Bismillahirrahmanirrahim Posting Blog Pertama Kali

Puji Syukur Alhamdulillah akhirnya onlines-id.com resmi pindah dari CMS Wordpress.org ke hosting milik google yaitu blogspot.com.

Saya sendiri perlu waktu berfikir lama untuk menentukan pindah atau tetap menggunakan wordpress.

Akhirnya sampai keputusan akhir yang penuh pertimbangan yaitu pindah platform dari Wordpress.org ke blogspot.com

Pada artikel pertama kali di blogspot ini saya akan share alasan kenapa saya memilih blogspot untuk hosting blog onlines-id.com.

Lihat Juga Lebih Bagus Mana Wordpress Atau Blogspot? Ini Jawabannya

Alasan Pindah ke Blogspot

Berikut adalah beberapa alasan saya sendiri tanpa sumber lain, murni pengalaman pribadi, jadi jika ada pendapat lain silahkan ditambahi.

1. Keamanan
Tidak ingin kejadian di hack lagi saat visitor banyak, dari sekarang saya memindahkan blog utama saya ke blogger.com

Karena sesuai pengalaman pribadi, blog menjadi sangat rawan jika sudah mempunyai ribuan visitor, bayak hacker yang mengintai. Bukan karena di Wordpress tidak aman tapi menurut saya lebih susah jika orang hack blogspot.com karena blogspot adalah salah satu produk google.

2. Bandwidth dan Disk Unlimited
Alasan ke dua saya memilih hosting blogspot karena tidak ada batasan pengunjug atau bandwidth bahkan blogspot mempunyai unlimited disk. Tidak seperti sewa hosting sendiri, jika bandwidth dan disk space habis atau maksimal kita harus upgarde lagi.

Jadi untuk jangka panjang menurut saya cocok untuk blog saya ini. Karena rencana saya akan mengisi konten sebanyak mungkin di blog ini.

3. Gratis
Untuk mengunakan blogspot kita tidak usah membayar sewa hosting setiap tahunnya. Cukup membayar 100.000 sampai 150.000 untuk menggunakan nama domain sendiri, jadi menurut saya sangat cocok untuk blog yang berpenghasilan kecil seperti blog saya onlines-id.com ini.

4. Jarang Mengalami Trouble 
Alasan ke empat saya memilih untuk migrasi ke blogspot karena di blogspot jarang sekali mengalami trouble.

Lihat Juga Hosting Bagus Untuk Pemula

Ada yang bilang sering error karena hoster murahan. Nyatanya tidak demikian, saat ini saya masih mempunyai blog (toko online) yang termasuk menggunakan hosting bagus yaitu A2 Hosting.

Ternyata hosting mahal dan bagus juga tidak se bagus blogspot. Aada beberapa kali error atau maintenance server dalam satu bulan meskipun tidak lama, menurut saya jika pengunjung datang pasti terganggu dan langsung kabur.

Beda lagi kalau toko online, karena bisanya jika costumer sudah tertarik dengan produk yang ada di web mereka akan menyimpan kontak yang di website jadi sesekali web trouble tidak begitu masalah.

5. Tanpa Update Script
Memang kalau sudah terbiasa menggunakan wordpress dan beralih ke blogger rasanya kurang nyaman karena di blogger serba manual. Untuk menambahkan fitur pada blog Wordpress kita tinggal install plugin dan aktifkan tanpa harus otak atik kode css dan html.

Berbeda jika kita ingin menambahkan fitur pada blogspot, kita harus menambahkan  kode css atau  html yang menurut saya sangat memakan waktu.

Walaupun demikian, inilah yang menjadi slah satu alasan saya untuk pindah ke blogspot karena di blogspot tidak ada plugin tambahan maka kita tidak usah update script CMS dan script plugin yang kadang malah menyebabkan error jika di update karena theme tidak support.

Lihat Juga Berapa Bayak Penghasilan Seorang Blogger?

Kesimpulan

Saya pindah dari Wordpress ke blogger bukan karena menggunakan Wordpress tidak bagus. Malahan saya sendiri lebih nyaman menggunakan blog platform CMS Wordpress karena serba otomatis.

Saat menggunakan blogspot pertama kali agak kaget dan pusing karena untuk menambahkan fitur saya harus ubah kode-kode CSS dan Html apa lagi pakai theme blog amp, wah ribet banget.

Saat ini saya masih memiliki toko online dengan CMS Wordpres yang saya hosting di A2hosting. Saya tidak akan memindahkan toko online saya ke blogger karena menurut saya toko online lebih cocok di Wordpress, lebih bayak fitur otomatis yang saya butuhkan seperti menghitung omset dan membuat invoice otomatis.

Kalau untuk blog pribadi seperti ini tidak perlu menambahkan bayak fitur, cukup artikel berkualitas dan bermanfaat yang membuat blog keren.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel