8 Lomba 17 Agustus Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Panitia Penyelenggara

Dirgahayu Indonesiaku yang ke... Begitu tulisan yang bayak kita lihat di setiap sudut jalan saat memasuki bulan Agustus.

Bulan Agustus, tepatnya tanggal 17 Agustus adalah hari paling spesial bagi bangsa Indonesia karena pada Agustus tahun 1945 lalu harapan rakyat indonesia terwujud yaitu bebasnya bangsa indonesia dari cengkaman penjajah.

Sampai sekarang setiap bulan Agustus rakyat merayakannya dengan diadakannya lomba seperti menghias kampung, memasang bendera, dan lomba unik lain secara personal.

Alih-alih merayakan hari kemerdekaan banyak panitia menyelenggarakan lomba yang tidak berfaedah dan membahayakan peserta. Sebagai panitia lomba sebaiknya mempertimbangkan hal ini terlebih dahulu agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Berikut lomba Agustusan yang perlu dipertimbangkan dan sebaiknya mengganti dengan lomba lain.

1. Lomba Gigit Koin

8 Lomba 17 Agustus Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Panitia Penyelenggara

Lomba ini hampir ada di setiap perayaan kemerdekaan yaitu mengambil koin (uang yang tertancap). Dan kebanyakan peserta lomba ini adalah anak-anak.

Mengingat banyak kejadian koin tertelan sebaiknya jangan mengadakan lomba ini, apalagi untuk anak di bawah umur karena sangat berresiko.

2. Lomba Panjat Pinang

Panjat pinang merupakan lomba andalan setiap 17an karena sangat seru. Terlepas dari keseruan ternyata banyak sekali resiko cedera ketika mengadakan lomba ini, mulai dari cedera ringan, patah tang dan terjatuh dari ketinggian. Beberapa kali di berita ada kejadian pemanjat pinang terjatuh dan akhirnya meninggal.

3. Tarik Tambang

Meskipun terlihat tidak berbahaya tetapi tarik tambang juga memiliki resiko, seperti cedera karena terjatuh, telapak kaki terkelupas, telapak tangan terkelupas.

Sediakan sarung tangan dan harus menggunakan alas kaki jika lomba tari tambang menjadi salah satu rangkaian acara.

4. Balap Karung 

lomba balap karung

Lomba yang tak kalah familiar dengan tarik tambang adalah lari karung atau balap karung. Peserta lomba berlari degan kaki masuk kedalam karung. Seru memang namun kaki peserta bisa terkilir, dan mengalami cedera serius. Karena peserta bisanya tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu.

5. Lomba Gebuk Bantal

Kelihatannya tidak berbahaya memang namun jika terjatuh bisa menimbulkan cedera apa lagi yang mengikuti lomba adalah anak-anak. Pastikan alas aman jika terjatuh.

6. Lomba Sepeda Berjalan di Atas Air

Lomba ini termasuk seru dan butuh skill tinggi. Sering diadakan di empang atau sawah yang atasnya diberi selembar papan untuk dilewati sepeda nantinya. Peserta lomba 90% akan terpelesat karena papan yang dilalui tak lebih ari 10 CM. Jadi resiko peserta mengalami kecelakaan sangat tinggi.

7. Lomba Makan Bayak

Selain tidak berfaedah, lomba ini juga sangat berbahaya dan tidak ada hubungannya dengan tema kemerdekaan.

8. Lomba Makan Pedas

Sama seperti makan, lomba makan pedas juga tidak berfaedah dan sangat berbahaya. peserta yang ikut lomba memiliki potensi pinsan karena efek pedas.

Kesimpulan

Lomba di 17 Agustus adalah suatu rangkaian kegiatan untuk mengenang pahlawan dan memperkuat rasa cinta tanah air jadi sebisa mungkin dikaitkan dengan tema.

Hindari lomba yang tidak berfaedah dan membahayakan bagi peserta, ganti lomba lain yang lebih bermanfaat seperti:

  • Menggambar dengan tema kemerdekaan
  • Pidato dengan tema kemerdekaan
  • Baris berbaris
  • Membaca UUD 45
  • Cerita kisah pahlawan
  • Dll.

Jika ingin tetap mengadakan lomba yang sedikit berbahaya perbanyak panitia agar bisa mengawasi serta selalu sediakan p3k dan mobil untuk berjaga jaga jika peserta mengalami hal yang tidak terduga.

Belum ada Komentar untuk "8 Lomba 17 Agustus Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Panitia Penyelenggara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel