Cara Membuat Khimar Rempel dan Polanya

Pada dasarnya jilbab terbagi menjadi tiga model yaitu jilbab instan, jilbab segi empat dan pashmina. Agar konsumen tidak bosan maka produsen harus kreatif mengembangkan model model jilbab seperti membuat pashmina instan, segi empat instan atau menambahkan aksesoris-aksesoris seperti renda, tassel, cutting rempel dan aksesoris lainnya.


Tambahan atau aksesoris pada hijab bertujuan agar para konsumen tidak bosan serta mengikuti trend fashion yang terus berkembang saat ini.

Baca Juga Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Dinamo Servo Mesin Jahit

Kali ini saya akan membagikan pola jilbab instan yang bisanya dikenal dengan nama Khimar Rempel.

Lagkah-Langkah Membuat Khimar Rempel

1. Pertama beli kain berukuran 150 cm, bisa pakai kain apa saja yang penting memiliki lebar 150 cm atau congok dobel. Kian berukuran 150 cm ini nantiya akan menjadi 4 jilbab, saya sarankan beli kain warna hitam saja, karena warna netral.

Kemudian beli juga kain dengan warna yang berbeda untuk bahan rempel nantinya sebayak 4 potong (perpotong 20cm). Cari warna yang selaras dengan warna hitam seperti fanta, biru elektrik, marun, kunyit.

Warna kain bisa di sesuaikan dengan kebutuhan atau sesuai selera yang penting ukurannya sama dengan keterangan.

2. Untuk membuat jilbabnya perhatikan gambar berikut:

Cara Membuat Khimar Rempel dan Polanya

Keterangan: Ambil kain yang berukuran 150x150 tadi dan lipat persis sesuai panah pada gambar di atas. Jangan sampai kebalik cara melipatnya karena kalau sudah dipotong nanti bahan tidak bisa digunakan.

3. Setelah dilipat kemudian potong menyimpang sisi dengan sisi sehingga bahan tersebut menjadi 4 potongan jilbab. (Pemotongan kain harus sesuai gambar)

Teknik ini bisa menghemat kain karena 150 cm bisa menjadi 4 jilbab. Teknik ini biasanya dipakai para produsen jilbab.

Perhatikan digambar :

pola khimar syari



Setelah pemotongan benar sesuai pola, maka akan mejadi 4 bahan hijab.

4. Buatlah jilbab instan seperti biasa, terserah mau pet atau non pet, untuk jilbab non pet bisa ditambahkan interline pada bagian muka agar lebih nyaman dan kaku ketika dipakai. (Saya anggap sudah bisa membuat jilbab)

4. Setelah jilbab selesai, sekarang mulai membuat rempelnya.

5. Ambil kain yang lebar 20 cm tadi lalu belah menjadi dua lapis kain dengan lebar masing masing 10 cm.

6. Jahit kedua ujung kain agar menyambung menyerupai gelang.

7. Sekarang lock salah satu ujung menggunakan mesin neci atau wolsum. Pakai obras juga bisa tapi hasil tik begitu bagus.

8. Untuk membuat aksen rempel bisa menggunakan sepatu khusus rempel atau kalau tidak ada sepatu rempel kita  juga bisa dilipat-lipat.

Penting :

Jika pemasangan rempel dengan cara dilipat atau tanpa sepatu rempel berarti kain rempel langsung dijahit pada jilbab.

Namun jika menggunakan sepatu rempel, kita harus mengerut dengan sepatu terlebih dahulu setelah itu baru dipasangkan ke jilbab.  Sesuaikan kebutuhan atau sesuaikan panjang jilbab agar pemasangan lebih mudah.

Untuk proses ini dibutuhkan perkiraan matang karena jika penjahit pemula biasaya lipatan atau kerutan tidak pas ketika dipasang, kalau tidak pas tinggal dipaskan saja. Memang dibutuhkan kesabaran agar jilbab bagus dan rapi serta nyaman dipakai.

Baca Juga Busa yang Bagus Untuk Pet Jilbab atau Hijab

Proses yang panjang dan membutuhkan jam terbang tinggi untuk membuat sebuah jilbab yang bagus dan berkualitas, tak heran jika ada beberpa produsen yang harganya lebih mahal dari produsen lain karena memang mereka menjamin kualitas atau kerapian jahitan jilbab serta kualitas bahannya.

Produk bagus dan berkualitas bisa ditemukan di eldya.com

Saran:

Gunakan bahan yang tidak terlalu kaku dan juga tidak terlalu lembek rekomendasi saya menggunakan bahan wolfis atau diamond. Biasanya per meter Rp. 28.000 sampai Rp. 35.000 tergantung kualitas bahan dan daerah penjualan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Khimar Rempel dan Polanya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel