Cara Mengatasi Masalah Laptop Tidak Bisa Masuk Windows, Bios dan Save Mode

Sebelumnya saya membahas Cara Mengatasi Laptop Layar Biru kali ini saya akan memberi kan tips cara mengatasi ketika laptop tidak bisa masuk windows dan bios.

Dalam kasus tersebut memiliki kesamaan yaitu terjadi saat pertama kali laptop dihidupkan namun untuk masalah laptop tidak bisa masuk windows bisanya lebih ke bagian hardisk yang tidak terbaca dikarenakan rusak atau ada slot yang tidak pas.

mengatasi laptop tidak bisa masuk windows dan bios

Layar pada laptop tidak biru melainkan blank hitam atau abu-abu dan beberapa merk atau tipe laptop terdapat tulisan, logo atau petunjuk seperti ESC, F2, F10 atau DEL pada layar laptop, namun jika ditekan tombol sesuai keterangan yang ada di layar monitor tetap tidak ada respon dan tidak bisa masuk windows atau bios.

Nah, sebelum membawa laptop kamu ke teknisi laptop coba lakukan tips berikut ini :

1. Lihat Indikator Hardisk

Pertama lihatlah indikator hardisk pada laptop. Amati apakah lampu indikator berkedip atau tidak hidup sama sekali. Jika masih berkedip berarti hardisk masih terbaca maka lakukan hal berikut Cara Mengatasi Laptop Layar Biru. Namun dalam kasus ini biasanya hardisk tidak terdeteksi dan lampu indikator tidak nyala sama sekali.

lampu Indikator ini biasanya terletak berjajar dengan indikator bateri, cahrger dan inidikator wifi. Indikator hardisk memiliki tanda seperti piring tumpuk.

Atau bisa juga dengan membuka hardisk dan merasakan dengan tangan, jika hardisk berputar maka akan terasa getarannya.

2. Cek Hardik ke Laptop Lain

Selanjutnya kau harus punya alat hardiks converter to usb. Biasanya alat ini satu paket dengan casing hardisk external. Baca Hardisk External Baru Tidak Terbaca di Laptop (My Computer)

Setelah memasukkan hardisk ke casing, coba masukkan ke laptop lain. Jika hardisk tidak terdeteksi atau lelet bisa jadi hardisknya yang rusak maka kamu perlu mengganti hardik baru namun jika hardik normal bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Agar pengecekan lebih akurat gunakan software hardisk sentinel. Silahkan cari sendiri di internet

3. Cek Konektor Hardisk

Jika hardik normal sekarang kamu pastikan, apakah konektor hardik ke pc bermasalah? Jika konektor menggunakan kabel coba ganti kabel baru atau beli second di tempat servis laptop. Jika konektor tanpa kebal berishkan konektor dengan tisu atau kain bersih kemudian pasang kembali dan nyalakan.

Jika masih tidak bisa masuk bios berarti masalah ada pada motherboard.

4. Mengatasi Masalah pada Motherboard

Untuk mengatasi masalah pada motherboard kamu harus mempunyai pengetahuan tentang arus dan tenggangan yang mengalir pada komponen laptop. Jika tidak tahu silahkan konsultasikan ke teknisi laptop di kota kamu yang paling bagus. Jika kamu berada di area semarang kamu bisa ke Tempat Service Laptop Semarang Terbaik dan Terpercaya. Jangan mengotak-atik sendiri karena akan memperparah keadaan laptop.

Penyebab Laptop Tidak Bisa Masuk Windows, Bios dan Save Mode

Berikut ini beberapa penyebab hardik laptop bermasalah yang perlu kamu hindari
  1. Terlalu banyak file sehingga tidak cukup untuk menyimpan cache
  2. Daerah hardik ngembun sehingga menimbulkan konslet
  3. Tegangan tidak stabil karena menggunakan charger KW
  4. Mematikan secara tiba-tiba
  5. Baterai bermasalah sehingga menimbulkan arus yang tidak stabil masuk ke hardisk
  6. Konslet pada komponen motherboard
  7. Terkena virus
  8. Laptop terbentur atau terjatuh
  9. laptop lama tidak digunakan
Itulah tips dan sebab laptop tidak bisa masuk windows, bios dan save mode. Sampai disini semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Masalah Laptop Tidak Bisa Masuk Windows, Bios dan Save Mode"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel