7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Berhasil 100%

Ketombe memang tidak berbahaya akan tetapi kita perlu menghidangkannya karena selain mengganggu penampilan dan menimbulkan efek gatal, ketombe juga membuat bau rambut tidak sedap dan juga akan merusak rambut.


Jika Sahabat Onlines sudah berusaha menghilangkan ketombe dengan mencoba berbagai produk shampo dan tak kunjung hilang maka sahabat perlu mencoba menghidangkannya dengan cara alami.

Lihat Juga 14 Bahaya Penyakit Akibat Kecanduan Sosmed

Menghilangkan ketombe dengan bahan alami memang memerlukan waktu dan harus sabar akan tetapi dengan cara ini tidak akan menimbulkan efek samping negatif.

Sebelum mengobati perlu sahabat ketahui beberapa penyebab berikut ini

Penyebab Ketombe

1. Jarang Keramas
Ya, ini kasus paling bayak ditemui. Orang yang berketombe biasanya jarang keramas bahkan jarang mandi sehingga kotoran dan keringat menumpuk di kulit kepala dan menjadi ketombe.

2. Kurang Bersih Saat Membilas
Membilas bersih shampo setelah keramas sangat penting, karena shampo adalah bahan kimia jika ada shampo yang tertinggal dan mengering makan akan dan menyebabkan plak sehingga memicu timbulnya ketombe.

3. Tidak Cocok Dengan Produk Sampo
Tidak cocok dengan produk shampo termasuk menjadi faktor terjadinya ketombe, maka dari itu coba cari shampo yang cocok pada kulit kepala kamu.

4. Minyak Kepala Berlebih
Ada orang yang jarang mandi dan jarang keramas tapi tidak berketmobe, dan sebaliknya ada orang yang mandi setiap hari bahkan memaki shampo mahal pagi dan sore  tetap saja memiliki ketombe.

Nah hal ini bisa jadi disebabkan oleh tubuh kita yang mengeluarkan minyak berlebih di kulit kepala.  jadi apapun sahmponya tidak bisa meghilangkan ketombe. Untuk kasus seperti ini kita harus menghilangkan ketombe degan cara alami.

Lihat Juga Cara Mengolah Daun Karet Kebo Untuk Obat Stroke

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Untuk menghilangkan ketombe secara alami bisa kita gunakan bahan alai yang mudah didapat sebagi berikut

1. Lidah Buaya
Tanaman ini sudah dikenal memiliki kandungan yang sangat bagus untuk kulit dan rambut, maka kita bisa menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan ketombe.

Caranya ambil daun lidah buaya lalu kupas dan ambil gelnya, langsung saja oleskan ke bagian kepala biarkan kurang lebih 5 sampai 10 menit lalu bilas bersih. Lakukan setiap hari agar ketombe cepat hilang.

2. Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga bisa menghilangkan ketombe secara alami dengan cara berikut:

Potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian, ambil potongan jaruk nipis dan pencet di kulit kepala, lalukan sampai semua kulit kepala terkena jeruk air jeruk nipis ini.

Jika di kepala ada luka atau bekas garukan mungkin akan sedikit terasa sakit.

3. Bawang Merah
Bumbu dapur ini juga bisa kita gunaan untuk menghilangkan ketombe karena bawang merah terkenal memiliki antibiotik alami sehingga bisa mematikan kuman yang menimbulkan ketombe.

Penggunaannya bisa dengan cara di tumbuk halus dan diusapkan ke kulit kepala secara merata, lakukan pengobatan setiap hari secara rutin sampai ketombe benar benar hilang.

4. Garam
Ketombe disebabkan karena ada sel-sel kulit mati yang tidak hilang nah, garam bisa digunakan untuk melepas sel-sel mati pada kulit kepala dengan cara:

Ambil garam secukupnya kemudian masukkan ke segayung air, aduk agar tercampur. Setelah itu gunakan air untuk membersihkan kulit kepala.

5. Cuka Apel
Kita bisa menghilangkan ketombe ini dengan cuka apel, basahi rambut dengan air agar sedikit lembab kemudian ambil cuka apel untuk keramas, diamkan kurang lebih 10 menit dan bilas bersih dengan air.

6. Minyak Zaitun
Minyak zaitun ini sudah lama digunakan untuk terapi kulit, bisa juga kita gunakan untuk mengusir ketombe yang membandel, caranya tuangkan minyak zaitun kurang lebih 100 ml ke panci kemudian masak sampai hangat. Setelah hangat sekarang bisa digunakan untuk memijat kulit kepala sampai merata.

Jika perlu ambil handuk kecil dan celupkan ke minyak zaitun yang sudah hangat kemudian bungkus kepala dengan handuk kurang lebih 20 menit setelah itu baru bersihkan minyak dari rambut

Lihat Juga Jangan Menjemur "Pakaian Dalam" Diluar Ruangan

7. Merang
Merang adalah pohon padi yang sudah kering. Sebelum ada sahmpo merang digunakan sebagai shampo alami oleh orang-orang jawa. Sampai sekarang jika ada yang memiliki ketombe mereka menggunakan merang untuk menghilangkannya.

Caranya, ambil merang dan bakar jangan sampai habis, kemudian celupkan ke air satu gayung minimal 5 jam. Setelah itu mandi dan pakai air merang untuk keramas seperti biasa sambil dipijat sampai terasa di kulit kepala. Setelah itu bilas bersih dan keringkan dengan handuk. Setelah kering bisanya langsung terasa manfaatnya.

Itulah 7 cara menghilangkan ketombe secara alami, saya sendiri sudah mencoba yang terakhir ternyata memang benar merang bisa menghilangkan ketombe. Selain menghilangkan ketombe merang juga bisa membuat rambut menjadi hitam dan mengkilap. Sampai sekang masih banyak yang menggunakan manfaat merang dalam bentuk shampo yaitu sahmpo merang.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Berhasil 100%"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel