Kain Diamond Seperti Apa? Berikut Penjelasan dan Ciri-Cirinya

Kain Diamond Crepe adalah sebutan kain yang mempunyai permukaan tekstur kasar seperti pasir, maka dari itu beberapa orang ada yang menyebutnya kain pasir.

Bahan dasar kain diamond ini terbuat dari benang sintetis yang diolah menjadi kain yang memiliki permukaan terlihat kasar, namun ketika dipegang atau dipakai untuk bahan busana terasa lembut dan nyaman.

Sampai saat ini ada 2 jenis kain diamond yang bayak beredar di pasaran yaitu Diamond Italiano dan Diamond Georgette, bahan ini bayak digunakan untuk membuat busana seperti gamis dan hijab.

Baca Kain Bubble Crepe Seperti apa? Contoh Gambar dan Ciri-Ciri Bahan Bubble

Ciri-Ciri Bahan Diamond

Baik diamond Italiano ataupun Diamond Georgette memiliki ciri yang sama karena kain ini termasuk kategori kain crepe yaitu memiliki permukaan kasar seperti jeruk atau pasir. Bedanya kain diamond Italiano memiliki tekstur lebih jelas dan jika diraba terasa lebih kasar sedangkan kain Diamond Georgette memiliki pori-pori lebih padat serta lebih tipis, jika dipegang kain terasa lebih halus dari pada diamond Italiano.

Bahan diamond crepe termasuk salah satu kain yang laris mains di pasaran karena memiliki keunikan yang banyak disukai orang yaitu permukaan kasar seperti pasir atau kulit jeruk sehingga jika dibuat busana seperti baju maupun hijab, busana akan tampak unik walaupun tidak bayak variasi.

Baca 8 Contoh Model Lengan Gamis Simpel, Cantik dan Terbaru

Jika dilihat memang kain ini memiliki permukaan yang kasar akan tetapi ketika dipakai kain tersebut terasa nyaman, tidak mengganggu aktivitas pemakainya bahkan banyak Hijabers yang suka memakai bahan Diamond untuk jilbab karena memang bahan diamond tidak licin dan adem ketika dikenakan.

Bahan diamond crepe juga memiliki sifat seperti karet, bisa agak melar dan lentur sehingga sangat nyaman jika dipakai untuk bahan busana ataupun jilbab.

Kain Diamond Italiano

Seperti yang saya jelaskan diatas bahan Diamond Italiano memiliki tekstur yang lebih kasar, lebih tebal dan lebih kaku dibandingkan dengan bahan diamond Georgette. Tekstur seperti jeruk juga lebih terlihat dan lebih berasa ketika dipegang.

bahan diamond italiano

Bahan ini sering digunakan untuk gamis, rok dan jilbab. Karena bahannya agak kaku maka bayak sekali Hijabers yang menggunakan bahan ini untuk jilbab pashmina, Karena kain bisa tertata rapi dan bisa berdiri tegap menutupi pipi yang tembem.

pashmina diamond italiano

"Pashmina Diamond Italiano" ya jilbab satu ini terbuat dari bahan Diamond Italiano dan bisa dipastikan hampir semua pecinta jilbab pashmina mempunyai hijab dari kain Italiano ini.

Baca Cara Membuat Khimar Rempel dan Polanya

Kain Diamond Georgette

Berbeda dengan Diamond Italiano, Diamond Georgette lebih tipis dan memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan diamond Iitaliano. Sedangkan jika diraba kain Diamond Georgette memiliki permukaan yang lebih rapat dan lebih halus.

Kain Diamond Georgette

Diamond Georgette ini juga banyak digunakan untuk jilbab, seperti jilbab pashmina, segi empat dan jilbab instan. Namun kebanyakan produsen jilbab biasanya memakai bahan ini untuk jilbab instan karena kain lebih tipis dan juga lebih melar jadi cocok untuk bahan jilbab langsung pakai atau jilbab instan seperti khimar, segi empat instan dan juga pashmina instan. Seperti contoh jilbab dibawah ini Baca Jilbab Palestina

jilbab segi empat instan

Kain Ceruti georgette

Kain Ceruti Georgette juga terkenal dengan nama ceruti diamond tapi perlu kamu ketahui bahwa kain ini "bukan dari jenis bahan crepe" , melainkan dari jenis kain Ceruti atau Chifon.

bahan ceruti diamond

Meskipun bukan dari jenis kain crepe, kain ini memiliki tekstur kasar yang menyerupai bahan Diamond oleh karena itu bayak orang yang mengenal bahan ini dengan nama Ceruti Diamond.

Perbedaan bisa dilihat secara langsung, kain Ceruti Georgette lebih tipis dan bisa tembus pandang serta tidak melar seperti bahan diamond, jika dipegang terasa lebih keras dan kasar.

Bahan ini sering digunakan untuk variasi atau tambahan gamis atau baju wanita. Jika untuk produksi jilbab biasanya lebih ke model Syari atau jilbab besar dan minimal menggunakan dua lapis kain agar tidak tembus pandang.

khimar bahan diamond

Harga Bahan Diamond Italiano, Georgette dan Ceruti

Baik Diamond Italiano maupun diamond Georgette memiliki harga standar yang hampir sama yaitu 28.00 sampai 30.000 per meter, harga tersebut tergantung kualitas bahan dan lokasi penjualan.

Untuk harga bahan Ceruti Georgette atau Diamond Ceruti biasanya lebih murah yaitu kisaran 20.000 sampai 25.00 per perter tapi jika kita membuat jilbab dengan bahan Ceruti ini minimal kain yang kita beli harus 2 lapis agar tidak nerawang. Jadi belinya harus 2x lipat dari kain Diamond biasa.

Baca Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Dinamo Servo Mesin Jahit

Kualitas Kain

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua kain memiliki kualitas yang sama meskipun memiliki jenis yang sama. Kain sendiri dibuat dari pabrik atau produsen yang berbeda tentunya kualitas juga berbeda, ada yang buatan lokal ada juga yang di import dari luar negeri seperti dari cina, korea, india, arab dan turki sehingga kualitas dan harga kain memang berbeda walaupun memiliki jenis yang sama.

Jadi pastikan kamu kalau membeli kain atau jilbab di toko yang sudah terpercaya, karena toko atau produsen jilbab yang terpercaya sudah biasanya mempunyai supplier kain yang berkualitas. Menurut saya lebih mahal tidak masalah jika produk original dan bagus karena kualitas sangat mempengaruhi tampilan, warna dan kenyamanan ketika dikenakan.

Belum ada Komentar untuk "Kain Diamond Seperti Apa? Berikut Penjelasan dan Ciri-Cirinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel