Apa Itu Neci? Berikut ini Penjelasan dan Contohnya

Neci adalah teknik untuk merapikan tepi kain dengan cara memotong dan membalutnya dengan benang khusus. Neci juga dikenal dengan istilah "Wolsum" di beberapa tempat.


Neci atau Wolsum  tidak bisa dilakukan dengan tangan atau mesin jahit biasa namun harus menggunakan mesin khusus yaitu mesin neci atau mesin wolsum.

Cara kerjanya seperti mesin obras biasa yaitu pisau pada mesin neci memotong tepi kain dan secara otomatis tepi kain akan dibalut menggunakan benang yang terdapat pada jarum dan looper yang sudah di desain putarannya. Baca Neci atau Jahit Tepi, Bagus Mana? Berikut Penjelasannya

Mesin Neci atau mesin Wolusm sudah tidak asing lagi bagi para pengusaha konveki, karena mesin ini sangat dibutuhkan untuk merapikan tepi suatu produk seperti tepi pada jilbab, gamis, rok  dan lain sebagainya. Dengan menggunakan mesin Neci ini selain hasilnya bagus juga sangat mudah dan menghemat waktu.

Mesin Neci 

Mesin Neci atau mesin Wolsum harganya hampir sama dengan mesin obras besar karena pada dasarnya mesin Neci atau mesin Wolsum memiliki cara kerja yang sama persis dengan mesin obras besar. Yang membedakan hanya pada plat gigi setelan pada looper dan setelan benang saja.

Jika kita mempunyai mesin obras kita juga bisa merubahnya menjadi mesin Wolsum, tentunya dengan bantuan bengkal yang sudah berpengalaman karena harus mengganti plat gigi dan mengatur posisi serta putaran looper.

Kadang ada juga penjahit rumahan yang memanfaatkan obras kecil sebagai mesin Neci atau Wolsum yaitu dengan merubah putaran looper, namun jika mesin obras kecil dipakai untuk Neci hasilnya tidak sebagus mesin Neci yang asli.

Untuk mendatakan hasil yang maksimal lebih baik memang menggunakan khusus mesin neci saja, tinggal pakai tanpa perlu merubah apa pun. Baca Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Dinamo Servo Mesin Jahit

Benang Mesin Neci

Saat ini umumnya mesin Neci memiliki 3 jalur benang yaitu 1 benang pada jarum dan 2 benang pada looper.

Biasanya benang jarum menggunakan benang jahit dan benang looper menggunakan benang khusus neci atau wolsum namun kita juga bisa menggunakan benang obras untuk mengisi 3 jalur pada mesin neci ini, baik benang ada jarum maupun pada kedua looper.

Untuk menggunakan benang obars kita perlu merubah tensi yang terdapat ada mesin ini agar hasil bisa bagus, rapat dan kuat.

Bagian Mesin Neci

Ada 3 bagian penting yang perlu diketahui dalam menggunakan mesin neci ini yaitu

1. Tension

Tension ini berguna untuk mengatur tegangan benang. Benang bisa di kencangkan dengan cara memutar tensi ke arah jarum jam dan sebaliknya juga ingin melonggarkan benang tensi diputar berlawanan arah jarum jam.

Kencang atau kendornya benang sangat berpengaruh pada hasil necian, jika setalan tidak pas maka hasil juga tidak bagus bahkan bisa rusak.

2. Looper

Looper adalah plat yang didesain untuk mengaitkan benang. Pada mesin Neci ada dua looper yaitu "over looper" atau pembentuk loop atas dan "under looper" atau pembentuk loop bawah.

Jika kita membeli mesin Neci asli maka looper sudah di sesuaikan putarannya, Jadi tidak usah diubah ubah posisinya karena jika kita tidak tahu maka hasilnya akan sangat fatal.

3. Pisau Pemotong Tepi Kain.

Pisau pemotong tepi kain ini secara otomatis memotong kain saat mesin berjalan.

Baik mesin Neci maupun mesin Obras terdapat dua pisau di dekat looper yakni pisau atas dan pisau bawah. Pisau pada mesin Neci juga sangat berpengaruh pada hasil Neci, jika pisau tumpul atau tidak pas maka hasil Neci tidak bagus.

Mesin diciptakan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia jadi saya yakin semakin hari mesin semakin berkembang mengikuti zaman termasuk mesin Neci ini. Yang saya tulis adalah mesin Neci pada umumnya yang digunakan pada zaman ini.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Neci? Berikut ini Penjelasan dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel