Cara Order di Shopee Menggunakan Bank BCA (Internet Banking)

Belanja di Shopee banyak diminati karena ada program free ongkir atau potongan ongkir sebesar Rp. 20.000-30.000 yang diberikan kepada pembeli. Selain free ongkir, marketplace ini juga bayak promo-romo menarik lainnya seperti beli bertiga, flash sale, promo fashion muslim, promo elektronik, promo hari besar dan masih banyak promosi-promosi lain untuk menarik minat pembeli.

Faktor lain yang membuat aplikasi ini banyak diminati adalah mudahnya transaksi ketika menggunakan aplikasi Shopee pada smartphone. Tampilan aplikasi simpel dan mobile friendly sehingga mudah di fahami meskipun untuk orang yang gaptek sekalipun.

Belanja di Shopee sangat mudah, kita bisa melakukan pembayaran meskipun tidak mempunyai rekening bank. Jadi siapapun bisa belanja disini.

Saat ini ada 6 metode pembayaran yang bisa kita pilih dan saya yakin Shopee akan terus mengembangkan metode pembayaran agar mudah dalam berinteraksi.

6 Metode pembayaran yang disediakan Shopee

1. Saldo Shopee
Transaksi ini hanya bisa dilaukan untuk Dulur yang mempunyai saldo di Shopee. Biasanya dilakukan oleh para penjual Shopee karena sebagai penjual otomatis mereka memiliki saldo dari hasil penjualan mereka, saldo di Shopee bisa langsung digunakan untuk belanja tanpa harus ditarik terlebih dahulu.

Pembayaran dengan metode ini hanya diperbolehkan jika transaksi dibawah 1 juta saja.

2. Transfer BANK
Metode pembayaran transfer bank paling umum digunakan oleh olshop di Indonesia termasuk Shopee.

Kita bisa melakukan pembayaran manual dan otomatis (virtual account) melalui Bank BCA, BRI, MANDIRI dan BNI.

Jika tidak mempunyai akun di  ke empat bank tersebut, kita juga bisa transfer menggunakan bank lain dengan metode cek manual (harus kirim bukati transfer ke Shope)

3. Kredit Card
Jika kita mempunyai kartu kredit bisa menggunakan metode ini, tertera cicilan 0% tetapi saya sendiri belum  pernah mencoba menggunakan metode ini.

4. Melalui Indomaret
Pembayaran melalui Indomaret sering dipakai untuk pembeli yang tidak punya rekening bank, biasanya dari kalangan pelajar.

Lihat Juga Cara Pembayaran Shopee Lewat Indomaret

Metode ini juga sangat mudah siapapun bisa menggunakan metode ini di Indomaret terdekat. Cukup membawa nomer transfer yang diberikan ke kasir, Jret-jret-jret  selesai....

5. Kredivo
Kredivo hampir seperti kartu kredit, kita juga bisa melakukan pembayaran dengan mencicil 0% menggunakan akin ini, Tapi kita harus memiliki akun kredivo terlebih dahulu, setelah disetujui baru bisa dibuat transaksi.

6. Aukulaku
Akulaku juga hampir-hampir mirip dengan Kredivo harus daftar dan disetujui terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Lihat Juga Cara Mudah Menjadi Star Seller Shopee

Cara Belanja di Shopee Menggunakan Bank BCA (Internet Banking)

Jika menggunakan metode transfer bank, saya lebih suka menggunakan virtual account atau di cek otomatis, karena lebih cepat tanpa kirim bukti transfer. Waktu pembayaran kurang dari 1 menit.

Kebetulan saya membeli smartphone Xiaomi di Shopee, karena pembayaran lebih dari 1 juta saya tidak bisa menggunakan saldo Shopee jadi saya pilih transfer ke virtual account menggunakan internet banking BCA.

Pembayaran melalui I-banking, M-banking dan transfer ATM prosenya sama, bedanya kalau I-Banking kita harus mempunyai key atau token yang bisa didapatkan dari kantor BCA secara gratis.

Saya sendiri lebih suka menggunakan I-Banking karena lebih aman. Seperti ini penampakannya.


Berikut langkah-langkah belanja di Shopee dan pembayaran melalui internet banking BCA

1. Masuk ke aplikasi Shope dan pilih barang yang mau kita beli, contohnya beli smartphone Xiaomi seperti pada gambar dibawah harganya Rp.1.450.000


2. Seperti biasa kalau sudah ketemu barang yang kita inginkan langsung saja klik tombol beli


3. Perhatikan panah merah, centang produk yang ingin dibeli serta jumlahnya kalau sudah ada keterangan harga dan langsung cekout. Jika kita masih punya voucher gratis ongkir bisa digunakan dengan memencet simbol > pada tulisan voucher dan pilih voucher lalu ok, setalah itu klik checkout.


4. Disini kita memilih jasa kirim serta metode pembayaran. Saya sendiri memaki jasa kirim JNT dan metode pembayarannya pilih yang transfer bank- Bank BCA (dicek otomatis). Caranya klik bagian metode bayaran lalu muncul gambar dibawah ini:


Pilih transfer bank BCA (dicek otomatis) . Kemudian klik konfirmasi sehingga muncul seperti ambar dibawah:


5. Sampai disini kita sudah diberi nomer virtual account yang kita buat transfer uang nantinya. Bisa kita transfer menggunakan ATM langsung, M-Banking atau I-Banking seperti pada gambar dibawah.



Saya menggunakan laptop untuk akses I-Banking. Masuk ke https://ibank.klikbca.com/ kamu seperti bisa akan muncul menu seperti ini



a. Masukkan ID dan password lalu login, Setelah login kita langsung menuju menu transfer dana seperti gambar dibawah



b. Setelah di klik muncul pilihan menu seperti dibawah dan pilih transfer BCA Virtual Account



c. Ketika sudah muncul  menu seperti dibawah ini pada kolom no virtual account isi nomer virtual account yang kita dapatan tadi. Virtual account setiap id berbeda.

d. Setelah selesai memasukkan virtual account langsung klik lanjutkan sehingga muncul keterangan seperti dibawah. jika nominal dan id seduh sesi lalu lanjutkan


Akan muncul keterangan seperti gambar dibawah



e. Masukkan key BCA menu APPLI 1, secara otomatis di key BCA kita muncul 8 nomer yang harus kita masukkan pada kolom RESPON KEYBCA APPLI 1 (perhatikan gambar)

Lalu klik tombol kirim dan sampai disini jika berhasil uang sudah masuk ke rekening Shopee



Setelah uang kita terkirim akan muncul keterangan seperti berikut:


Kita tunggu beberapa detik saja, da lihat kembali ke pesanan Shopee tadi, Tidak sampai 20 detik pembayaran sudah dikonfirmasi dan disampaikan ke penjual.

Notifikasi pada pesanan berubah menjadi sedang dikemas, tinggal nunggu barang dikirim olah penjualnya

Penting

Kalau barang yang kita pesan belum sampai di tangan kita jangan klik tombol pesanan diterima dengan alasan apapun. entah permintaan penjual atau admin Shopee sekalipun.

klik tombol pesanan diterima maka otomatis dana yang berada di Shopee akan ditransfer ke penjual artinya jika ada masalah maka uang tidak bisa kembali.

Tips



Sebelum klik tombol pesanan diterima rekam video saat membuka barang dan coba sampai benar-benar bisa digunakan atau cek isi sesuai yang kita beli.

Dengan merekam video jika nanti barang tidak sesuai seperti rusak, mati, error atau ada masalah lain kita mempunyai bukti kuat dan bisa banding ke pihak Shopee untuk mengembalikan uang yang sudah kita transfer.

Lihat Juga Berapa Banyak Penghasilan Seorang Blogger?

Dengan cara seperti ini kita bisa antisipasi agar kita terhindar dari penipuan, karena bayak juga penipu yang berjualan di marketplace salah satunya di Shopee. Mereka meminta para pembeli untuk klik pesanan diterima meski pesanan belum sampai dengan alasan-alasan tertentu.

Belanja online di marketplace aman banget kalau tahu caranya, karena uang yang kita transfer tidak langsung ke penjual melainkan mampir dulu ke rekening Shopee dan pihak Shopee tidak akan melepas dana ke penjual sebelum pembeli konfirmasi barang sudah diterima, bahkan dalam beberapa kasus kita bisa mengembalikan barang jika tidak sesuai keterangan.

Meskipun aman tapi kita harus tetap hati-hati, karena bayak sekali penipuan dengan berbagi cara baru.

Setelah 3 hari paket datang sesuai pesanan, setelah dan normal langsung saya kasi full bintang.



Cukup sekian semoga informasinya bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Cara Order di Shopee Menggunakan Bank BCA (Internet Banking)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel