungkinkan bisa juga foto atau videokan saat transaksi agar jika ada malasah ada bukti yang jelas.

2 Komentar untuk "16 Tips Penting Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Kecewa"

  1. Wah boleh juga mass, saya pernah beli laptop bekas tapi cepet lowbat banget mass. ada solusi ga yah buat batrei yg drop

    calonseo com
    kopi-ah com

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka casing baterai dan cek baterai yang lemah..

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel