Cari Tempat Jual Materai? Kamu Bisa Beli di 4 Toko ini ( Pasti Ada )

Materai atau bea Materai adalah salah satu bentuk pajak tidak langsung yang digunakan untuk alat bukti di pengadilan yang sudah diatur dalam Undang-Undang no. 13 tahun 1985 tentang Bea Materai.
Fungsi Materai yaitu untuk mengesahkan suatu perjanjian dari kedua belah pihak yang sudah disepakati dengan tanda bukti tanda tangan kedua pihak diatas Materai. Jika ada perjanjian yang dilanggar oleh salah satu pihak, pihak lain dapat mengajukan ke pengadilan dengan sah.

Lihat Juga Uang Tersangkut di Mesin Setor ATM ? Ini Yang Harus Kita Lakukan

Penggunaan nilai Materai sendiri biasanya tergantung nilai dokumen atau surat perjanjian dai kedua pihak, semakin tinggi nilai dokumen biasanya semakin bayak Materai yang digunakan. Sampai saat ini nilai Materai yang berlaku di Indonesia adalah 3000 dan 6000.

Orang yang terbiasa transaksi dengan surat atau dokumen-dokumen penting mereka sudah menyiapkan bayak stok Materai ini. Akan tetapi jika sahabat yang jarang sekali melakukan perjanjian dengan dokumen resmi biasanya tidak menyiapkan Materai dan akan kebingungan ketika akan melakukan perjanjian penting seperti, hutang piutang, jual beli mobil, tanah atau rumah dan lain sebagainya.

Nah saya sendiri termasuk orang yang jarang berurusan dengan dokumen-dokumen penting, kebetulan saya sewa ruko dan pas mau membuat surat perjanjian ternyata belum ada Materai. Bingung juga mau beli dimana soalnya pas malam juga akhirnya saya menemukan penjual Materai yang ternyata ada di depan lokasi.

4 Tempat atau Toko Penjual Materai yang Mudah Ditemui di Sekitar Kita

Kantor Pos
Kantor POS dari dulu memang sudah menyediakan beberapa keperluan yang berhubungan degan dokumen negara, salah satunya materai ini. Kita bisa membeli Materai di kantor pos baik kantor pos pusat atau kecamatan.

Untuk membeli Materai di kantor POS harus pada saat jam kerja karena kalau diluar jam kerja atau hari libur kantor pos juga libur. Untuk Sahabat Onlines yang tinggal di kota bisa datang ke kantor pos pusat pada malam hari, sekarang kantor POS pusat buka sampai jam 9 malam.

Foto Copy
Selain kantor pos kita juga bisa membeli materi di tempat Foto Copy, apa lagi Foto Copy yang dekat dengan instansi pemerintahan pasti menyediakan Materai.

Indomaret/Alfamart
Kalau jauh dari foto copy, sahabat bisa Membeli Materai di Indomaret atau Alfamat. Ya selain menyediakan kebutuhan pokok, market ini juga menyediakan Materai untuk dijual dan harganyapun juga sama seperti nilai Materai yang tertera.

Lihat Juga Keuntungan Menjadi Orang Gila, Motivasi Bisnis Online

Toko Online
Selain ketiga toko diatas kita juga bisa memesannya secara online, seperti dari marketplace Shopee, Tokopedia atau Bukalapak.

Namun jika sahabat membeli secara online harus menunggu beberapa hari kecuali Sahabat Onlines berada di Kota dan bisa menggunakan go send atau kiriman langsung sampai.

Oke,  Sampai disini dulu informasi yang saya sampaikan yaitu tentang  "tempat jual Materai", untuk Sahabat Onlines bisa menambahkan informasi atau tempat penjual Materai di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cari Tempat Jual Materai? Kamu Bisa Beli di 4 Toko ini ( Pasti Ada )"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel