Uang Tersangkut di Mesin Setor ATM ? Ini Yang Harus Kita Lakukan

ATM kini tidak hanya mesin untuk mengambil uang saja tapi beberapa mesin ATM terbaru bisa digunakan untuk menyetor uang nasabah ke rekening sendiri atau ke rekening orang lain dengan sangat mudah.


Saya sendiri sangat terbantu dengan adanya mesin ATM setor tunai ini karena jika kita ingin menabung atau setor ke rekening dengan jumlah yang sedikit kita tidak usah menunggu antrian lama di bank, cukup ke mesin ATM setor → masukkan kartu, PIN  masukkan uang yang akan disetor kemudian mesin akan menghitung secara otomatis dan saldo akan bertambah.

Lihat Juga Cara Mengetahui Lokasi Orang Lewat HP Android

Mesin setor ini memang diciptakan untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi akan tetapi dibalik kecanggihan mesin ATM setor ini ada kekurangannya yaitu uang nasabah bisa tersangkut di mesin dan kita tidak bisa komplain secara langsung.

Seperti yang saya alami sendiri di ATM setor BCA. Setelah uang saya masukkan ternyata mesin error dan ada pemberitahuan tidak bisa melanjutkan transaksi. Uang sebesar 2.800.000 sudah masuk di mesin ATM tapi saldo belum bertambah.

Awalnya saya cukup panik karena ini adalah pertama kali uang saya tersangkut di mesin ATM dan saya tidak bisa nanya ke mesin sebenarnya apa yang terjadi.

Saya mencoba untuk tetap tenang  dan tetap berfikir jernih, akhirnya saya melakukan langkah untuk pengambilan barang bukti agar ketika saya melapor benar-benar ada bukti karena kebetulan saya setornya saat hari minggu jadi bank tutup.

Setelah keluar saya mencari pak satpam dan sudah benar langkah yang saya lakukan cukup memfoto nomer mesin ATM serta mencatat jam dan tanggal kejadian, tak lupa catat juga nominal yang tersangkut. Akhirnya saya catat di struk yang keluar pada saat mesin error.

Setelah hari Senin saya datang ke bank BCA ke bagian CS. Sambil membuat laporan saya ngobrol sama mbak CS cantik ternyata kasus seperti ini sudah biasa. Penyebab uang tersangkut di mesin ATM biasanya karena jaringan tidak stabil atau offline, uang yang dimasukkan kotor, tidak rapi, lecek dan bisa jadi karena faktor mesin sudah harus di servis atau diganti.


Jadi sahabat harus hati-hati jika ingin menyetorkan ke ATM setor tunai. Kalau Sahabat Onlines saat ini sedang mengalami kejadian serupa, tidak usah khawatir. Lakukan langkah berikut untuk mengembalikan uangmu.

Lihat Juga Berapa Banyak Penghasilan Seorang Blogger?

Apa Yang Harus Dilakukan?

Dari pihak bank sudah memperkirakan kemungkinan kesalahan-kesalahan yang akan terjadi maka dari itu mereka sudah mempersiapkan prosedur jika kesalahan ini terjadi terjadi.

1. Simpan struk yang keluar, kemudian catat uang yang tersangkut karena nanti ketika membuat laporan akan ditanyakan berapa jumlah uang yang tersangkut.

3. Kalau struk tidak keluar segera foto mesin ATM dengan watermark tanggal dan waktu untuk memudahkan membuat laporan ke bank.

4. Jika struk tidak keluar dan lupa tidak membawa HP, langsing hubungi satpam yang berjaga untuk mencatat waktu dan nomer mesin ATM. Saat ini mesin setor ATM hanya di tempatkan pada bank cabang kota jadi 24 jam nonstop ada satpam yang berjaga.

5. Setelah bukti ada kita tinggal membuat laporan dengan cara datang ke bank yang bersangkutan terus ke bagian CS, jangan lupa bawa :
  • KTP
  • ATM
  • Buku tabungan (tidak wajib)
  • Struk gagal setor/foto mesin ATM/neomer mesin ATM
Pada saat lapor ke bagian CS kita dimintai keterangan waktu kejadian dan jumlah uang yang tersangkut jadi agar tidak ribet jangan lupa catat waktu, nomer mesin ATM dan nominal yang tersangkut.

6. Oleh CS kita diberi bukti dan nomer laporan yang harus kita simpan. Kemudian....

7. Selesai, Sahabat harus menunggu paling cepat 2 hari dan paling lambat 2 minggu. Jika uang belum mask juga setelah 2 minggu, sahabat harus kembali ke CS dengan membawa bukti laporan yang sudah dibuatkan sebelumnya. Saya sendiri satu hari langsung di transfer dai BCA.

Kenapa uang yang tersangkut tidak bisa dikembalikan secara langsung?
Ada prosedur yang harus kita ikuti. Bank akan menunggu laporan dari petugas mesin ATM karena setiap ada uang yang tersangkut petugas mesin ATM akan mencacat nomer mesin serta jumlah uang yang tersangkut. Nah jika laporan jika cocok maka  uang akan segera dikembalikan, ini dilakukan agar tidak merugikan pihak menampun baik bank maupun nasabah.

Uang yang tersangkut di mesin ATM ternyata juga tidak masuk di kotak penyimpanan mesin. Uang masih berada diluar kotak, saya tahu karena melihat sendiri. Kebetulan setelah uang saya tersangkut di mesin ATM tak lama kemudian ada petugas mesin ATM yang akan mengganti kotak, Sayapun penasaran dan menunggu sampai mesin terbuka. Ternyata uang saya benar-benar nyangkut di luar kotak ATM.

Lihat Juga Keuntungan Menjadi Orang Gila, Motivasi Bisnis Online

Tips Setor Uang di Mesin ATM Setor Tunai

  • Ketahui limit penyetoran akunmu, untuk akun Gold di BCA maksimal setor perhari 15.000.000 
  • Bersihkan dulu uang yang kotor
  • Rapikan uang yang lecek
  • Tata uang agar rapi
  • Pilih mesin yang kondisinya masih bagus
  • Jika melakukan beberapa transaksi ternyata mesin lambat, maka ganti ke mesin yang lain
  • Yang terakhir bawa HP agar jika da masalah langsung difoto untuk bukti

Belum ada Komentar untuk "Uang Tersangkut di Mesin Setor ATM ? Ini Yang Harus Kita Lakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel