Lebih Bagus Mana Wordpress Atau Blogspot? Ini Jawabannya

Bingung mau pakai platforn Wordpress atau Blogspot? Oke di artikel ini saya akan menjawab dengan versi saya sesuai pengalaman pribadi.


Wordpress yang saya maksud disini adalah Wordpress.org yaitu Wordpress hosting sendiri (CMS) bukan yang Worpress.com atau gratisan.

Jadi mana yang lebih bagus, Wordpress atau Blogger? Jawabnya adalah tergantung tujuan bolg kita untuk apa?

Kalau untuk jualan produk (toko online) saya lebih suka Wordpress sedangkan kalau untuk blog pribadi saya lebih suka blogspot. Kenapa? berikut penjelasan singkat dari saya

Lihat Juga Alasan Pindah dari Wordpress ke Blogger

Worpress.org Bagus Untuk Toko Online

Berikut adalah beberapa alasan kenapa saya memilih Wordpress untuk toko online

1. Fiturnya Yang Lengkap
Tidak bisa dipungkiri bahwa Wordpress.org lebih bayak fitur yang bisa kita gunakan dibandingkan blogspot, Seperti plugin.

Dengan adanya plugin kita bisa menambahkan fitur-fiutr tambahn di blog dengan sangat mudah. Tinggal pasang dan aktifkan tanpa merubah CSS atau HTML tema.

Tak hanya itu, fitur menu pada Wordpress juga sangat bagus, kita bisa menambahkan menu di atas, samping bawah dengan sangat mudah sekali. Tinggal add dan drag menu.

Fitur lain yang paling saya suka adalah bisa edit permalink sesuai keinginan, saya selalu menyembunyikan tanggal di permalink ini agar produk selalu tamapak terbaru.

Kalau di platform Blogspot saat ini tidak bisa menyembunyikan tanggal di permalink, jadi bakal ketahuan mulai kapan produk di jual.

2. Tema Toko Online Mudah di Dapat
Banyak sekali pengembang theme WordPress toko online profesional dibandingkan tema toko online Blogspot.

3. Serba Otomatis
Bebrapa tema toko online yang saya beli, ada fitur serba otomatis tapa install plugin tambahan. Di toko online saya saat ini bisa mengirim email invoice otomatis ke costumer, input resi, menghitung stok sampai menghitung omset secara otomatis.

Dari alasan tersebut saya berasumsi bahwa jika kita membuat toko online lebih baik memakai Wordpress saja. Saya sendiri sampai sekarang saya masih menggunakan toko online dari CMS Wordpress.

4. Satu Hosting dengan Toko Online
Satu lagi alasan saya, yaitu blog onlines-id.com dulunya satu hosting dengan website toko online, jika ada masalah atau kena serangan hacker di satu hosting akan lebih berbahaya, toko online dan blog ini akan terkena dampaknya.

Lihat Juga Berapa Banyak Penghasilan Seorang Blogger?

Blogspot Bagus Untuk Blog Pribadi

Saya lebih suka menggunakan Blogspot ini untuk menulis blog pribadi atau blog adsense, kenapa?

1.Gratis
Menggunakan hosting dari blogspot tidak usah mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Siapapun bisa mendaftar dan memiliki blog pribadi serta bisa ikut program Adsense secara gratis pula.

Kalau ingin dengan nama domain sendiri, kita bisa beli di penyedia domian, dan hanya membayar sewa domiannya saja tanpa harus sewa hosting seperti di wordpress.

2. Unlimited
Selain gratis kita tidak usah memikirkan berapa maksimal pengunjung, bandwith dan space. Kareana selama saya menggunakan blogspot belum pernah full space dan belum pernah juga down karean kebayakan pengunjung.

3. Sangat Mudah Digunakan
Untuk membuat blog dari blogspot sangat mudah sekali, dulu pertama kali saya menulis blog yang saya gunakan adalah blogspot, tidak berapa lama langsung daham fungisi-fungsi dasar yang ada dalam menu Blogspot.

4. Lebih Aman dari Hacker
Kita tidak perlu takut hacker, sistem keamanan blogspot sangat bagus karena blogspot adalah salah satu produk google

5. Theme Gratis yang Bertebaran di Internet
Untuk menulis menurut saya tidak butuh theme yang aneh-aneh cukup menggunakan theme gratis saja sudah cukup.

Lihat Juga Keuntungan Menjadi Orang Gila, Motivasi Bisnis Online

Apakah Wordpres.org Bisa untuk Blog Pribadi atau Blog Adsesne?

Bisa, sangat bisa, bayak sekali blogger Adsense yang sukses menggunakan CMS Wordpres. Dulu blog onlines-id.com ini menggunakan platform Worpress.org walaupun blog pribadi tapi dengan pertimbangan matang dan berbagai alasan saya pindah ke blogspot.

Berat memang pindah ke blogspot, selain fiturnya kurang lengkap dan serba manual saya harus mengedit satu persatu gambar di artikel agar halaman agar support amp. Untuk meletakkan iklan di tengah artikel juga susah.

Berbeda dengan di wordpress, jika blog ingin support AMP tinggal install plugin AMP gratis dan otomatis semua halaman akan support amp tanpa edit gambar satu persatu. Kita juga bisa meletakkan iklan dimanapun dengan sangat mudah.

Namun untuk blog pribadi menurut saya tidak masalah jika mengunakan blogspot karena tidak membutuhkan fitur aneh-aneh dan bayak gambar, paling satu artikel maksimal 5 gambar itupun jarang, karena ini blog artikel, bukan blog wallpaper.

Apakah Blogspot bisa Untuk Toko Online?

Bisa, bayak sekali teman-teman saya yang jualan lewat blogspot mulai dari jualan laptop, furniture, baju dan lain sebagainya.

Untuk theme toko online blogger sekarang ini juga sudah bayak sekali yang jual, tampilan template tidak kalah dengan Wordpress. terlihat bagus, profesional dan juga ringan.

Keuntungan lain menggunakan blogger sebagai toko online adalah, kita bisa upload produk sebanyak mungkin tanpa perlu khawatir kehabisan space dan bandwith.

Memang jika ingin menambahkan fitur pada template, kita harus otak-atik script sendiri dan kadang memakan waktu yang tidak sebentar. Tapi tidak usah khawatir, sekarang ini bayak sekali blogger yang share tutorial untuk menambhan fitur-fitur template blogspot.

Lihat Juga Cara Membuat Iklan Berada di Tengah Artikel Secara Otomatis

Kesimpulan

Menurut saya bagus atau tidaknya platform tergantung kebutuhan, seperti saya sendiri yang memang membutuhkan kedua platform tersebut. Jadi saya pakai kedua platform sesuai kebutuhan masing-masing blog, baik Wordpress maupun Blogspot sama bagusnya.

Belum ada Komentar untuk "Lebih Bagus Mana Wordpress Atau Blogspot? Ini Jawabannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel