Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Dinamo Servo Mesin Jahit

Saat ini penjahit sudah mulai meninggalkan mesin jahit kecil atau versi lama. Penjahit sekarang lebih memilih menggunakan mesin jahit high speed industrial, yaitu mesin jahit yang biasa digunakan di pabrik konveksi karena hasil bisa lebih cepat dan lebih bagus.

Dinamo servo mesin jahit

Memang ada beberapa penjahit yang lebih memilih menggunakan mesin jahit versi lama karena alasan harga dan konsumsi listrik yang besar.

Baca Juga Cara Membuat Khimar Rempel Dan Polanya

Harga mesin jahit industrial 3 bahkan 5 kali lipat dari harga mesin jahit versi lama, namun jika dilihat dari kinerja, mesin jahit industrial memiliki kinerja yang lebih baik dan efektif.

Selain harganya yang lebih mahal dari mesin jahit versi lama, ternyata mesin jahit industrial high speed memakan daya listrik yang cukup besar yaitu 250-300 Watt karena menggunakan dinamo yang cukup besar, biasanya menggunakan dinamo berkapasitas 1/4 PK.

Jika kita menggunakan listrik dirumah yang memiliki daya 450 watt, maka hanya bisa menghidupkan 1 mesin jahit saja.

Dinamo Servo

Kabar gembira untuk yang ingin tetap menggunakan jahit besar akan tetapi hemat energi. Sekarang dinamo servo dikembangkan untuk industri mesin jahit, lebih hemat energi, kuat dan canggih, cocok untuk usaha maupun pribadi.

Dinamo servo cara kerjanya sama seperti dinamo kecil pada mesin jahit lama, motor akan tetap diam jika pedal sakelar tidak di tekan, jadi ketika dinamo diam memang tidak membuntukan daya listrik besar sehingga sangat efektif dan ekonomis.

Dinamo servo pada mesin jahit memiliki berat tidak lebih dari 1 kg (1 set) ini memiliki bayak kelebihan kelebihan, kelebihan paling utama yaitu pada konsumsi listrik yang sangat rendah. Nah berikut kelebihan dinamo servo pada mesin jahit.

Lihat Juga Busa Pet Jilbab Yang Bagus

Kelebihan Menggunakan Mesin Jahit Servo

Berikut kelebihan menggunakan motor atau dinamo servo untuk mesin jahit

1. Hemat Energi

Biasanya tujuan mengganti dinamo high speed biasa ke dinamo servo pada mesin jahit adalah untuk menghemat listrik. ya, Benar sekali dinamo servo memiliki konsumsi listrik yang sangat rendah .

Dinamo servo hanya memerlukan daya besar ketika dihidupkan pertama kali saja yaitu 550 watt, makanya jika ditinggal beberapa menit saja biarkan tetap hidup karena jika motor tidak berputar daya listrik yang dibutuhkan hanya 4 watt saja.

Jika dinamo berputar maksimal daya yang dibutuhkan juga lumayan sedikit yaitu maksimal 160 watt saja, sangat cocok untuk konveksi rumahan.

- Listrik Awal 550 Watt
- Listrik Standby 4 Watt
- Listrik Maksimal Berjalan 160 Watt

Walaupun daya awal max 550 Watt ternyata listrik rumahan daya 450 Watt bisa menghidupkan 3 sampai 4 mesin jahit servo, saya sudah mencobanya sendiri.

Berbeda dengan dinamo high speed biasa. Dinamo jahit high speed biasa memiliki daya konsumsi listrik 250 watt konstan.  Jika dihidupkan tapi tidak digunakan dinamo akan terus berputar dan terus memakan listrik 250 Watt.

2. Kecepatan Bisa Diatur

Selain hemat energi, dinamo servo bisa diatur kecepatannya mulai dari 0 - 4500 RPM. Dinamo servo pada mesin jahit dilengkapi box CPU untuk mengontrol putaran pada motor, jadi sangat mudah untuk mengatur kecepatan. Tinggal pencet tombol yang terdapat pada box CPU.

Dinamo servo ini cocok sekali untuk latihan menjahit karena putaran bisa diatur bahkan sangat pelan sekali. Jika sudah mahir bisa meningkatkan kecepatan putaran sedikit demi sedikit.

cara memasang dinamo servo

3. Bisa Setel Maju atau Mundur

Kita bisa menyetel dinamo servo maju atau mundur dengan sangat mudah, tinggal pilih menu pada tombol box CPU.

4. Bisa Berputar Otomatis

Dinamo servo mesin jahit bisa disetel otomatis berputar tanpa kita menginjak pedal sakelar atau kontol.

5. Lebih Ringan

Ya, motor atau dinamonya sendiri sangat ringan tak lebih dari 500 gram, walaupun kecil dinamo ini tak mau kalah dengan dinamo high speed yang besar, putarannya sangat kuat sanggup untuk untuk menjahit bahan-bahan tebal seperti jaket, jeans atau bahan kulit.

memperbaiki dinamo servo

6. Lebih Awet dan Mengurangi Biaya Perawatan

Menggunakan dinamo tidak perlu lagi biaya beli kanvas yang sering aus di dinamo biasa, karena dalam servo motor tidak ada kanvas lagi. Selagi belum rusak bisa terus digunakan tanpa penggantian spare part dan biaya perawatan.

7. Tidak ada Getaran

Motor servo memiliki getaran yang sangat sedikit, jika sudah dipasang hampir tidak terasa ada getaran dari motor, yang ada getaran dari mesin jahit itu sendiri.

8. Tidak ada Suara

Selain tidak ada getaran. Motor servo juga sangat halus suaranya hampir tidak terdengar karena lebih keras suara mesin jahitannya.

9. Suhu Rendah

Dinamo ini memiliki suhu yang stabil, tidak panas walaupun 24 jam digunakan

Lihat Juga 3 Cara Jitu Agar Fokus Merintis Usaha Meski Banyak Gangguan

Kekurangan Menggunakan Dinamo Servo pada Mesin Jahit

Dengan banyaknya kelebihan ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum mengganti dinamo biasa ke dinamo servo. Berikut kekurangan motor servo untuk mesin jahit:

1. Harga Mahal

Motor servo jahit sekarang ini masih lumayan mahal, bisa 2x lipat dari dinamo biasa. Mungkin karena belum banyak yang menjual apalagi di kota kota kecil.

Untuk membeli kita harus online dan dirangkai sendiri kalau ada kerusakan juga susah mereturnya.

2. Susah Diperbaiki

Dinamo servo memiliki box CPU yang kurang lebih sama seperti komponen gadget atau komponen komputer. Teknisi dinamo biasanya belum bisa memperbaiki jika ada kerusakan dibagian box CPU controller. Jadi kalau rusak kita harus ke teknisi yang paham betul tentang arus listrik dan komponen didalamnya seperti teknisi komputer.

Sama seperti HP atau komputer jika rusak biasanya kita mengganti 1 block komponen dan harganya sangat mahal.

3. Cepat Rusak

Pantangan pengguna dinamo servo yaitu menjalankan mesin pada arus listrik yang memiliki tegangan naik turun. Tegangan yang yang tidak stabil akan merusak komponen elektronik termasuk komponen yang terdapat di dalam box CPU, lebih aman jika kita menambahkan stavolt agar tegangan stabil.

Memang dari pengalaman saya menggunakan dinamo servo selama 1 tahun ini tidak ada masalah sama sekali walaupun tanpa stavolt tapi untuk lebih amannya sebaiknya menggunakan stafolt saja.

Kesimpulan

Di dunia ini memang tidak ada alat apapun yang sempurna termasuk dinamo servo ini. Memang ada beberapa kekurangan tapi menurut saya sendiri bayak sekali kelebihan dan keuntungan menggunakan dinamo servo untuk mesin jahit.

Kalau kita lihat dari dari harga, memang lebih mahal dibanding mesin jahit high speed biasa namun  menurut saya sangat efektif dan cocok untuk penjahit rumahan atau kon konveksi, apalagi untuk yang baru belajar saya sangat merekomendasikan menggunakan motor servo. Karena kecepatan bisa diatur sesuai selera dan kemampuan menjahit kita.

Lihat Juga Inspirasi Bisnis Online Untuk Wanita

Jika belum mempunyai mesin jahit lebih baik membeli mesin jahit yang langsung menggunakan motor servo saja, karena tidak ribet dan lebih murah dari pada membeli secara terpisah.

harga dinamo servo
Gambar hanya ilustrasi bukan promosi

Cara Pemasangan

Jika kita sudah mempunyai mesin jahit high speed kita bisa membeli seperangkat dinamo servonya saja. Kita bisa pasang sendiri karena Pemasangan paket motor servo ke mesin jahit sangat mudah, letak buatnya sama dengan dinamo high speed biasa, akan tetapi ada tambahan untuk pajakan kontrol dan box CPU. Saya yakin suami atau saudara laki-laki kita bisa memasangnya. Mudah sekali.

Untuk yang memiliki pengalaman menggunakan motor servo pada mesin jahit bisa share di komentar.  Cukup sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

7 Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Dinamo Servo Mesin Jahit"

Unknown mengatakan...

listrik di rumah saya 450 apakah jika menghidupkan mesin servo listrik akan langsung mati / anjlok mengingat daya start awal mesin servo 550?

Onlines-id mengatakan...

Sesuai pengalaman tidak ada masalah pak. Saya pernah mencoba pakau 2 mesin kuat ko. Cuman lebih baik pakai stavolt agar lonjakan arus bisa diminimalisir. Atau pakai inverator saja sudah cukup, alatnya juga murah.

Unknown mengatakan...

malam haripun kuat om kalo dihidupkan?

Unknown mengatakan...

dihidupkan malam hari tetap kuat om, kalo servo yg direct drive(nempel lgsg ke mesin) itu sama ga ya wattnya dengan servo yg dibawah meja?

Onlines-id mengatakan...

Tergantung Pemakaian listriknya pak.Saya rasa watnya sama dengan yang nempel kalupun beda tidak juah,, beli yang merk bagusbiasaya konsumsi listrik lebih stabil

Unknown mengatakan...

Kalo misalnya tidak menyala itu apanya yang rusak

Onlines-id mengatakan...

Kalau CPUnya yang tidak nyalaberarti CPUnya yang rusak, kalu punya lebih dari satu mesin bisa coba diopplos.. Klau memang CPUnya langsang saja ke tempat servis elektronik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel