Neci atau Jahit Tepi, Bagus Mana? Berikut Penjelasannya

Saat ini saya mempunyai konveksi jilbab dan ada beberapa costumer yang tanya lebih bagusan mana neci (wolsum) apa jahit tepi?

Sebelumnya mari kita ketahui Apa itu neci dan jahit tepi?
Sebenarnya neci atau wolsum dan jahit tepi memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mengunci serabut pada kain agar serat kain tidak lepas dan rusak.

Perbedaannya terletak pada benang dan mesin yang digunakan saja. Coba perhatikan gambar di bawah ini:


Penjelasan Neci dan Jahit Tepi

Neci atau wolsum adalah tehnik mengunci pinggiran kain agar tidak rusak dengan cara membungkus pinggiran bahan dengan benang neci. Neci tidak bisa memaki mesin jahit biasa harus menggunakan mesin khusus neci.

Jahit Tepi adalah tehnik mengunci pinggiran kain agar tidak rusak dengan cara melipat dan menjahit pada tepi bahan. Jahit tepi ini bisa memaki mesin jahit biasa, untuk hasil yang lebih bagus biasanya menggunakan corong khusus lipat tepi. Baca Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Dinamo Servo Mesin Jahit

Lalu Mana yang Lebih Bagus Neci atau Jahit Tepi?

Jawabannya  tergantung bahan, bentuk jahitan, Produk serta selera masing-masing orang

Bahan
Seperti bahan wolfis. Bahan wolfis ini lebih bagus di neci apalagi dibuat jilbab, karena jika di lipat kain pada tepi jilbab biasanya malah terlihat kaku, mengerukut dan terlihat tidak bagus.

Berbeda seperti bahan spandex atau kaos, bahan ini lebih bagus dan rapi jika menggunakan jahit pinggir karena bahan terlalu empuk, jika di wolsum biasanya hasilnya malah keriting dan tidak bagus.

Bentuk Jahitan
Jika bentuk jahitan banyak belok, zigzag dan memutar lebih gampang dan bagus menanggungkan mesin neci atau wolsum karena jika menggunakan  jahit pinggir kemungkinan kain akan terlihat kaku kecuali kain tipis.

Produk
Contohnya seperti pada produk hijab. Neci biasanya diterapkan pada jilbab insatan sedangkan jahit tepi sering diaplikasikan pada jilbab segi empat atau jilbab pashimna.

Kekurangan dan Kelebihan Neci dan Jahit Tepi

Kedua tehnik baik menggunakan wolsum maupun jahit pinggir mempunyai kelebihan dan kekurangan. Simak penjelasan dibawah ini:

Neci

Wolsum atau neci lebih gampang rusak ketimbang jahit pinggir. Karena neci sendiri menggunakan benang untuk membungkus pinggiran kain agar terlihat rapi.

Apalagi jika neci menggunakan benang KW "benang yang kualitasnya tidak bagus" maka selain terlihat tidak rapi, ujung kain akan cepat sekali rusaknya, karena jika benang neci sudah putus di suatu area maka akan gampang sekali menular ke area yang lain.

Kelebihan menggunakan neci untuk merapikan pinggiran kain yaitu proses yang cepat, bisa di arena yang sulit, melingkar atau zigzag, terlihat sangat bagus jika menggunakan benang neci asli.

Jahit Tepi

Jahit pinggir mempunyai kekurangan yaitu tidak bisa di semua area, kalau dipaksakan hasil akan jelek dan kusut, serta terlihat biasa karena hanya kain dilipat dan dijahit.

Kelebihan jahit pinggir yaitu harga lebih ekonomis karena hanya menggunakan benang jahit atau tanpa benang tambahan seperti neci. Jika di area lurus proses sangat cepat apalagi menggunakan corong lipat khusus.

Selain jahit pinggir lebih murah ternyata teknik jahit pinggir lebih awet karena teknik ini seperti jahit biasa hanya berada di pinggir kain.

Pengalaman dari beberapa costumer yang memilih neci atau jahit pinggir biasanya berdasarkan sesuai selera mereka, biasanya mereka memilih neci atau jahit pinggir berdasarkan trend di lingkungan mereka. Baca 14 Bahaya Penyakit Akibat Kecanduan Sosmed

Yang Sering Ditanyakan

Apakah benar tepi neci atau wolsum cepat rusak? Tidak benar. Tergantung kualitas bahan, settingan mesin dan operatornya.

Perlu kamu ketahui bahwa banyak sekali produsen fashion seperti jilbab yang menggunakan mesin neci ini dengan bahan benang obras biasa agar hemat biaya. Mesin di setting cepat sehingga hasilnya benang neci tidak padat, terlihat berserabut dan cepat rusak.

Settingan mesin wolsum cepat dan menggunakan benang obras membuat hasil neci seperti obras, yaitu tidak padat, tidak rapi, kecil dan tidak awet. Kerana jika menggunakan mesin wolsum asli memang lebih lambat namun hasilnya padat dan sangat bagus.

Berbeda jika kamu beli jilbab di toko terpercaya misalnya toko eldya hijab, pasti hasil neci atau wolsum sangat rapi dan bagus. Pinggiran jilbab lebih rapi dan padat, tidak kecil dan lebih kuat bahkan hampir sama dengan jahitan tepi karena di eldya hijab memang memakai benang asli neci atau benang wolsum bukan benang obras, settingan mesin juga sangat pelan sehingga hasil lebih padat dan rapi.

Biasanya jilbab yang menggunakan neci bagus harganya lebih mahal, karena memang kita ke jasa neci atau jasa wolsum hitungannya Rp 2000 bahkan Rp 3000/ meter. Karena memang benang neci asli mahal harganya, 15.000 sampai 25.000 per rol.

Saya juga sering menjumpai costumer yang membandingkan harga, kenapa harga jilbab diluaran lebih murah padahal bahan dan ukuran sma? Jawabannya, benang dan busa pet yang mereka gunakan tidak bagus jadi harga lebih murah kualitaspun juga murahan. Baca Busa yang Bagus Untuk Pet Jilbab atau Hijab

Kesimpulan

Baik neci maupun jahit tepi semua sama bagusnya dan hampir sama kualitasnya, sesuaikan dengan bentuk pinggiran bahan dan selera kita.

Tidak benar jika orang mengatakan Wolsum atau Neci lebih cepat rusak dan lebih murah atau sebaliknya. Semua tergantung dari benang yang digunakan.

Sampai disini dulu semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa comment dan share,

Belum ada Komentar untuk "Neci atau Jahit Tepi, Bagus Mana? Berikut Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel